Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Petunjuk ada di hati

 Kalau saya belajar dengan pikiran. Semua itu terjadi atas izin Allah. Sudah belajar tapi tidak paham, atau sudah paham tapi tidak mudah dikerjakan. Dengan bersungguh-sungguh belajar bisa jadi kita mendapatkan ilmu dan pengamalannya.


Kalau ingin merasakan senang, maka dengan mudah kita bisa mencari dan menemukan lokasi yang membuat kita senang. Tapi bisa saja perasaan kita tidak bisa senang karena ada masalah. Keinginan kita untuk senang atas izin Allah.

Yang memberi izin segala hal adalah Allah, termasuk musibah, kesulitan, masalah. Allah mengizinkan terjadi karena ulah perbuatan kita sendiri. Bisa jadi musibah yang mestinya menimpa kita dapat dicegah karena kita memohon maaf atas kesalahan dan berbuat baik. 

Allah memberi petunjuk bagi kita di hati untuk melewati musibah dengan baik, jika hati kita mau menerimanya. Hati yang mau menerima tentunya tidak ada "setan" atau selain Allah, hati yang tersambung dengan Allah, hati yang percaya tanpa ragu kepada Allah, hati yang mendorong ikhlas untuk berbuat baik, hati yang suka dibersihkan dengan istighfar dan zikir kepada Allah. 

Dengan hati yang mau menerima petunjuk, Insya Allah kita bisa belajar dan mengamalkan ilmu, bisa merasakan perasaan yang baik (senang) dan bisa berbuat yang baik.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...