Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Berbuat baik itu tidak mudah ... tersenyum dong

 Sebagai manusia biasa, saya masih tidak mudah untuk berbuat baik. Memang berbuat baik itu perintah Allah dan sebagai rasa syukur saya kepada Allah. Sebagai perintah mesti wajib dijalankan, berbuat baik apa saja. Misalkan tersenyum saja, disebutkan tersenyum itu baik buat kesehatan dan jadi amal. Fakta tidak banyak orang bisa senyum ikhlas. Kalau senyum nggak ikhlas banyak terjadi atau tersenyum karena aturan untuk mendapatkan hasil. Ini menunjukkan fakta berbuat itu tidak mudah.

Tersenyum saja sebagai perbuatan baik itu selalu banyak hambatan. Hambatan itu adalah upaya musuh manusia agar tidak berbuat baik. Ada sih yang bisa melewati hal ini dengan berbuat baik ... hanya sesekali dan beberapa waktu saja. Sejak awal ingin tersenyum saja sudah ada dalam pikiran saya yang menghambat, "kalau tersenyum entar orang komentar, tumben senyum", "senyum saya dibilang ada maksud tertentu", "saya tersenyum kepada orang lain, tapi mereka tidak membalas senyum saya" dan banyak lagi dalam pikiran saya mau menghambat saya tersenyum. Terakhir saya berucap dalam hati,"buat apa tersenyum, yang penting saya baik". Tidak mudah tersenyum.

Lalu ? sekalipun saya bisa tersenyum. Hari selanjutnya, saya mesti tersenyum lagi. Apa yang terjadi ? Pengalaman saya sebelumnya, semakin menguatkan saya tidak mudah tersenyum. Pikiran saya berkembang lagi, "Saya senyum ke pasangan/atasan/bawahan/temen, tapi mereka hanya biasa saja. Lalu buat apa saya senyum". Pikiran dari hasil pengalaman ini mendorong saya tidak ingin tersenyum lagi. Alhasil, saya senyum beberapa hari saja dan selanjutnya senyum seperlunya.

Semua orang tahu senyum itu baik, tapi itu hanya sebatas pikiran saja. Atau senyum itu masih saya lakukan secara emosional karena ingin direspon baik (dicintai/dikasihi). Bagaimana saya bisa tersenyum "ikhlas". 

1. Perintah senyum itu ibadah, dapat saya pahami sebagai rasa syukur atas kebaikan Allah yang telah memberikan saya bibir, mulut dan sebagainya. Saya senyum bukan karena siapa-siapa, saya tersenyum kepada Allah. Apakah tidak malu kepada Allah yang melihat saya 24 jam dengan sedikit senyum ? Saya sering berdoa meminta sesuatu tapi kok nggak senyum kepada Allah ?

2. Jadilah masuk kedalam manusia yang bersyukur, dan hanya sedikit yang bersyukur itu. Allah mencintai orang yang bersyukur.

3. Pemahaman di atas sudah cukup dan teruslah difokuskan agar hambatan dalam pikiran bisa melemah. Sekalipun ada upaya menghambat, 

4. Just do it Now, saat tersenyum dan fokuslah kepada senyumnya. Inilah proses yang hanya butuh tindakan (senyum), bukan lagi untuk berpikir. Apa pun respon orang kepada saya , saya tidak perlu menanggapinya. Tetaplah tersenyum terus

5. teruskan tersenyum sampai Allah mencintai saya, yaitu senyum telah menjadi mudah dan memberi banyak kebaikan pada diri saya.

Insya Allah kultum motivasi ini membangkitkan saya untuk terus tersenyum kepada siapa saja, dan dalam keadaan apapun, dimanapun saya berada. Memberdayakan diri saya untuk menguatkan keyakinan kepada Allah, agar senyum itu membuat saya terbiasa senyum untukMu.


No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...