Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Orang merasa bersalah pasti kerjakan yang baik

 Dalam hidup banyak pesan yang saya bisa dapatkan, terkadang tidak sengaja pesan itu saya dapatkan. Alhamdulillah hati dapat melihatnya dengan bener. Mungkin rekan-rekan juga pernah mengalaminya. Kalau dipikir nggak baiknya, apalagi perasaan kita. Misalkan saya menanyakan sesuatu kepada staf dengan mendekatinya,"pekerjaannya sudah selesai ?" Niatnya memang ingin bertanya saja, tapi staf tadi jadi merasa bersalah karena melakukan hal lain. Minta maaf dan berpura-pura sedang mengerjakannya. 

Ada hikmah dari contoh di atas, mesti ada kontrol dan minimal bertanya mengingatkan seseorang atas apa menjadi pekerjaannya. Hal ini dapat terjadi kalau saya memahaminya dengan hati. Kalau logika dan emosi, pasti tidak suka dan marah pada saat menemukan staf yang tidak mengerjakan tugasnya dan malah "bermain". 

Misalkan lagi anak saya ditanya,"udah belajar". Maka reaksinya pasti menunjukkan sedang belajar. Belajarnya hanya ingin merespon agar terlihat belajar. Tetapi selanjutnya bisa jadi anak saya belajar, dan seiring waktu dan tidak ditanya lagi. Belajar pun berhenti. Padahal saya hanya bertanya saja dan tidak ada niat memerintahkan belajar. 

Saya membayangkan jika saya mengingatkan seperti hal di atas menjadi periodik, maka bisa berdampak baik kepada yang diingatkan. Ada semacam tanda, misalkan waktu atau suasana yang membuat yang menerima pesan jadi siap-siap untuk menjawab pertanyaan. contoh lain adalah hanya bertanya,"sudah shalat belum ?" maka respondnya banyak yang segera shalat, "ini lagi mau shalat". Seolah memang saat ditanya sedang mau shalat. Begitulah yang terjadi dalam sehari-hari, tapi bagi mereka yang tidak peduli dengan pesan itu bisa menjadi khawatir bahwa mereka diketahui tidak dalam mengerjakan apa yang dipasankan. Ada takut dan marah, akhirnya orang diingatkan menjadi "basa-basi" waktu mengerjakan hal baik itu.


Hikmah lain adalah saya dapat melihat orang berbuat baik menjadi tidak ikhlas, apa yang dikerjakannya ditunjukkan oleh sikap dan perilaku yang tidak nyaman dilihat. Hati saya dapat merasakannya. Keadaan ini bisa memancing emosi, tapi ingatlah bahwa saya tidak ingin menutupi hati yang sudah terbuka. Insya Allah banyak ilmu dan hikmah yang saya bisa dapatkan dari kehidupan ini, asal memahami dengan hati.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...