Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Karyawan enggan ditambah kerja

 Apa yang membuat seorang karyawan tidak mau ditambah pekerjaan ? Memang kebanyakan karyawan memiliki sikap kerja tidak banyak dengan pendapatan yang sudah ada. Karyawan lebih memilih kerja tidak ditambah daripada pendapatannya ditambah. Bagaimana cara meningkatkan karyawan untuk semakin produktif ?

Banyak karyawan menolak kerja tambahan sekalipun diberikan tambahan uang. Alasan utamanya, mereka bilang sudah sibuk dan banyak kerjaannya. Atasan yang ingin mengembangkan perusahaan menjadi lebih kompetitif sering tidak berbuat apa-apa, solusinya dengan menambah karyawan. Kemampuan atasan mesti memiliki analisa atas pekerjaan agar dengan bener untuk mengambil keputusan. Ini adalah beberapa analisa dan solusi : 

1. Karyawan yang menolak tambahan kerja dengan berbagai alasan adalah sikap yang tidak baik. Seharusnya karyawan mempelajari terlebih dahulu tambahan kerjanya. Sebenarnya pembelaan karyawan ini dilakukan untuk mengamankan kenyamanan yang sudah dimiliki saat itu. Solusi awal adalah mesti mengajak bicara dengan kondisi nyaman karena karyawan tersebut berpikir secara "emosional". Kalau hal ini tidak bisa dilakukan, maka mesti dicari orang yang dihormati atau yang disegani untuk memberikan tambahan kerja tersebut.

2. Karyawan yang menolak bisa disebabkan belum tahu ilmu sehingga dianggap berat. Sebagai atasan mesti bisa membimbing dengan ilmu agar pekerjaan tambahan itu lebih mudah. Dan juga mesti membuat karyawan dapat mengerjakan pekerjaan utamanya lebih mudah dengan ilmu yang terupdate. Analisa dan pelatihan dengan pendampingan mesti terus dilakukan sampai bisa,

3. Karyawan yang menolak bisa diarahkan (lead) menuju sebuah peningkatan kemampuan untuk karir yang lebih baik. Tentu karir atau pun peningkatan pendapatan hanya bisa dilalui dengan bertambahnya kemampuan dengan kerja tambahan.

4. Karyawan yang menolak dapat diberikan motivasi terutama spiritual agar dapat bekerja melebihi dari kemampuan sekarang. Pola motivasi dengan manajemen bersyukur, dimana seseorang dapat ditingkatkan kemampuannya secara bertahap dengan menambah kemampuan yang ada.

5. Bisa saja penambahan kerja itu dilakukan dengan perintah. mau tidak mau mesti dikerjakan karyawan tersebut karena tuntutan perkembangan perusahaan untuk maju ke depan.

Terkadang banyak perusahaan tidak mampu menangani karyawan seperti di atas. Langkah mudah adalah menambah karyawan. Mengembangkan karyawan jauh lebih baik dengan memberi kesempatan dan diberikan pelatihan ilmu yang mendukung serta pendampingan. Tidak lupa apapun yang dikerjakan mesti dikontrol dan dievaluasi agar apa yang dikerjakan sesuai harapan.



No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...