Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Magic Word Layang-layang

Malam ini saya mengambil hikmah dari main layang-layang. Sewaktu kecil saya sering main layang-layang. Yang menarik adalah saya main layang-layang itu saat ada angin berhembus, kalau tidak ada angin maka layang-layang tidak bisa terbang. Semakin kuat angin menerpa layang-layang, maka semakin tinggi layang-layang bisa terbang. Semakin banyak aksi yang bisa saya mainkan terhadap layang-layang.


Sekarang saya bisa belajar bahwa saat main layang-layang, angin dan layang-layang seolah berseberangan tapi malah menjadi satu kesatuan dalam kerja layang-layang. Angin bisa dianggap "masalah" dalam kerja yang berseberangan dengan kemampuan kerja kita. Layang-layang itu seperti (kemampuan) kerja kita. Berarti mau meningkatkan kerja kita, maka mesti ada masalah. Jadi janganlah kita berpikir masalah itu hal yang menakutkan kita. Tapi masalah itu menjadi partner dalam kerja.

Masalah dapat kita ciptakan dengan membuat target kerja. Ada yang suka, tapi banyak yang tidak suka. karena tidak suka maka tidak terjadi kemampuan yang meningkat (kerja yang hebat). Maka ubah sikap kita menyikapi masalah dengan senang hati. Bagaimana caranya ? Fokuslah memahami masalah dengan benar, apakah karena logika yang kurang ? atau apakah karena ketrampilan yang belum terlatih ? atau apakah emosi kita yang tidak terkendali ? atau apakah hati kita yang tidak paham lebih mendalam makna masalahnya ?


Mencari tahu masalah merupakan cara untuk menyenanginya dan semakin puas dengan solusi yang pas.



No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...