Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Hadirkan diri untuk terlibat dalam setiap perbuatan

 Apa yang terjadi saat kita berbagi atau sedekah ? Kita berusaha untuk ikhlas tanpa berharap balasan dari penerima, bukankah ini menjadi upaya menyempurnakan ikhlas dalam berbagi. Tapi mungkin ada yang mengalami seperti ini, senang dipuji saat berbagi, berbagi itu bisa jadi untuk menghindari penerima dari komunikasi saat itu. Atau ada juga merespon tidak baik atas reaksi penerima. Inilah keadaan dimana kita berbagi dan hadirnya emosional kita. Dimana kehadiran logika, bahasa tubuh dan hati ?

Kehadiran logika, bahasa tubuh dan hati hanya hadir sebentar saja. Apa yang terjadi setelah kehadiran tersebut ?

1. Diawal hati, bahasa tubuh dan logika hadir saat memulai berbagi, setelah itu ketiganya tidak dominan dan perasaan (emosional) mengambil alih dalam perbuatan tersebut.

2. Perasaan (emosional) kita selalu ingin tahu tentang bagaimana proses itu berlangsung (merasakan) dan bagaimana respon atas apa yang kita lakukan.

a. Saat kita berbagi, emosional merasakan susahnya proses berbagi sehingga sering memunculkan keraguan. 

b. Saat berbagi, emosional "melihat" reaksi orang terhadap kita. Kok kurang respect ? dibagi kok biasa saja, atau kok hanya sekedar mengucapkan terima kasih yang datar. Bahkan ada yang menolak halus pemberian kita dan bisa juga mereka malah meminta yang lain. Dan banyak lagi. Secara emosional kita hadir dalam proses berbagi itu, tapi disisi lain hati, logika dan bahasa tubuh tidak hadir dengan positif.

c. Setelah berbagi logika yang cenderung negatif menguatkan dominasi emosional saat berbagi. Logika kita bilang,"kalau begini ya cukup sampai disini aja, tidak ingin berbagi lagi". 

d. Akumulasi dominasi emosional yang cenderung negatif dan tidak terbimbing oleh hati membuat kita "berpikir" menjadi tidak sungguh-sungguh dan tidak ingin menginginkan proses berbagi sempurna.

Sebaiknya kehadiran kita (diri yang meliputi hati dan logika) dapat membimbing emosional dan bahasa tubuh yang positif. Misalkan saat berbagi hati selalu ingat Allah (ihsan) dengan terus membayangkan Allah Maha Melihat kita sehingga kita tidak ingin berbagi itu hanya sekedar formalitas saja, tapi mengundang hati yang bersilaturahmi, berempati, dan lainnya. Maka logika kita terus menggali kemampuan kita untuk hadir dalam berbagi dengan mudah dan ringan. Keadaan ini mengantarkan kita dengan perasaan senang.

Hati-hati dengan perasaan yang merasa mau cepat selesai, yang penting saya sudah lakukan, memikirkan pekerjaan lain, dan sebagainya, karena semua itu mengalihkan fokus untuk hadirnya hati, logika dan bahasa tubuh yang positif.

Dalam shalat juga menjadi tidak berkualitas, karena kita ingin cepat selesai shalatnya, yang penting saya sudah shalat dan merasa tidak penting dengan kualitasnya. Hanya dengan menghadirkan hati saja, shalat itu menjadi bermakna. Misalkan bagaimana hati memahami bacaan shalat sebagai doa kita kepada Allah. Maka perasaan (emosional) kita sangat senang membayangkan doa itu dikabulkan Allah. 

Kerja kita ? Kalau sudah dekat waktu pulang kantor, kita sudah terbius untuk bersiap pulang. Sebaliknya di saat kita memulai pekerjaan membuat kita merasa berat dan susah. Bayangkan jika hati hadir dalam kerja tersebut, memulai kerja itu bagian penting dari rasa syukur kepada Allah sehingga kita bersegera bekerja dan memberikan yang terbaik. Yuk berlatih menghadirkan diri (hati) dalam setiap perbuatan kita.

Dmikian kultum motivasi kali ini untuk selalu memberdayakan diri menjadi semakin menikmati kehidupan dengan mudah dan ringan. Sekalipun yang kita hadapi itu besar dan banyak masalah, maka sikap dan perbuatan tetap dengan selalu menghadirkan hati yang besar sehingga apa pun yang diperbuat menjadi mudah dan ringan


No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...