Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Lihatlah apa yang sudah kita bisa kerjakan ...

 Pernahkah kita "melaporkan" dengan apa yang sudah kita lakukan kepada Allah ? Misalkan dalam doa, kita mengucapkan terima kasih bahwa tadi kita sudah makan dan membuat kita kenyang dan senang. Mungkin jarang kita melakukannya. Dalam doa kita kepada Allah, kita lebih banyak curhat tentang kesusahan daripada apa yang bisa dan sudah kita lakukan. Tak hanya curhat kesusahan, tapi juga selalu meminta (pertolongan). Apakah pantas kita begitu terus ?

Berdoa itu adalah ibadah, menjadi bernilai jika kita ikhlas. Bayangkan kita selalu curhat atau meminta tanpa diimbangi rasa berterima kasih. Apa iya kita ikhlas dalam curhat dan meminta ? Tidak salah meminta kepada Allah. Sudah sewajarnya sebelum kita curhat dan meminta, kita mendahului untuk berterima kasih atas apa yang sudah kita kerjakan walaupun tidak sempurna. "Ya Allah ya rahman ya rahiim, terima kasih atas kehidupan hari ini. Saya sudah Engkau rezeki dengan makan pagi, dan Engkau sehatkan kami pagi ini, dan kami telah beribadah kepadaMu dengan shalat Subuh dan dhuha, Kami paham pastilah semua itu atas rahmanMu kepada kami". Dengan seringnya kita mengucapkan hal seperti itu, Insya Allah membuka hati untuk menyadari begitu besar rahmat dan karunia Allah. Dan kita pun mau bersyukur atas semua itu.

Beranilah mengucapkan terima kasih atas semua yang telah Allah berikan atau izinkan atas kehidupan kita hari ini. Begitu banyak, sampai kita pun masih bisa menulis, membaca, melihat, mendengarkan dan sebagainya. Disisi lain ada orang yang tidak bisa melihat atau mendengar karena kekuasaan Allah. Apakah kita mau bersyukur ? jangan sampai suatu saat nikmat yang Allah itu diambil. Karena sakit atau musibah, kita sakit kalau berjalan atau terbaring kita bisa beraktivitas. Di  saat itulah kita baru menyadarinya. 

Kultum kali ini hanya ingin mengingatkan saya dan setiap orang yang yang membaca kultum ini untuk segera berlatih mengucapkan terima kasih atas rahmat dan karunia Allah yang terus berlangsung setiap hari. Motivasikan diri dengan memberdayakan diri untuk menjadi semakin baik.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...