Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Sehat di rumah

 Hari ini udaranya dingin sekali, bikin "males' beraktivitas. Melawan dingin ya mesti bergerak atau beraktivitas. Bukan saja beraktivitas itu untuk mencapai apa yang saya inginkan, tapi beraktivitas membuat saya untuk sehat. Sehat fisik, pikiran dan emosional. Beraktivitas itu tidak mesti bergerak banyak, yang penting ada olah pikir dan gerak fisik, yang bisa mengubah perasaan yang tadi tidak nyaman menjadi semakin baik.

Udara dingin banyak menghambat fisik untuk bergerak, ada rasa "dingin" dan cenderung diam atau istirahat. Apalagi di rumah dengan nonton TV atau main HP, maka gerakan fisik tidak ada dan pikiran pun tidak banyak mikir. Usahakan pikiran banyak berpikir karena banyak berpikir juga dapat mengeluarkan energi yang banyak, sekalipun gerakan fisiknya minimal.

Bayangkan saat di kantor suasana di atas membuat saya males bekerja. Bisa bikin ngantuk atau beraktivitas yang tidak produktif. Seharusnya saya melakukan aktivitas yang produktif. Begitulah suasana yang memang enak buat saya, tapi tidak mendorong untuk produktif. Hati-hati suasana seperti ini dapat mendorong seseorang  untuk "makan" atau tiduran yang membuat fisik jadi nggak nyaman. Minum air hangat dari teh atau wedang sangat mendukung saya untuk beraktivitas.

Tidak beraktivitas memang ada waktunya, yaitu pada saat tubuh membutuhkan istirahat. Begitulah seharusnya saya menempatkan waktu yang produktif dan waktu istirahat. Waktu yang produktif itu tidak hanya di pekerjaan, tapi bisa juga di rumah. Untuk di rumah, saya mesti beraktivitas dengan keadaan di rumah. Jangan sampai waktu produktif di rumah dengan membersihkan rumah diganti atau ditunda dengan istirahat. Tubuh membutuhkan aktivitas dan istirahat yang seimbang. Akibat dari aktivitas yang tidak produktif bikin fisik melemah (sakit).


Kultum motivasi ini untuk saling mengingatkan sesama, bahwa tubuh yang sehat butuh aktivitas. Memberdayakan diri dengan aktivitas yang dibarengi banyak mikir cukup baik agar tubuh terjaga sehat. 

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...