Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Berkomunikasi itu menarik dan bikin penasaran

 Belajar kok bisa penasaran ? Banyak orang rada "malas" untuk belajar, tapi ada orang yang belajar itu bikin menarik dan penasaran untuk tahu lebih banyak. Berawal dari kebutuhan untuk tahu sesuatu agar persoalan yang dihadapi menjadi selesai, belajar dapat memacu keadaan kita menjadi lebih nyaman. Belajar berkomunikasi dibutuhkan agar kita selalu sering salah komunikasi. Mau ngomong A, tapi diterima orang menjadi A-. Akhirnya komunikasi tidak berjalan sempurna. Perlukah kita belajar komunikasi ? Siapapun kita sangat perlu belajar komunikasi dengan benar agar orang lain bisa memahaminya dengan benar. 

Ada kepuasan jika kita bisa menyampaikan pesan dengan pas kepada orang lain. Keadaan seperti inilah yang bikin kita penasaran untuk belajar komunikasi. Menarik dan memberikan kebaikan yang banyak. Atau semakin penasaran bagi kita, mengapa seseorang tidak mengerti apa yang kita maksud ? Jika kita tidak belajar komunikasi, maka kita menjadi orang yang tidak dipercaya atau tidak mampu berkomunikasi dengan benar. Saat kita tidak memahami apa yang disampaikan orang, maka apa yang ingin kita lakukan menjadi tidak jelas. Akhirnya terjadi kesalahpahaman.

Setiap orang memiliki karakter dan pengalaman yang berbeda, maka komunikasi menjadi tidak membosankan untuk dipelajari. Semakin mampu memahami banyak orang membuat kita semakin disukai banyak orang. Salah satu tip untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain adalah jadilah pendengar yang baik. Mendengar dengan sengaja (bukan sekedar mendengar saja), ingin tahu lebih detail apa yang disampaikan. Menjadi pendengar yang baik itu mendorong kita untuk bertanya, bertanya tentang banyak hal yang disampaikan agar kita memahami pesan yang sesungguhnya.

Banyak kegagalan berkomunikasi itu disebabkan langkah awal yang tidak mau menjadi pendengar yang baik dan tidak mau bertanya. Seolah kita sudah paham. Kalimat yang sama belum tentu sama maknanya pada situasi yang berbeda. 

Bukan sekedar berkomunikasi, tapi pesan komunikasi itu dapat menaikkan level kita menjadi orang yang bisa berempati. Orang yang disenangi banyak orang. Menjadi pendengar yang baik pun sudah disenangi orang. Yuk belajar menjadi pendengar yang baik dan dorong diri kita untuk bertanya agar komunikasipun menjadi menarik (dua arah).

Insya Allah kultum motivasi ini dapat memberdayakan diri kita untuk menjadi komunikator yang baik. Masak sih kita menjadi orang yang "diasingkan" karena tak pandai berkomunikasi ? 

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...