Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Magic Word Nggak bosen

Dalam keseharian saya kerja, hampir 80% mengerjakan hal yang sama. Misalkan datang pagi dengan melakukan finger print, memulai pekerjaan dengan mengecek pekerjaan yang belum diselesaikan dan apa yang mesti dikerjakan hari ini. Bertemu dengan rekan kerja yang sama setiap hari. Kepikiran nggak sih bikin bosen" ? Kok yang saya kerjain itu-itu aja dan tetep saya lakukan. Bagaimana dengan produktivitas kerja ? Tidak lebih baik.

Bosen kerja atau rutinitas kerja menjadi "berat" untuk dijalani, mungkin hal itu kerja ringan. Karena mengerjakan hal yang sama dengan cara yang sama, maka tidak ada peningkatkan kualitas (produktivitas) dari pekerjaan tersebut. Begini terus ? Pertanyaan ini cenderung mengantarkan saya kepada jawaban untuk tidak "begini terus", artinya da semangat untuk menjadi semakin baik. Tapi kan memang begitu-begitu aja kerjaannya.


Perhatikan orang lain, kok masih bisa sibuk dengan pekerjaannya ? Ada aja yang menarik untuk dikerjakan agar tidak bosen. Bayangkan jika saya mengerjakan dengan cara yang berbeda :

1. Melakukan dengan cara yang berbeda yang bisa jadi ilmunya tetep sama. Mengapa tidak ?

2. Melakukan dengan ilmu yang berbeda, tentu caranya pun berbeda. Sikapi aja semua itu membuat saya tertarik melakukannya.

3. Memotivasi saya mengerjakan pekerjaan itu dengan motif yang berbeda.

4. Memberikan pekerjaan itu sebagai kebaikan buat orang lain agar mereka seneng.

5. Menyikapi pekerjaan itu dengan hal baik yang bisa saya kerjakan.

6. Menciptakan suasana hati yang menyenangkan agar bisa mengerjakannya dengan seneng.

7. Atau mengajak orang lain kerja bersama saya agar nilai pekerjaannya semakin kaya.


Yakinlah bahwa ada banyak cara untuk bisa produktif dalam kerja, bosen itu mengarahkan saya kepada malas kerja (maker) sebagai pilihan yang nyaman bagi diri saya. BUKAN pilihan yang menjadikan semakin baik.

"Sehari mengerjakan hal yang sama dengan cara yang sama, sama dengan kehilangan 1 hari untuk menjadi lebih hebat". 



No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...