Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Mengembangkan ide

 Seseorang yang memiliki kemampuan bicara yang banyak karena memang ada banyak hal di dalam pikirannya. Terlepas itu hanya bicara saja atau tidak. Tapi kemampuan bicarnya  sangat bagus. Kata demi kata dapat dirangkai menjadi sebuah kalimat. Kalimat demi kalimat pun jadi hingga paragraf. Pertanyaanya, kok bisa ya ?

Tentu orang tersebut memiliki jam terbang yang cukup. Tapi tidak hanya jam terbang . Orang tersebut memiliki penguasaan atas apa yang dibicarakannya. Kebebasan berpikir memberikan kita peluang untuk memahami banyak hal, tapi terkadang kita suka menutupi atau membatasinya. Misalkan ada ungkapan, "saya tidak bisa" atau "kayaknya sulit deh". atau kita pernah,"saya tidak mau, saya tidak tahu". Kalimat ini sudah menutup pikiran untuk berpikir dan belajar, dan kita jadi tidak bisa lebih baik.

Berlatihlah untuk membuat kalimat dari 3 kata atau 4 kata dengan makna yang luar biasa. Misalkan Kabar-Nikah-Pekerjaan-Sehat, kalimatnya boleh mengandung ke-4 kata, atau menulisnya dalam beberapa kalimat. "Saya mendengar kabarnya kamu mau menikah, kapan menikahnya ? Syukurlah dan sekarang sudah mendapatkan pekerjaan. Penting banget pekerjaan sebagai modal mengarungi pernikahan, paling tidak fisik sehat, keuangan sehat dan tentu ruhaninya juga sehat". Bagaimana ? Bisa nggak membuat seperti contoh di atas ? Ide itu kadang muncul saat kita membuat kalimat atau ngomong sendiri,"aha ternyata mau nikah itu mudah". Ide ini bisa menjadi perbincangan menarik karena beberapa orang bilang tidak begitu.

Perbedaan ini jika dilanjutkan dengan benar, maka semakiin luas pandangan kita untuk mengetahui banyak syarat nikah. Sebagai muslim bisa jadi memang nikah bukan sekedar mesti ada uang yang memadai. Tapi menikah urusan dengan Allah, dan mengikuti sunah Nabi Muhammad. Allah pun berjanji mencukupkan kehidupan mereka yang tidak berkecukupan yang mau menikah. Perdebatan dimulai disini, berbeda dan bertanya berapa uang yang mesti disiapkan untuk menikah ? Bukankah hanya dengan menulis kalimat dari 4 kata dapat menghadirkan ide untuk menulis atau membicarakannya.

Ide tidak datang dengan kita diam, tapi ide itu didapat dari kita berupaya mendatangkannya. Dimana situasi tenang, relax BUKAN santai tapi dalam keadaan kerja. Atau suasana relax dalam upaya berpikir.

Untuk apa sih ide ? Ide sebagai langkah awal untuk kita melakukan banyak hal. Tidak boleh menyepelekan ide, mendiamkan atau menolaknya. Ide mesti ditindaklanjuti dengan pemikiran yang positif. kebiasaan kita yang mendiamkan ide,"ada ide nih". Idenya nggak dicatat atau diingat ... seiring kita kerja ide tersebut hilang. Ide kerja, atau ide bisnis atau ide solusi dan lainnya. Ilmuwan masa lalu selalu meneruskan ide dengan mempraktekkannya. Praktek yang belum bener diteruskan sampai menemukan idenya bener.

Nggak punya ide ? Kita hanya sebagai follower saja. Atau agak sulit menemukan solusi yang luar biasa yang dapat menyelesaikan persoalan yang kita hadapi. Yuk berlatih menjadi orang yang selalu punya ide.


No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...