Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Kadang seneng kadang "kecewa" edisi 1

 Dalam hidup ini tak semua yang kita rasakan itu menyenangkan terus, ada kalanya seneng, tapi ada juga kecewanya. "Mengapa ya kecewa itu nggak enak " ucap saya dalam hati. Padahal saya sudah berusaha untuk menyikapinya dengan seneng. Sepertinya semua orang mengalaminya, tapi yang bermasalah adalah "kekecewaan" yang berlangsung lama. Inilah akibatnya kecewa yang berkepanjangan merusak aktivitas saya selanjutnya. Terus saya mau ngapain lagi ?

Semakin sering kecewa membuat suasana hati menjadi tidak nyaman, dan tidak banyak aktivitas yang bisa saya kerjakan. Inilah saya yang dikuasai emosional yang merusak diri. Berharap segera pulih, tapi tidak cepet pulihnya dan barulah saya tidak merasakan lagi kekecewaan itu setelah melewati berbagai aktivitas yang tidak menarik (menurut saya). Barulah rasa kecewa itu pulih menjadi nyaman. Ini adalah solusi yang mau tidak mau saya lakukan agar pulih daripada tidak ngapa-ngapain yang membuat rasa kecewa itu samakin lama. Dari sini saya diajari untuk banyak beraktivitas itu membuka wawasan probabilitas tidak kecewa itu semakin tinggi. Dan aktivitas yang saya kerjakan mendorong saya fokus dan mengalihkan kekecewaan itu "hilang". Perhatikan orang yang sibuk tidak terlena dengan kekecewaan tapi mereka terus beraktivitas dan menemukan kesenangan yang beragam, sekalipun ada yang bikin mereka kecewa.

Dalam dunia kerja, setiap karyawan tidak mudah untuk banyak beraktivitas karena ruang kerja yang itu-itu saja. Apalagi mereka yang staf yang hanya di depan komputer saja. Keadaan ini membuat "kebetean (kecewa)" sering terjadi. Yang pertama suasananya itu-itu saja bikin bosen. Kedua yang dikerjakan itu-itu saja. Kan bikin bete bikin moody. ketiga bikin mudah ngantuk di dalam ruangan. Banyaklah beraktivitas baik di dalam ruangan kerja atau mengambil ruang di luar. Saya merasakan bahwa kondisi ini mesti didukung dengan kesegaran yang luar biasa agar aktivitas bisa "lama". Untuk menjaga kesegaran itu perlu serutin mungkin untuk minum air putih dan mengerjakan hal-hal kecil yang berbuah kepada hasil yang nyata. hasil yang nyata itu membangkitkan semangat dan kesegaran semakin tinggi. Hindari beraktivitas tanpa perencanaan, karena dapat merusak kesegaran itu menjadi menurun. Rencanakan kerja hari ini dan menuntaskannya.

Mau memulihkan kekecewaan atau bete atau moody ? 

1. Siapkan diri untuk selalu fresh (kesegaran fisik yang baik). Tidak mengapa ada kekecewaan, tapi yang penting dapat dipulihkan. Kekecewaan selalu ada dan tidak mudah dihilangkan.

2. Rencanakan apa yang ingin dikerjakan agar terarah dan termotivasi. Kerjakan rencana secara bertahap yang mudah dan segera menuntaskannya. Hasil yang saya dapatkan bisa memelihara kesegaran dan motivasi saya.

3. Banyak beraktivitas, dan diantara aktivitas itu ada yang menyenangkan. kesibukan saya beraktivitas bisa meredam kekecewaan dan menikmati aktivitasnya dengan baik.

4. Sesekali lakukan aktivitas yang banyak membuat tubuh bergerak.

5. berusaha menuntaskan aktivitas segera. 

Semoga saya dan Anda terus dapat belajar dari apa yang kita alami, yang akhirnya kita mendapatkan cara untuk mengatasinya. Mau seneng ? Siapkan diri untuk segera memulihkan kekecewaan. maka kekecewaan itu adalah jalan menuju kesenangan.


No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...