Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Zalim terus, masak nggak istighfar

 Dalam keseharian saya merasa bahwa saya tidak melakukan hal negatif tapi juga tidak mengupayakan juga hal baik. Hal baik yang sesuai petunjuk Allah, maka itu amal saleh. Sebaliknya sesuatu yang diluar yang baik itu buruk, yah bisa juga mau dibilang sikap dan perbuatan yang buruk. Misalkan kita disuruh atau diperintahkan shalat. Faktanya saya tetap shalat tapi shalatnya tidak tepat waktu dan kurang khusyuk. Apakah saya berdosa (perbuatan buruk) ? Saya renungkan tidak berdosa dalam hal shalatnya, karena tetap dijalankan. Tetapi saya telah zalim terhadap diri saya sendiri karena tubuh saya membutuhkan shalat tepat waktu sebagai tasbih kepada Allah. Semakin zalim saya karena melalaikan waktu, dan shalat yang kurang khusyuk pun tidak dibarengi ilmu yang mestinya saya cari. Saya tidak melakukan sebagaimana mestinya. 

Berikut pengertian zalim, perbuatan yang ditempatkan pada tempat yang bukan semestinya. Kata ini biasa digunakan untuk melambangkan sifat kejam, bengis, tidak berperikemanusiaan. Menurut bahasa Arab, kata zalim dalam ajaram Islam berarti Dholim, yang maknanya sebuah perkara atau sesuatu yang kondisinya bukan selayaknya. Orang yang melakukan perbuatan zalim dinamakan dengan zalimin. Sedangkan secara etimologi, kata zalim merupakan kata pengadopsian dari bahasa Arab, yaitu dho la ma, yang maknanya gelap. Namun, kata zalim dalam Al-Qur'an menggunakan kata baghyu dan zhulm, yang berarti hak orang lain yang dilanggar oleh perbuatan seseorang. Nabi Adam melakukan zalim saat diingatkan jangan makan pohon yang dilarang, maka nabi Adam as, memohon ampunan atas kezalimannya.

Saya membayangkan seperti shalat di atas, saya cenderung menjalankan kebaikan tapi tidak mengupayakan yang semestinya. Contoh lagi saya makan bismillah, tapi saya saya makannya berlebih. Saya merasa makannya zalim. Saya keluar rumah, semestinya saya berdoa sebagai makhluk yang butuh Allah. Tapi saya tidak berdoa ... bisa menunjukkan diri saya "sombong". Saya merasa inipun saya zalim. Saya menyekolahkan anak saya ke sekolah, bukan berarti saya menyerahkan sepenuhnya anak saya ke sekolah. Dalam diri saya tetap ada bagian untuk mendidik anak (sekalipun anaknya baik). Saya pun saya telah zalim kepada anak saya. Ternyata banyak sekali kezaliman yang saya perbuat tanpa saya sadari. Maka Allah meminta saya untuk banyak istighfar, memohon ampun kepada Allah. Shalat pun menjadi bagian untuk menghapus kesalahan/kezaliman saya, "shalat saat ini bisa menghapus kesalahan/kezaliman sebelumnya".

Sekalipun saya orang baik, rasanya tetap ada kezaliman yang saya perbuat baik terhadap diri sendiri atau kepada keluarga atau orang lain. Perbuatan zalim yang perbuat menutupi hati menjadi gelap, maka tak ada cara lain untuk membersihkannya yaitu dengan memohon ampun dari Allah (istighfar). Kalau saya tidak banyak istighfar, maka semakin jauh (tertutup hati) dengan Allah. Keadaan ini semakin tidak mudah mendapatkan petunjuk Allah (Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang zalim). Maknanya semakin tidak istighfar setiap hari atau shalat, maka kehidupan saya semakin tidak ada petunjuk ... semakin dibiarkan Allah apa yang saya lakukan. Astagfirullahaladzim.


Masihkah kita merasa tidak melakukan dosa besar itu tidak perlu istighfar ? Padahal doa besar itu terjadi dari kumpulan kezaliman kecil yang terus-menerus. Berbuat baik terus ditingkatkan jumlah dan kualitasnya, terutama niat yang ikhlas dan BARENGI dengan perbanyak istighfar. 

Insya Allah kultum singkat ini menjadi motivasi saya untuk memberdayakan diri semakin bertambah iman dengan menjalankan apa yang Allah beri petunjuk dalam Al Qur'an. Tidak mudah, tapi saya beranikan diri memulai dari hal kecil dan bertambah setiap harinya. Insya Allah hal ini disambut Allah dengan memberi petunjuk dan kemudahan

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...