Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Tumpukan masalah adalah tumpukan kesalahan

 Dalam hidup selalu ada masalah, ada yang memiliki kemampuan menyelesaikannya dan ada yang tidak mampu menyelesaikannya serta ada yang tidak mudah dapat menyelesaikannya. Masalah mesti dilewati atau diselesaikan, selesai satu masalah dan hadir lagi masalah baru. Terkadang atau sering satu masalah belum selesai, sudah hadir masalah kedua dan seterusnya. Keadaan seperti ini membuat kita dikatakan bermasalah dan menjadi tumpukan masalah

Tumpukan masalah itu bila ditelusuri disebabkan beberapa hal :

1. Pertama karena kita tidak mengerjakan dengan tepat, artinya ada kesalahan yang diperbuat sehingga hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dan menjadi masalah jika disikapi secara emosional (bukan akal sehat dan hati). Menyikapi hasil dari kesalahan membawa kita kepada hadirnya masalah.

2. Sekalipun kita bisa meningkatkan kemampuan untuk tidak salah lagi dapat menyelesaikan masalah. Bisa jadi belum selesai masalahnya sudah hadir masalah baru. Dan menjadi semakin bertumpuk jika kesalahan masih terjadi dan kemampuan tidak ditingkatkan.

Saya dapat simpulkan tumpukan masalah karena tumpukan kesalahan. Kejadian ini seringkali terjadi tanpa disadari, karena kita merasa tidak perlu belajar untuk meningkatkan kemampuan dan mengambil referensi ilmunya yang tidak tepat. Sudah merasa nyaman dengan kehidupannya dan "cuek" aja kalau ada masalah. Beberapa indikasi yang dirasakan seperti cepat lelah atau capek, berat dan lama mengerjakan (sulit), tertekan menghadapi sesuatu. Ada yang bilang,"saya sudah tidak muda jadi gampang capek". Hal ini bisa bener, tapi bisa juga orang yang tidak muda masih semangat dan mampu mengerjakan yang dikerjakannya. Tetep saja kemampuan sampai tidak muda itu menjadi referensi, apakah kita mampu menyelesaikan masalah sekalipun dengan usia yang tidak muda ?

Agar masih kita tetap dapat menjalani hidup dengan tenang dan tanpa masalah yang berarti, maka sebaiknya kita melakukan manajemen syukur dari sekarang :

1. Perbanyaklah istighfar untuk membersihkan hati agar semakin mudah untuk menerima kebenaran (petunjuk) dari Allah. Hati yang semakin bersih mampu menangkap hikmah dari kebaikan yang kita lakukan.

2. Teruslah mengembangkan sikap yang bener dalam menghadapi masalah. Sikap seperti apa ? Sikapi masalah dengan mengatakan bahwa masalah itu adalah harapan sehingga kita dapat menghadapinya tanpa perlu "takut" (malah seneng) karena ingin meraih harapan itu. Sikap ini mesti dilanjutkan dengan berpikir dengan akal sehat, memahami masalahnya dan mendetailkannya agar semakin mudah solusinya. Ini langkah manajemen syukur dengan menyadari kita dimampukan Allah untuk mengelola sikap dan akal sehat.

3.  Langkah selanjutnya adalah memaksimal potensi yang ada untuk bergerak/aktivitas langkah demi langkah sesuai kemampuan yang dioptimalkan. Langkah demi langkah itu mesti diikuti dengan belajar kepada referensi yang mutlak kebenarannya, yaitu Al Qur'an.

Tumpukan masalah bisa diselesaikan dengan menambah kemampuan yang sekaligus mengurangi kesalahan. Berdoa menjadi pamungkas kita agar Allah menyempurnakan untuk menjadi semakin baik.

Kultum kali ini memberikan wawasan agar mampu mengatasi masalah dengan pemberdayaan diri. Wawasan ini memotivasi kita untuk menjadi lebih baik. Insya Allah kita selalu diberdayakan untuk selalu bersyukur dengan apa yang Allah telah berikan.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...