Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Salah lagi dan masih salah juga

 Apa yang salah dengan saya jika saya masih salah lagi dan yang repotnya masih aja salah. Sudah mulai belajar agar tidak salah, masih aja sedikit yang saleh. Adakah sih bosen salah terus ? Insya Allah ada, tapi mengapa ya salah lagi walaupun sudah belajar juga ? Memang sih kesalahannya itu bisa tidak terlalu banyak, dan kadang kesalahan terjadi untuk waktu yang lama dikit (1 minggu atau 1 bulan terulang lagi). Yang masalah adalah hasil yang saya rasakan berulang kali itu bikin susah/sulit dalam menjalani hidup.

Hidup itu mesti dijalani dengan baik (ada kemudahan dan kelancaran), prinsipnya mau nyaman. Ada petunjuk untuk hidup nyaman, tapi nyaman bukan sekedar senang (perasaan) saja, kalau bisa nyaman di hati (tenang dan bahagia). Petunjuknya udah bener, tapi yang perlu saya evaluasi adalah pelaksanaannya. Pelaksanaan petunjuk itu mesti melibatkan hati, akal sehat, perasaan baik dan tubuh yang sehat. Bisa saja saya sudah mengerjakan petunjuk itu, tapi hati nggak ikhlas maka hasilnya tidak baik. Atau hanya mengandalkan akal sehat saja atau bisa juga hati tanpa ilmu (akal sehat) menyebabkan kesulitan dalam mengerjakannya.

Kalau soal hati, kesalahan saya bisa disebabkan hati yang tidak bersih sehingga koneksi kepada Allah. Hal ini menyebabkan kesulitan melibatkan hati dalam tindakan, alias tidak mudah ikhlasnya. Yang ada adalah akal sehat yang selalu ingin  untungnya saja. Hati-hati jika hal terus-menerus terjadi, bisa berarti membiarkan saya dalam kesesatan (kesalahan). Untuk itu sebagai langkah awal untuk meminimalkan kesalahan adalah banyak beristighfar (meminta ampun) kepada Allah. Insya Allah saya mampu mengerjakannya dan dengan ilmu akal sehat semua menjadi lebih baik

Salah itu alami dan bisa terjadi pada siapa saja, kultum motivasi hari ini untuk saling mengingatkan untuk semakin baik untuk siap menyikap kesalahan dan memperbaikinya. Memberdayakan diri dengan istighfar adalah yang terbaik dari Allah dan terus belajar. Insya Allah dengan mengikuti petunjuk Allah (Al Qur'an).


No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...