Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Menyambut puasa

  Menyambut puasa ? Iya, pasti disambut dengan kalimat Marhaban (agak kearab-araban, tapi nggak masalahlah). Menyambut puasa, maka banyak orang berziarah, mengunjungi sanak keluarga, dan bersih-bersih rumah serta aktivitas lainnya. Ada juga yang mempersiapkan pakaian baru puasa dan makanannya. Tapi jarang sekali yang menyambut puasa itu dengan program yang benar selama berpuasa. Ada sih yang mempersiapkan dan membuat komitmen puasa tahun ini dengan taraweh di berbagai Masjid, mengaji Al Qur'an, menambah ibadah dan amalan.

Sudahkah kita menyambut puasa ? Puasa ya aktivitas puasa untuk menjadi taqwa. Bukan sekedar siap berpuasa di bulan puasa, tapi sudahkah kita berlatih sebelumnya dengan puasa sunnah untuk menyesuaikan suasananya ? Tidak sekedar puasanya tapi program selama puasa, seperti shalat tepat waktu, mengerjakan shalat sunnah dan memperbanyak amal. mengapa ini mesti kita persiapkan ? Agar kita sudah menciptakan kebiasaan. 

BUkan sekedar menyambut puasa saja, selama puasa adalah waktu berlatih untuk menjadi biasa selama 1 bulan. Bisakah kita melakukannya. Bangun pagi, shalat Tahajjud, shalat subuh lebih awal, diikuti dengan membaca Al Qur'an dan tidak tidur lagi, tetap bekerja dengan semangat (tanpa mikir lapar dan haus), memperbanyak ibadah dan amal dan sebagainya. Apa yang diharapkan selama 1 bulan puasa itu ? Kita mesti melanjutkan kebiasaan itu di bulan setelah puasa juga.

Yuk kita mulai merencanakan bulan puasa dengan target yang ingin capai. Sisihkan waktunya dan just do it saja. Ingin sedekah ? siapkan waktu dan persiapannya untuk dijalani di waktu yang tepat dan orang yang tepat. Ingin memperbaiki shalat ? siapkan waktu untuk membaca buku dan mendalami Al Qur'an tentang shalat dan dalam shalat diterapkan ilmunya. Ingin memperbanyak amal ? Siapkan diri tentang amal apa yang ingin diperbanyak dan luangkan waktu untuk mengerjakannya. Ingin mengaji lebih baik ? Siapkan waktu dan ilmu baca dan referensi untuk memahaminya. Ingin berbagi makanan buka puasa ? Siapkan diri dan waktunya untuk berbagi kepada orang yang berhak menerimanya. Semua keinginan itu tidak sekedar keinginan saja, tapi harus berani menyediakan waktunya dan persiapan dengan ilmu yang benar.

Yang terpenting adalah kita sambut puasa dari hari ini seolah kita sudah berada di dalam bulan puasa. Jangan sia-siakan waktu selama berpuasa dan bulan puasa dengan sesuatu yang tidak ada kebaikan (mesti beraktivitas). Awali semua aktivitas itu dengan niat yang ikhlas.

Insya Allah kultum ini dapat memberdayakan diri untuk menyambut puasa dan mendapatkan kebaikan dari puasa. Teruslah memotivasi diri untuk mendapatkan kebaikan dari puasa. 

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...