Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Allah bertanya bukan ditanya

 Sebagai muslim, kita wajib menjalankan perintah Allah. Apakah perlu kita mempertanyakan buat apa yang menjalaninya ? Terkadang memang begitulah dasar manusia yang ingin tahunya tinggi, tapi tidak pada tempatnya. Buat apa sih zakat ? buat apa sih shalat ? buat apa sih berbuat baik ? dan banyak lagi pertanyaan yang hinggap di pikiran kita, sekalipun perintahnya dikerjakan.


Jangan pernah "membantah" tentang Allah tanpa ilmu yang benar. Ilmu yang kita dapati sampai ini adalah izin dari Allah. 
1. Alangkah indahnya pertanyaan kita kepada Allah disampaikan kepada ahlinya. Dan hindari jawabannya bisa mempengaruhi kita dalam beriman dan beramal saleh.
2.  Utamakan mendengar atau membaca Al Qur'an lebih banyak agar pemahaman kita menjadi sangat baik. Insya Allah amalan yang kita kerjakan semakin mantap. Bisa jadi saat mengerjakan perintah Allah tadi kita mendapatkan petunjuk atas pertanyaan kita. "Kami dengar dan kami taat"
3. Daripada bertanya kepada Allah, maka lebih baik kita bertanya kepada diri sendiri tentang kualitas dari amalan kita. Dengan demikian amalan kita bisa terus ditingkatkan.

Bagaimana dengan perintah orang lain kepada kita ? Sebenarnya sama juga selama perintah itu baik dan dengan niat baik juga. Biasanya kita dinilai sama orang lain (atasan) karena kepatuhan dan hasil dari apa yang kita kerjakan. Bertanya boleh saja, jika kita belum tahu detail perintahnya. Fokus kepada apa yang kita kerjakan.

Insya Allah kultum motivasi ini dapat memberdayakan diri kita menjadi semakin meningkat imannya dengan selalu banyak beramal.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...