Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Perjalanan

 Dalam hidup ini adalah sebuah perjalanan yang kadang ada tujuan dan kadang tidak ada tujuan yang jelas, pergi ke suatu tempat ya pergi aja. Yah bisa saja memang tanpa tujuan, hanya ketemu saudara dan menikmati suasana ya saja.

Memiliki tujuan dalam perjalanan hidup itu membuat ada daya tarik dan semangat. Maka dalam perjalanan itu ada yang bikin bete dan ada pula yang menyenangkan. Saat bete, masih ada upaya untuk menghilangkannya karena kita memiliki tujuan. Sikap dan perilaku kita selalu positif saat bete sehingga perjalanan kita menjadi lebih baik. Yang repot adalah saat kita terbawa emosi saat bete, bisa jadi kebeteannya berlangsung lama dan merusak perjalanan kita.

Tetapi adakalanya juga dalam perjalanan yang hanya iseng saja dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan. Seperti tidak ada beban menjalani perjalanan tersebut. Tanpa beban tersebut membuat kita tidak perlu risau dan jarang betenya, tapi kurang menarik dan menyenangkan.

Bolehlah kita mengambil pelajaran dari sebuah perjalanan. Alangkah bijak kita membuat tujuan dari perjalanan agar dapat menjadi dasar dalam semua sikap dan perilaku kita. Ada arahnya dan ada peta perjalanannya, dan yang pasti ada semangat untuk meraihnya. Semua ini mesti tidak menjadi beban selama perjalanan, anggap saja lagi (iseng). Maka hal ini berdampak baik saat kita mengalami hal yang tidak sesuai harapan dan mudah untuk menormalkannya. Contoh dalam kerja, kita niatkan untuk Allah dengan bekerja yang bener dihadapan Allah. Maka ada semangat dalam kerja, lalu semangat ini menjadi menyenangkan karena kerja tersebut dapat memberi kehidupan bagi keluarga. Alhasil kita kerja menyenangkan, tapi juga bete dalam kerja ... dimarahin atasan atau hasil yang jauh dari harapan. Sebelum berlanjut maka kita dapat mencegah kebetean dengan sikap dan perilaku yang berprasangka baik kepada Allah. 

1. Allah ingin menguji kita agar kita bisa mengatasi yang kurang baik, atau 

2. Allah mau ngajarin kita ilmu baru, atau 

3. Allah ingin mengajarkan empati dengan orang yang gagal sehingga dapat menjadi temen yang memberi solusi, atau 

4. memberi pelajaran agar tidak sombong dan sebagainya

Maka kita menjadi tanpa beban untuk menjalaninya. Semua kebetean tersebut untuk kebaikan kita.

Dalam kehidupan rumah tangga pun bisa saja terjadi. Maka niat dan tujuan terhadap apa yang ingin kita lakukan menjadi penting. 

Insya Allah kultum motivasi ini dapat memberdayakan diri kita untuk sadar diri atas apa yang terjadi dan segera dapat memperbaikinya. Kalau tidak diberdayakan sekarang, kapan lagi ?


No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...