Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Paling tidak mudah itu mempraktekkan

 Kalau soal praktek dari apa yang sudah saya pahami adalah proses yang tidak mudah. Bisa jadi semua mengalami yang sama, sebaliknya beberapa orang mampu mempraktekkan dengan mulus dan berujung kepada kesuksesan atau keberhasilan. ketika ditanya, Apakah sudah memahaminya ? Jawabannya sudah. Beberapa orang tidak memulai sama sekali, ada yang mulai  dan setelah kalah dengan rutinitas, ada yang menjalani dengan semangat tapi banyak juga masalahnya yang belum ditemukan solusi, hanya sedikit yang berhasil. Dimana posisi saya ? 

Saya pernah mengalami tidak melakukan apa-apa, karena memang banyak hal yang ingin saya kuasai. Keadaan ini mendorong saya belajar terus yang membuat saya lalai untuk menerapkannya. Asyik dengan belajar dan terus belajar sehingga saya merasa nyaman. Berangkat dari tidak tahu, kemudian tahu dan belajar paham dimana saya merasa senang. Karena sudah paham ilmu A, maka bersemangat juga untuk memahami ilmu terkait dengan A. Keterusan asyik belajarnya. Keadaan ini membuat saya pintar dan suka memberi ilmunya kepada orang lain.

Suatu ketika saya merasa bahwa tanpa mempraktekkan ilmu, maka ilmu itu menjadi tidak sempurna. Saya didorong pula oleh semangat untuk beramal saleh (ibadah), maka praktek demi praktek saya jalankan. Dengan praktek ilmu itu saya merasa bertambah imannya (semakin yakin dan tanpa ragu). Saya mendapati bahwa setiap mempraktekkan ilmu selalu ada "masalah", dan menarik bagi saya untuk menyelesaikannya. Akhirnya saya menyempurnakan ilmu yang saya peroleh menjadi semakin sempurna.

Ilmu untuk bekerja sering kali sangat dibutuhkan untuk segera dipraktekkan. Setiap ada kesulitan dalam kerja, saya mulai mencari solusinya (ilmu). Abis memahami ilmu segera saya praktekkan. Dilain sisi ada juga saya hanya jalanin aja (praktekkin aja), karena memang tidak ada ilmunya. Ketekunan saya menjalani membuah hasil yang luar biasa, ada ide dan ilmu yang sekaligus solusi pekerjaan menjadi mudah dan ringan.

Saya berharap bahwa saya memiliki sikap yang positif terhadap satu ilmu langsung praktek. Sikap menjadi pendorong untuk mempraktekkan dan diterusin dengan kontiniutas.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...