Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Berselisih tentang keinginan dan kebutuhan

 Ada penjelasan yang menarik tentang keinginan, yaitu selalu ada hubungannya dengan kebutuhan. Dikisahkan seorang wanita senang membeli baju dan wanita ini merasakan kepuasan batin saat memilikinya. Kebahagiaan itu semakin tingi saat membelinya dengan discount. Dan tidak terasa, wanita ini sudah memiliki baju yang banyak dan memenuhi lemari. Saat membeli baju itu, dirinya bilang,"saya butuh baju ini untuk acara pesta pernikahan dan sebagainya". Tapi disisi orang lain, wanita itu berlebihan dan bilang kepemilikan baju itu bukan lagi kebutuhan dan bisa dibilang keinginan. Ada yang bilang kebutuhan, tapi sisi lain merupakan keinginan. Bagi yang cukup uang, membeli beberaja itu kebutuhan karena memiliki pergaulan yang luas bagdan memang butuh baju dalam setiap eventnya. Tapi yang uangnya tidak cukup, maka dia tidak membeli baju yang banyak, beli yang butuh saja.

Kalau kita ditanya, makan itu kebutuhan atau keinginan ? kebutuhan dong. Tapi renungkan saat kita makan, yang terjadi kita memilih makan yang sehat dan enak. Bukankah ini keinginan ? Terkadang kita mempersepsikan kebutuhan itu memiliki nilai "rendah" atau murah, dan yang mahal itu sebagai keinginan. Makan sehat itu mahal atau murah ? Bisa mahal dan murah. Ada makanan yang sehat itu murah. Makanan sehat itu bisa menjadi mahal kalau kita makannya di resto. Yang menjadi pertanyaannya adalah apakah kita mampu membedakan keinginan atau kebutuhan dengan benar ? Semua relatif terhadap sesuatunya dan waktunya. Terus bagaimana kita menghadapi sikap saat hadir keinginan atau kebutuhan ?

Mari kita merenungkan dari sisi lain untuk melihat keinginan atau kebutuhan. Mana yang lebih dulu kebutuhan atau keinginan. Tak pernah ada ujungnya. Boleh dong kita mulai bersikap :

1. Keinginan atau kebutuhan, maka kita mesti berani meraihnya. Jadi fokuslah dan konsisten mengejarnya dengan cara yang benar. Cara yang benar itu sesuai petunjuk yang benar.

2. Selalulah memanfaatkan apa yang sudah kita raih (keinginan dan kebutuhan) dengan optimal. Jika keinginan atau kebutuhan itu banyak, maka sudah banyak yang kita miliki sekarang jika dikerjakan dengan baik. Misalkan keinginan seperti wanita di atas memiliki baju dan ternyata bajunya banyak, apakah semua baju itu dipakai ? Ada yang jarang dan ada yang dipakai setiap hari. Baju yang dipakai setiap hari merupakan kebutuhan wanita tersebut, dan yang jarag dipakai merupakan keinginan. Maka kita dapat mengujinya apakah apa yang sudah kita miliki itu dipergunakan ? Terus bagaimana dengan yang jarang sekali dipakai ? mestinya menghadirkan keinginan untuk berbagi kepada orang lain.

3. Adakalanya kita butuh, tapi manfaatnya kurang maksimal. Contoh saya butuh makan, yang penting makan aja. Apa yang terjadi ? Tubuh kita menjadi kurang sehat. Apakah kebutuhan seperti ini yang kita inginkan ? Pasti tidak, makan yang kita sebagai kebutuhan mesti juga dibekali ilmu agar makannya memberi kebaikan. Bagaimana dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan memberi kebaikan ? Sadarilah apa yang kita butuhkan atau kita inginkan ... dapat menjadi kebaikan jika Allah izinkan. Maka jadikan kebutuhan atau keinginan itu menjadi sesuatu yang dizinkan (dirahmati) Allah. Bagaimana caranya tahu ? Cari tahu referensinya, apakah kebutuhan atau keinginan itu adalah sesuatu yang baik, yang ada petunjukNya dari Allah. kalaupun kita tidak tahu, mohonlah (berdoa) petunjuk Allah. Agar lebih afdol, maka kita cari tahu caranya. Apakah ada cara (petunjuk yang benar) untuk meraihnya dari Allah ? Kalau ada, maka fokuslah dan dituntaskan dengan petunjuk Allah.

Keinginan kita banyak, kebutuhan kita banyak juga. Kalau keinginan okelah tidak bisa kita raih seperti tidak ada masalah. Tapi bagaimana dengan kebutuhan, satu kebutuhan saja belum terpenuhi dan kebutuhan lain hadir. Tetaplah fokus bahwa satu kebutuhan itu mesti dipenuhi, jika mengalami hambatan. Boleh dong kita memohon kepada Allah. Bukankah Allah yang menjadi tuhan kita dapat membantu kita, bisa jadi bantuan Allah itu sebagai skenario Allah memelihara ciptaanNya. Saat hambatan itu hadir, ada pesan dari Allah bahwa cara kita memenuhi kebutuhan itu tidak sesuai dengan petunjuk Allah, baik itu sikap dan perilaku kita. Jadilah orang yang tidak mengadili Allah bahwa Allah itu tidak kasihan kepada kita dalam memenuhi kebutuhan kita. Allah tetap memberinya, perhatikan apa yang kita lakukan adalah pesan koreksi buat kita untuk lebih bener lagi dalam memenuhi kebutuhan kita. Keadaan ini dapat kita terapkan pula terhadap keinginan kita.


Bersikap dan berperilakulah dengan benar apapun itu, keinginan atau kebutuhan. Yang utama itu adalah fokus dan selalu menggunakan cara yang bener untuk mewujudkannya. Pastikan apa yang sudah kita dapatkan dari keinginan atau kebutuhan ... Mesti selalu dimanfaatkan (tidak berlebih dan bahkan tidak digunakan). Yang tidak terpakai sebaiknya diteruskan kepada yang membutuhkannya. 

Apa yang terjadi dengan wanita di atas ? Saking  banyak bajunya, maka ada diteruskan kepada orang lain. Dengan cara ini sikap dan perilaku wanita menjadi terkoreksi lebih baik. Apa yang terjadi jika baju itu tidak diteruskan kepada orang lain ? Menjadi usang dan semakin tidak menarik lagi ... menjadi beban dan hambatan untuk memiliki baju lagi. Insya Allah tulisan ini dapat memberdayakan diri kita untuk menjadi semakin baik. Tulisan (kultum) ini dapat dijadikan sebagai motivasi kita untuk terus lebih baik.


No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...