Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Apa setelah doa dikabulkan ?

 Hampir setiap saat kita berdoa, bahkan ada yang mengatakan "ucapan itu doa". Hampir semua manusia di muka bumi ini selalu berdoa untuk keselamatan, kesehatan, dan kebahagiannya. Ada doa yang dikabulkan Tuhan (Allah) dan ada yang belum dikabulkan. Tetep saja kita berdoa terus. Abis berdoa kita mesti apa sih ?

Berdoa itu mengandung 2 hal yaitu yang pertama, permohonan (harapan) yang kita sampaikan yang biasanya menjadi keinginan kita. Yang kedua adalah memohon izin atas keinginan kita. Misalkan doa untuk rezeki adalah kita memohon rezeki kepada Allah diberikan yang berkah. Tentunya doa minta rezeki adalah kebaikan di mata Allah dan bermanfaat bagi kita. Maka dalam doa itu kita ikuti dengan aktivitas mencari rezeki dengan cara yang bisa kita lakukan. Doa memohon izin diberikan rezeki berupa keinginan kita dan diizinkan dengan cara yang kita lakukan. Begitulah hendaknya doa menjadi kebaikan.

Saat doa kita dikabulkan oleh Allah, pastilah kita berterima kasih. Apakah hanya berterima kasih saja ? Kalau doa sudah dikabulkan, maka kita menerima pemberian Allah. Yang pertama ya pasti bersyukur dan yang kedua adalah bertanggung jawab atas pemberian Allah dengan mengoptimalkan pemberian menjadi bernilai tambah. Biasanya yang pertama kita lakukan, tapi yang kedua apakah sudah ?

Hendaknya kita mulai berpikir efek dari doa adalah bertanggung jawab atas pemberian Allah, berupa nikmat. Nikmat jika disyukuri dengan cara Allah, maka ditambah lagi nikmatnya. Bayangkan sudah berapa banyak doa kita dikabulkan, apakah kita masih meminta tanpa mempertanggungjawabkannya ? Sepantasnyalah kita sudah mesti banyak bersyukur dengan memanfaatkan apa yang Allah telah berikan (kabulkan keinginan kita).

Kultum motivasi hari ini ingin memberdayakan diri untuk semakin baik. Doa menjadi ibadah buat kita, dan menjadi sarana untuk memohon kepada Allah. Insya Allah selain berterima kasih, kita pun mesti bersyukur dengan mempertanggungjawabkan semuanya di hadapan Allah.


No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...