Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Kerja yang suka aja 1

 Kerja atau beraktivitas apa yang disukai aja, bener nggak ? Kayaknya bener. Apakah ada yang saya sukai tidak dikerjakan ? Bisa jadi tidak dikerjakan karena ada kerja lain yang lebih penting. Yang lebih penting itu apa ? Kerja yang seharusnya saya lakukan karena memang tanggung jawab saya atau rutinitas atau karena kebutuhan. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana kerja/aktivitas yang tidak disukai ? Apakah dikerjakan dengan "terpaksa" ?

Paling sederhana adalah saya suka menulis, maka saya banyak menghabiskan waktu untuk menulis. Menulis yang menjadi pengetahuan dan pengalaman saya. Menulis itu menarik bagi saya, dan tanpa disadari sering mengatakan "bagus loh menulis itu dengan segala keuntungannya" kepada orang lain. Padahal tidak semua orang suka menulis. Kalau bukan ada hal lain, maka saya terus menulis. Menulis terus membutuhkan ilmu yang masuk, maka membaca menjadi aktivitas yang senangi juga. Terkadang ada malesnya membaca, padahal membaca itu bagian dari menulis (satu paket). Sebenarnya menulis lebih saya sukai dari membaca, tetapi seiring waktu membaca juga menjadi yang disukai. Saya mengerjakan dua hal ini dengan senang hati dan hasilnya memang ada. Tak hanya aktivitas yang sukai menulis dan membaca bisa merembet kepada hal lain yang terkait, saya suka membuat video atau presentasi (bagian dari jenis dari menulis), saya suka banyak tanya untuk menggali data dan informasi, dan banyak lagi. Membayangkan ada orang yang suka belanja, juga suka jalan-jalan, juga suka petualangan, suka fashion, suka mengendarai dan sebagainya. Tetapi banyak dari kita hanya suka satu hal saja, dan tidak mau ingin suka hal yang terkait dengan kesukaan yang utama ?

Sebenarnya kerja juga demikian, ada yang terpaksa mengerjakan. kerja cari duit, tidak suka tapi harus. Bukankah kerja memberi support kepada kerjaan lain yang saya sukai. Apa bisa saya menulis tanpa duit untuk membeli laptop, membayar listrik, membayar internet ? Mengapa saya tidak menyukai kerja, padahal kerja itu bagian dari menulis yang saya sukai ? Secara logika saya bisa menyukai kerja karena hal itu berdampak kepada kesukaan saya yang lain. Tapi dalam prosesnya, perasaan saya (atau emosional) saya menolak aktivitas lain (kerja) sekalipun terkait karena merasa menambah waktu, membuat aktivitas fisik lebih dan bikin lelah, dan menambah resiko lainnya. Semua itu membuat rasa tidak nyaman, maka dengan banyak aktivitas terkait itu melawan berpikir logika di atas. Yang menang adalah emosional saya. Saya menyukai menulis, tapi terpaksa membaca, terpaksa kerja untuk dapat duit, terpaksa juga untuk hal lain. Disinilah saya sadar masih ada penguasaan dari emosional saya dalam menyikapi kerja/aktivitas dengan tidak bener. Akibatnya saya hanya mengerjakan satu hal yang saya sukai saja. 

Saya menyadari sekarang bahwa saya menjadi tidak mudah untuk menjadi semakin produktif (semakin hebat) karena banyak kerja/aktivitas yang tidak terpaksa saya lakukan. Akibatnya saya gampang "bete", saya mudah lelah, saya merasa terbebani dan banyak lagi yang tidak baik bagi diri saya. Apalagi apa yang saya sukai itu tidak tersalurkan dan tidak ada waktunya.

Saya mulai mengaitkan apa yang saya sukai itu dengan kerja/aktivitas yang mendukung (terkait) sebagai bagian dari proses menjalankan apa yang saya sukai. Masak sih saya hanya berdoa agar apa yang saya sukai tidak diganggu orang lain atau dimudahkan ? Kan tidak mungkin saya bisa menulis tanpa ada uang secukupnya ? kan tidak mungkin juga saya bisa menulis tanpa membaca atau menggali informasi ? kan tidak mungkin saya bisa menulis tanpa menyenangi kerja (cari duit) untuk membiayai saya menulis ? Saya mesti jawab semua itu dan saya mesti merubah sikap untuk menyenanginya.

Saya menyukai sesuatu karena nyaman dan sebagainya, peran perasaan atau emosional saya yang kuat. Salah satu caranya kerja/aktivitas yang lain yang tidak saya sukai juga karena pilihan oleh perasaan saya. Berarti saya bisa merubah perasaan saya itu dari terpaksa (tidak disukai) menjadi suka. Perasaan saya bilang,"nggak bisa", tapi perasaan positif saya ingin menyukainya. Keadaan ini saya membutuhkan logika (ilmu) terhadap apa yang tidak disukai. Jika saya memiliki ilmu yang membuat yang tidak disukai itu menjadi menarik atau mudah, maka perasaan saya bisa menyukainya. Jadi sikap menyukai memang dasarnya karena nyaman, mudah, menarik. Untuk itu saya bisa membuat semua saya sukai, asal saya memiliki ilmu untuk menjadikan nyaman, mudah dan menarik.

Yuk sekarang saya mengajak saya sendiri mulai belajar untuk membuat yang saya tidak mau saya kerjakan itu, yang saya kerjakan terpaksa, yang saya tidak sukai menjadi mulai disukai. Tak terbayangkan dengan banyaknya kerja/aktivitas yang saya lakukan dengan suka, maka hidup ini menjadi bermakna. 

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...