Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Ngga ada masalah

 Nggak ada masalah mas ? Begitu seseorang bilang kepada saya. Saya balik bertanya,"kok bisa nggak ada masalah ?" Sedangkan orang lain selalu curhat masalahnya yang banyak dan sampai saat itu solusinya tidak ada. Kalau seseorang menyatakan tidak ada masalah dengan keuangannya, berarti dia banyak uang. Apakah orang yang banyak uang itu pasti tidak ada masalah ? Seolah-olah kehidupan ini bisa dibeli mereka yang punya banyak uang.

Masalah ? Masalah itu terjadi saat kita tidak mendapatkan apa yang kita harapkan. Mereka yang banyak uang itu terlihat tidak masalah, tapi ternyata mereka menyembunyikan masalahnya dengan uang yang banyak. Hidupnya nyaman dan senang-senang. Mari kita perhatikan, masalah yang utamanya adalah mereka khawatir kalau uangnya berkurang. Mereka cenderung untuk "pelit". Keadaan ini masalah nggak ? Sebenarnya masalah tapi tanpa disadari terjadi. Kekhawatiran itu tidak mereka harapkan tapi terjadi, sesuatu yang tidak diharapkan terjadi, itulah masalah. Semua orang kalau bisa tak ada kekhawatiran. Ini saja sudah menghadirkan "prasangka tidak baik" kepada orang lain. Belum lagi mereka cenderung pelit, tidak disukai banyak orang. 

Mau tahu lagi masalahnya, saat mereka membelanjakan sesuatu, dan mereka tak ingin mengeluarkan uang yang banyak. Kalau bisa barang bagus harga murah. Apa yang terjadi ? Mereka suka kecewa atas apa yang mereka beli. Ini masalah bukan ? Ini juga masalah.

Masalah itu sebenarnya bukan tabu untuk diakui, tapi sudah ada dan terus ada selama hidup. Masalah membuat seseorang memikirkan solusinya, yang dapat meningkatkan kemampuan seseroang menjadi semakin baik. Bahkan seseorang mesti mencari masalah dirinya agar dirinya bisa lebih baik dengan masalahnya. Mencari masalah bukan tidak pede dengan kemampuan kita, tapi selalu ingin menyempurnakan kemampuan lebih tinggi. Allah selalu menguji hambanya dari sesuatu yang baik dan yang buruk. Kekayaan adalah ujian, apakah mereka dapat memanfaatkan kekayaannya untuk semakin bertambah imannya. Bukan kekayaan itu untuk diakui sebagai orang hebat, orang yang senang hidupnya dan sebagainya. Demikian juga tidak memiliki uang yang banyak juga ujian, apakah bisa bersyukur untuk mendapatkan rahmat (nikmat) Allah yang banyak ? 

Mari kita pahami semakin seseorang tidak ada masalah, berarti menunjukkan dia ada masalah (mungkin masalahnya besar) tanpa disadarinya. Memang masalahpun tidak perlu juga diungkapkan, tapi mesti berusaha untuk menyelesikannya. Kemampuan yang selalu meningkat untuk menyelesaikan masalah itu adalah yang mesti kita fokuskan. Nggak ada masalah, nggak ada kemampuan yang teruji dan meningkat. 


No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...