Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Sabtu, Juli 26, 2025

Apa iya Allah itu hanya Maha Melihat ?

 Salam bahagia selalu, dan Insya Allah kita selalu dapat menghadirkan Allah di hati ini agar kita menjadi hamba Allah yang sebenarnya.

Hari ini melanjutkan tulisan sebelumnya, "Melihat dan Maha Melihat". Judulnya di atas merupakan perluasan pemaknaan dari kata Basir. 

Al-Baṣīr (Maha Melihat) sangat terkait dengan ilmu (pengetahuan). Hubungannya mendalam, baik dari segi makna maupun hikmah. Berikut penjelasan detailnya:

1. Allah Maha Melihat = Allah Maha Mengetahui
Dalam Al-Qur’an, sifat melihat (Al-Baṣīr) sering disebut bersama dengan sifat mengetahui (Al-‘Alīm). Contoh:
“Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. An-Nisa: 58)
Mengapa? Karena melihat adalah salah satu jalan untuk mengetahui sesuatu. Jika manusia butuh penglihatan untuk mengetahui objek, maka Allah yang Maha Melihat berarti meliputi pengetahuan terhadap segala sesuatu.
Implikasinya: Allah tidak hanya melihat bentuk luar, tapi juga mengetahui niat dan isi hati.

2. Hikmah untuk Manusia: Ilmu adalah “Basirah”
Kata bashīrah (بَصِيرَة) berasal dari akar kata yang sama dengan Al-Baṣīr, dan artinya pandangan mata hati (insight).
Ilmu yang benar memberi bashirah, yaitu kemampuan melihat kebenaran secara jelas.
Dalam Al-Qur’an:
“Katakanlah: Inilah jalanku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan bashīrah (ilmu yang jelas).” (QS. Yusuf: 108)
Jadi, hubungan antara Al-Baṣīr dan ilmu adalah: siapa yang sadar Allah Maha Melihat, dia akan menuntut ilmu dengan jujur, menggunakannya untuk kebaikan, dan menghindari kebodohan (ghaflah).

3. Implikasi Praktis
Pengawasan Allah → Kejujuran dalam menuntut ilmu, Misalnya: mahasiswa tidak menyontek karena tahu Allah melihat.
Penglihatan hati (bashirah) → Memahami kebenaran Ilmu bukan sekadar hafalan, tapi insight yang membuat kita melihat dampak amal.
Penggunaan ilmu untuk hal yang diridhai Karena Allah melihat bagaimana kita memanfaatkan ilmu. 



Secara bahasa: berasal dari kata بَصَرَ (baṣara) yang berarti melihat atau menyaksikan. 

Makna sifat: Allah memiliki penglihatan yang sempurna, tidak terbatas, dan meliputi segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tersembunyi. Kata Melihat bukan kita persepsi seperti kita melihat dengan mata. 

a. Kesempurnaan penglihatan Allah, bisa menjangkau fisik dan dibalik fisik (hati manusia).
b. Tidak membutuhkan mata atau alat bantu.
c. Meliputi semua makhluk, baik yang besar maupun sekecil atom.
d. Tidak terbatas oleh jarak, ruang, gelap, atau terang.
Firman Allah :
“Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hujurat: 18)

Allah yang Maha Melihat kita (apa yang kita kerjakan) adalah melihat apa yang kita kerjakan dan apa dibalik kerja itu. Hal ini baik secara fisik maupun non fisik. Yang menjadi pertanyaan, apakah ada tempat dialam semesta ini tidak terjangkau oleh Allah ? Pastilah tidak ada. Maka masihkah kita mengatakan bahwa tidak ada yang melihat apa yang kita kerjakan ?? Mungkin kita sendiri, tapi selalu ada Allah.
Jika Ya Basir ini kita  terapkan dengan benar, ternyata berdampak baik buat kita, dimana kita selalu taat kepada Allah dan selalu berbuat yang baik.

"Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan" sering diulang-ulang dalam berbagai ayat di Al Qur'an. Al Baqarah ayat 96
وَاللّٰهُ بَصِيْرٌۢ بِمَا يَعْمَلُوْنَ

atau dengan Al Baqarah ayat 110

  اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ 

atau dengan kata yang lain 

Allah melihat hamba-hambanya, mengetahui (Alim) keadaan hamba-hambanya Ali Imran ayat 15

 وَاللّٰهُ بَصِيْرٌۢ بِالْعِبَادِۚ  

atau ayat lain dimana bukan sekedar melihat tapi Allah mengetahui apa yang terjadi termasuk dosa-dosa manusia

وَكَفٰى بِرَبِّكَ بِذُنُوْبِ عِبَادِهٖ خَبِيْرًاۢ بَصِيْرًا

dan kata Maha Melihat juga dikaitkan dengan Maha mendengar, pada An Nisa ayat 134ang 

وَكَانَ اللّٰهُ سَمِيْعًاۢ بَصِيْرًا

Dari ayat-ayat di atas dapat kita ambil hikmahnya sebagai berikut 

Kalaulah Allah itu Maha Melihat, maka dibalik makna melihat itu tersirat adanya Allah yang Maha Mengetahui keadaan kita yang diperhatikan baik hati dan tindakannya. Kalau kita merasa dizalimin tak perlu lebay juga, karena Allah tahu. Tidak sekedar melihat saja, Allah juga merespon atau membalas apa yang kita kerjakan. Apa iya begitu ? Iyalah. Tak mungkin Allah melanggar janjinya. Yang perlu kita pertanyakan adalah apa yang sebenarnya sudah kita kerjakan ? Jika benar baik, maka ada balasannya dan sebaliknya jika tidak baik, maka Allah juga respon atau balas dengan yang setimpal. Sepanjang waktu dan sepanjang usia kita, Allah selalu menunggu ingin membalas kebaikan kita. Sudah dikerjakan hal baik ? dan sudahkah ikhlas ??

Maha Melihatnya Allah itu juga disamping dengan Maha Mendengar, Boleh saja tindakan kita baik tapi tidak ikhlas di hati. Maka Allah juga Mendengar apa yang kita ucapkan di hati dan lisan kita. Bukankah kita bisa terlihat diam (tidak melakukan apa-apa) tapi hati bicara. Hati-hati dengan ucapan dari apa yang kita kerjakan, Allah Maha Tahu, tahu isi yang kita ucapkan secara batin maupun zahir, dan Allah juga Maha melihat apa yang kita kerjakan sekalipun tak tampak fisiknya.

Dikisahkan dimana Abu Nawas "Tidak ada tempat yang tidak ada Allahnya"
Abu Nawas: “Di Mana Allah?”Suatu hari, 
Raja Harun al-Rasyid menguji Abu Nawas:
Raja: “Abu Nawas, tolong carikan aku tempat di mana Allah tidak bisa melihatmu!”
Abu Nawas berpikir sejenak, lalu berkata:“Baik, Tuanku. Beri saya waktu sehari.”Keesokan harinya, Abu Nawas datang dan berkata:“Tuanku, saya tidak menemukan tempat seperti itu. Karena ke mana pun saya pergi, Allah selalu melihat saya.”
Raja tersenyum dan berkata:“Benar, kamu cerdas. Memang tidak ada tempat yang tersembunyi dari penglihatan Allah.”

Pesan moral: Tidak ada satu pun tempat yang luput dari penglihatan Allah. Ini sangat sesuai dengan makna Al-Baṣīr.

Dilain kisah tentang Nasrudin Kodja. "Bersembunyi dari Allah"
Dikisahkan, Nasrudin Hoja sedang bermain petak umpet dengan anak-anak. Saat ia bersembunyi, ia menutup matanya dengan tangan dan berkata:“Kalau aku tidak melihat mereka, berarti mereka juga tidak melihatku!” Orang-orang menertawakan kebodohannya. Lalu seorang bijak menegur:“Kalau kamu tidak melihat mereka, bukan berarti mereka tidak melihatmu. Apalagi Allah, yang melihat segala sesuatu.”

Ini cerita humor tapi sarat makna: kita sering merasa aman dari pengawasan Allah hanya karena tidak ada manusia yang melihat kita, padahal Allah Maha Melihat.

Menyadari Allah Maha Melihat (Al-Baṣīr) menjadi penting, bukan sekedar tahu ... disadari dan diamalkan
Makna Al-Baṣīr: Allah Maha Melihat segala sesuatu, baik yang tampak maupun tersembunyi.
Dalil Al-Qur’an:
“Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”QS. Al-Hujurat: 18)
Mengapa Penting Menyadari Sifat Ini?
a. Menumbuhkan muraqabah (merasa diawasi Allah).
b. Menghindari dosa ketika sendirian.
c. Menjadikan ibadah dan pekerjaan lebih ikhlas.
Apa Dampak Kesadaran Al-Baṣīr ?
a. Tidak mudah tergoda maksiat.
b. Ikhlas beramal karena Allah tahu niat kita.
c. Berhati-hati dalam perkataan dan perbuatan.
Bagaimana Cara Praktis Menghadirkan Kesadaran Al-Baṣīr
a. Dzikir Harian: Ucapkan “Ya Baṣīr, perlihatkan aku jalan yang Engkau ridai.”
b. Self-talk sebelum berbuat: “Apakah aku berani melakukan ini di hadapan Allah?”
c. Latihan 5 Detik: Saat ingin berbuat salah, berhenti 5 detik dan ingat Allah sedang melihat.
d. Gunakan Penglihatan untuk Kebaikan: Membaca Qur’an, melihat yang halal, menahan pandangan dari yang haram.

Saya tutup dengan obrolan ringan dari sahabat saya 
Obrolan Ringan: Mamat, Myra, dan Bujang
Mamat: “Wah, ujian online lagi minggu depan. Enak nih, nggak ada pengawas!”
Bujang: “Enak apanya, Mat? Jangan sampai curang. Allah kan Maha Melihat.” 
Myra: “Betul. Kita belajar bukan cuma untuk nilai, tapi untuk ilmu yang berkah. Kalau nyontek, dapat nilai tapi hati gelap.”
Mamat: “Hmm, iya juga. Jadi, kalau nggak ada pengawas, pengawasnya Allah, ya?” 
Bujang: “Persis! Makanya orang yang sadar Al-Baṣīr itu nggak bisa main-main, meski sendirian.”
Myra: “Kalau kita jaga amanah kecil ini, nanti Allah bukakan bashīrah, kita lebih mudah ngerti pelajaran.”
Mamat: “Oke, deal! Belajar serius, biar Allah kasih cahaya ilmu.”

Insya Allah tulisan di atas bisa menjadi inspirasi dan juga motivasi diri untuk mengenal Allah lebih dekat. Tak ada hasilnya jika tidak memberdayakan diri dengan memahami dan mempraktekkannya. Praktek dalam segala hal sepanjang hari kita. Inilah yang dikenal dengan motivasi islam. Masihkah ada waktu kita untuk menghadirkan selain Allah ?

Sahabatmu
Munir Hasan Basri





Jumat, Juli 25, 2025

Melihat dan Maha Melihat

Salam bahagia selalu dan Insya Allah kebahagiaan itu tercurahkan kepada kita dari sisi Allah.

Hari ini saya menulis tentang Allah itu Maha Melihat. Mungkin ada yang sudah paham dan mungkin ada yang penasaran sudah paham kok dibahas. Tetapi yang sudah paham pun begitu tidak mudah mengamalkannya, karena kaitannya hanya antara kita dengan Allah saja. Apa yang kita perbuat sehari-hari selama ini tidak memperhitungkan bahwa Allah itu Maha Melihat, buktinya kita masih melakukan yang dilarang Allah dan tidak berbuat yang terbaik.


Masih ingat tentang ihsan ? masih dong, lalu Apa itu ihsan ? Dalam hadits Jibril yang terkenal, Rasulullah ﷺ menjelaskan: "Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu." (HR. Bukhari dan Muslim)

👁️ Hubungan Ihsan dengan “Melihat” dan “Dilihat”
1. Seolah-olah Melihat Allah dalam ibadah. Ini adalah tingkatan tertinggi dalam ibadah. Seorang hamba beribadah dengan kesadaran penuh, seakan-akan ia sedang berhadapan langsung dengan Allah.
Ini melahirkan kekhusyukan, keikhlasan, dan cinta dalam ibadah.
2. Jika Tidak Bisa, Maka Yakin Allah Melihatmu. Ini adalah tingkatan minimal dari ihsan. Meskipun kita tidak bisa membayangkan Allah secara fisik, kita tetap sadar bahwa Allah Maha Melihat (Al-Baṣīr) dan Maha Mendengar (As-Samī‘).
Kesadaran ini mendorong kita untuk:
a. Menjaga amal dan niat
b. Menjauhi maksiat meski dalam kesendirian
c. Berbuat baik meski tidak dilihat manusia


Ihsan adalah bentuk tertinggi dari iman dan ibadah. Ia sangat erat dengan sifat Allah sebagai Al-Baṣīr dan Al-Samī‘.
Semakin kuat keyakinan kita bahwa Allah melihat dan mendengar, semakin tinggi kualitas ihsan kita.

Menerapkan ihsan ini sangatlah tidak mudah, bayangkan fungsi mata yang melihat itu tidak bisa melihat Allah maupun telinga yang juga tak mampu merasakan keberasaan Allah. Kalau begitu kita mesti bagaimana ?

Ihsan dapat kita fungsikan mata dan hati, dan pendengaran dan hati. Hati yang mampu merasakan kehadiran Allah. Inipun kita mesti memiliki hati yang bersih. Bagaimana kalau bersih ? Yang bisa kita lakukan adalah pada saat itu kita telah sungguh-sungguh menuju Allah dengan meniadakan kepentingan lain selain Allah, membersihkan diri dengan mengawali dengan istighfar dan fokus untuk Allah. Terakhir kita mesti mengikhlaskan apa yang kita kerjakan baik itu ibadah ataupun kerja. Mungkin masih kita tafsiran hanya berharap kepada Allah, tapi ini saya berpikir ... bagaimana kalau kita ibadah tidak berharap apa-apa dari Allah, kita pasrahkan menyerahkan kepada Allah apa yang Allah kehendaki kepada kita.

👁️ Kaitan Ihsan dengan Allah Maha Melihat
1. Kesadaran Spiritual
Ihsan mengajarkan kita untuk beribadah seolah-olah melihat Allah, dan jika tidak mampu, maka yakin bahwa Allah melihat kita. Ini langsung berkaitan dengan sifat Al-Baṣīr, yang berarti Allah melihat segala sesuatu—baik yang tampak maupun tersembunyi.
“Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”
(QS. Al-Ahzab: 9)
2. Pengawasan Ilahi
Dalam ihsan, kita menyadari bahwa tidak ada amal yang luput dari penglihatan Allah. Ini mendorong kita untuk:
a. Ikhlas dalam beramal
b. Menjaga perilaku meski tidak dilihat manusia
c. Menghindari maksiat meski dalam kesendirian
3. Kualitas Ibadah
Ketika kita sadar bahwa Allah melihat kita, ibadah menjadi lebih khusyuk, terarah, dan bermakna.
Ini adalah inti dari ihsan: beribadah dengan kesadaran penuh akan kehadiran Allah.

Konsep Ihsan, Al-Baṣīr
Sifat Allah      : Seolah-olah melihat Allah
Dampak           Meningkatkan kekhusyukan
Sifat Allah       : Yakin Allah melihat kita
Dampak           :  Menjaga amal dan niat
Sidat Allah      : Pengawasan Ilahi
Dampak           : Meningkatkan integritas pribadi

👁️ Ayat Al-Qur'an tentang Allah Maha Melihat (ٱلْبَصِيرُ)
1. QS. Al-Ahzab [33]: 9
"Dan adalah Allah Maha Melihat akan apa yang kamu kerjakan."
2. QS. Al-An’am [6]: 103
"Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan."

Dua ayat di atas sudah cukup buat kita mesti mikir 2 kali untuk berbuat sesuatu, menjadi orang yang ikhlas berbuat yang baik dan mencegah perbuatan keji dan mungkar. 
Biasanya kita mesti berpikir apa yang kita kerjakan itu kepada orang lain, tapi saya berpikir lebih dalam bagaimana kita berpikir tentang apa yang kita kerjakan terhadap diri sendiri.
Misalkan, apakah kita masih mau malas denan santi atau menunda pekerjaan atau tidak bekerja tuntas atau kerja seadanya atau bekerja dengan perasaan kesel atau terpaksa ... Semua ini kan dilihat Allah, baik yang lahir (yang nampak) maupun yang tersembunyi (batin). Inilah yang mesti kita bangun dengan selalu berzikir Ya Baṣīr agar kita selalu merasa dilihat dan diawasi.

👁️ Makna dan Kisah tentang Al-Baṣīr (ٱلْبَصِيرُ) – Maha Melihat
📖 Makna : Allah Maha Melihat segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tersembunyi. Dia melihat amal, niat, dan isi hati manusia tanpa alat bantu dan tanpa batas.
📜 Contoh dalam Al-Qur'an
Dalam Surah Al-Isra’ ayat 1, Allah menyebut:
“Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”
Ini menunjukkan bahwa Allah menyaksikan segala peristiwa, termasuk perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad ﷺ 3.
Pelajarannya : Tidak ada yang luput dari penglihatan Allah, termasuk amal tersembunyi.
Kita diajak untuk berbuat baik meski tidak dilihat manusia, karena Allah selalu melihat.
Al-Baṣīr kadang dipasangkan dengan Al-Laṭīf (Maha Lembut) atau Al-Khabīr (Maha Mengetahui secara mendalam)

Renungan :
Allah Melihat pasti berbuat atas apa yang kita kerjakan dan jangan pernah merasa Allah mendiamkan saja.
Apakah kita masih tidak membersihkan diri di awal pagi untuk melaksanakan subuh ??? Masak sih kita Subuh belum mandi ?
Apakah kita masih membiarkan ruangan atau rumah yang tidak bersih atau berantakan ?? Bukankah Allah mencintai orang yang bersih dan rapi ... sebagian dari iman.
Apakah kita masih mau menunda apa yang seharusnya kita lakukan ? Apakah kita masih berkata dalam hati dengan alasan tertentu atau Allah juga maklum ?
Apakah kita ibadah dan kerja yang tidak didukung ilmu dan keimanan yang benar sehingga semua itu dilakukan seadanya (menggugurkan kewajiban) ??? Allah kan melihat isi hati kita.
Apakah kita masih berbuat baik itu ada maksudnya (menguntungkan diri kita sendiri dan merasa nyaman) ?? sehingga kita tidak ikhlas. Allah mengetahuiNya.
Memang kadang kita sadar kepada Allah yang Maha Melihat, Insya Allah kita jadi orang baik. Tapi untuk menjaga kesadaran tidak mudah dan seringnya kita "lalai" atau lupa sehingga tidak merasa lagi Allah itu mengawasi. Untuk itu latihlah untuk sadar kepada Allah, khususnya Allah yang Maha Melihat agar perilaku kita terjaga dengan iman.
Ini adalah catatan belajar untuk menyadarkan kita selalu kepada Allah. Insya Allah ilmu dan pemahaman petunjuk Allah itu dapat membuka hijab yang selalu mengajak kita untuk sesuatu yang tidak baik. Tidak lain selalu ingin mensucikan diri (hati) agar kita mampu merasakan diri diawasi Allah. Proses ini adalah upaya untuk memberdayakan diri menjadi semakin baik. Wajar kita memanfaatkan petunjuk Allah sebagai motivasi diri, yang kita kenal sebagai motivasi islam. Tidak ada yang sia-sia dari ciptaan Allah.

Sahabatmu
Munir Hasan Basri 
artikel dan kisah yang menggambarkan makna mendalam dari Asmaul Husna Al-Samī‘ (Maha Mendengar) dan Al-Baṣīr (Maha Melihat):


🕊️ Makna dan Kisah tentang Al-Samī‘ (ٱلسَّمِيعُ) – Maha Mendengar

📖 Makna

Allah Maha Mendengar segala sesuatu—baik yang keras maupun yang pelan, yang terang-terangan maupun yang tersembunyi. Bahkan bisikan hati pun didengar oleh-Nya. Pendengaran Allah tidak terbatas oleh ruang, waktu, atau bahasa


📜 Kisah: Khaulah binti Tsa’labah

Dalam Surah Al-Mujadilah ayat 1, Allah menyebut bahwa Dia mendengar keluhan seorang wanita bernama Khaulah binti Tsa’labah yang mengadukan masalah rumah tangganya kepada Rasulullah ﷺ.


“Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya...”

Ini menjadi bukti bahwa Allah mendengar keluhan hamba-Nya, bahkan sebelum Rasulullah ﷺ selesai mendengarkan1.


💡 Pelajaran:

Allah mendengar doa dan keluhan kita, bahkan yang tidak terucap.

Kita diajak untuk menjaga ucapan dan memperbanyak doa dengan keyakinan bahwa Allah mendengar.


 Isi Booklet Inspiratif (Siap Cetak atau Salin ke Word/PDF)
🕌 Judul: Kisah Inspiratif Asmaul Husna
Tema: Maha Mendengar (Al-Samī‘) & Maha Melihat (Al-Baṣīr)

📜 Kisah Khaulah binti Tsa'labah
Dalam Surah Al-Mujadilah ayat 1, Allah menyebut bahwa Dia mendengar keluhan seorang wanita bernama Khaulah binti Tsa'labah yang mengadukan masalah rumah tangganya kepada Rasulullah ﷺ.

“Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya...”
(QS. Al-Mujadilah: 1)
قَدْ سَمِعَ ٱللَّهُ قَوْلَ ٱلَّتِى تُجَٰدِلُكَ فِى زَوْجِهَا

🌟 Renungan Al-Samī‘ (Maha Mendengar)
Allah mendengar segala ucapan dan bisikan hati.
Kita tidak pernah sendiri—Allah selalu mendengar.
Jaga lisan dan perbanyak doa dengan keyakinan.
👁️ Renungan Al-Baṣīr (Maha Melihat)
Allah melihat semua amal dan niat, bahkan yang tersembunyi.
Berbuat baik meski tidak dilihat orang lain.
Tidak ada yang luput dari penglihatan-Nya.
📖 Ayat Al-Qur'an Terkait
QS. Al-Baqarah [2]: 127 – Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui
QS. Al-Ahzab [33]: 9 – Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan
QS. Al-Isra [17]: 1 – Allah Maha Mendengar dan Maha Melihat
🧭 Aplikasi Praktis
Dzikir harian: “Ya Samī‘” dan “Ya Baṣīr”
Menjaga ucapan dan niat
Berbuat baik secara konsisten
Memohon dengan keyakinan bahwa Allah mendengar dan melihat

Selain kisah Khaulah binti Tsa'labah, ada beberapa kisah dan penjelasan dalam Islam yang menggambarkan sifat Allah sebagai Al-Samī‘ (Maha Mendengar) dan Al-Baṣīr (Maha Melihat):


🕊️ Kisah dan Penjelasan tentang Al-Samī‘ (Maha Mendengar)

📜 1. Doa Nabi Zakariya

Dalam QS. Maryam: 3-4, Nabi Zakariya berdoa dengan suara lembut memohon keturunan:


“Ketika ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut...”

Ini menunjukkan bahwa Allah mendengar doa yang lirih sekalipun.


Pelajaran: Allah mendengar doa yang tulus, bahkan yang tidak terdengar oleh manusia lain.


👁️ Kisah dan Penjelasan tentang Al-Baṣīr (Maha Melihat)

📜 2. Kisah Nabi Musa dan Fir’aun

Dalam QS. Taha: 46, Allah menenangkan Nabi Musa dan Harun saat menghadapi Fir’aun:


“Janganlah kamu berdua takut, sesungguhnya Aku bersama kamu berdua; Aku mendengar dan melihat.”


Pelajaran: Dalam situasi sulit, Allah hadir, mendengar dan melihat perjuangan hamba-Nya.


📖 Penjelasan Ulama tentang Al-Baṣīr

Menurut Imam Al-Muzani dan ulama tafsir lainnya 1:


Allah melihat segala sesuatu, bahkan yang paling kecil dan tersembunyi.

Nama Al-Baṣīr disebut lebih dari 40 kali dalam Al-Qur'an.

Allah melihat amal manusia dari segala sisi, dan akan memberikan balasan sesuai hikmah-Nya.

2 : 127,137,181. 2:224,227,244,256. 3:34,121. 4:58,134,148. 5:76. 6:31,115. 7:200.

8:17,42


Kamis, Juli 24, 2025

Siapa saya ??

 Salam sejahtera dan bahagia selalu. Insya Allah selalu tercurahkan rahmat Allah kepada kita semua. 

Hari ini saya ingin berbagi tentang siapa saya ? Sebenarnya siapa saya adalah apa yang ada dalam pikiran saya. Hal berkaitan dengan apa yang pernah kita pelajari dan apa yang telah kita lakukan. Dan bisa juga merupakan apa yang kita impikan belum tercapai. Semua itu tersimpan dalam memori pikiran (alam bawah sadar). Karena hal inilah semua itu menentukan siapa saya (kita).



Sebagai contoh, seseorang yang latar belakangnya hidup di kota dan gaya hidup anak-anak muda. Maka kalau soal makan, orang ini sama mengenal dan biasa makan di resto. Bisa jadi harga di resto itu murah bagi dia. Karena dia sudah terbiasa makan di resto itu. Sebaliknya orang desa dengan latar belakang hidup sederhana di desa, maka makan itu paling mentok makan di warung saja. Karena memang tidak punya uang banyak. Kalau kedua orang ini ditanya tentang makanan yang enak dimana ? Orang kita jawab,"makan di resto" dan apa jawaban anak desa ? Dia menjawab "makan di warung". Siapa saya adalah jawaban itu. Bagi anak kota, siapa saya ? Dalam makan pilih tempat makan, siapa saya adalah resto. Makanan di resto itu telah menjadi kebiasaannya, artinya siapa saya adalah kebiasaan saya. Sama juga dengan anak desa, siapa saya adalah kebiasaannya juga, yaitu saya adalah warung makan. Atau bisa jadi juga orang yang belum kesampaian makan di tempat tertentu, dia menjawab dengan saya adalah tempat tertentu tersebut. Kebiasaan-kebiasaan lain membentuk diri seseorang dan menjadi memori dalam pikiran kita. 

Mengapa itu terjadi ? Sebenarnya kita sudah dibentuk oleh kebiasaan itu yang tersimpan dalam memori. Hal ini terjadi karena otak kita bekerja otomatis. Sinyal yang masuk ke dalam pikiran selalu dicarikan kesesuaian dengan memori. Tanpa banyak berpikir lagi memori itu langsung keluar dan muncullah dalam ucapan ataupun tindakan kita. Disinilah kita kehilangan kesadaran siapa saya. Seharusnya jika kita sadar, maka kita tidak langsung menjawab apapun sinyal yang masuk ke dalam pikiran kita. Saat menerima sinyal atau ada yang bertanya, maka kita memiliki pilihan untuk mencerna dulu apa yang terjadi. Misalkan pertanyaan yang sama ditanya dimana makan yang enak. Maka pertanyaan dicerna dengan seksama, tentang makan dan tempat. Ada dua hal yang berbeda, makanan yang enak dan lokasi yang enak. Pikiran bertanya, mau makannya yang enak atau tempatnya yang enak. Apalagi orang yang ditanya pernah diceritakan makanan yang enak di suatu tempat. Maka siapa saya menjadi terlihat "aneh" yang sebagian orang. Siapa saya adalah makanan yang enak, atau siapa saya adalah tempat makan yang enak.

Apakah orang yang sudah terbiasa (kebiasaannya) itu baik buat dirinya ? Yang pasti orang ini merasa nyaman aja, dan pilihannya tidak ada yang lain. Tapi menjadi kuran update karena tidak mau melakukan yang berbeda atau mengganti kebiasaannya dengan yang baru. Hidup ini dinamis dan mesti berkembang. Maka siapa sayanya juga mengikuti untuk menjadi semakin baik. Biasanya orang itu tidak berkembang dengan baik lagi saat dia sudah merasa sudah kerja setelah melewati perjalanan pendidikan (ilmu). Kehidupan yang dijalaninya adalah kebiasaan-kebiasaan yang sudah terbentuk sebelumnya. Umumnya Kebiasaan yang utama tetap selalu ada dan mau tidak mau dia merubah kebiasaannya karena bergaul dengan orang yang dinamis. 

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah iya kebiasaan itu tak perlu berubah. Sepantasnyalah kita menjadi orang yang update untuk menjadi semakin baik, siapa saya nya ? Saya yang update terus. Bukankah kita ini adalah bagian yang dunia yang pasti berubah setiap saat dan mau tidak mau mesti mengikutinya. Yang terpenting adalah saya adalah saya yang baik dan bener. Inilah yang menjadi dasar siapa saya, sesuatu yang bener dan mutlak untuk mengikuti perubahan yang terjadi.

Oh ya, yang kurang menyenangkan dari kebiasaan itu adalah tidak mikir lagi. Serba otomatis, apapun sinyalnya respon atau sikap kita selalu sama. Padahal tidak selalu demikian, setiap sinyal yang masuk ke dalam pikiran kita itu bisa sama tapi latar belakangnya berbeda. Orang yang dinamis itu selalu ingin berpikir dan memberi hasil yang terbaik. Sebagai contoh masih tentang dimana makanan yang enak ? Maka mungkin yang bertanya bermaksud ingin mengajak orang untuk makan di rumahnya, Gratis dan enak lagi (masakan rumahan). Maka dibalik latar belakang pertanyaan tersebut sangat memberi peluang untuk,"Mengapa kita tidak makan di rumah aja, bila perlu kita masak bareng. pasti menyenangkan". Bukankah hal ini sangat menarik dengan tidak melulu kebiasaan yang ada.

Jadi siapa saya dimasa kecil menjadi tidak sama dengan siapa saya di masa kuliah atau sudah kerja. Tetapi masih ada yang samanya adalah orangnya santun. Itulah dasar perubahannya tidak berubah, adalah kebaikan, yang bener, yang baik. Dasar yang baik itu berasal dari Sumber kebaikan, yaitu Allah. Dan yang luar biasanya lagi adalah hampir standard santun itu sama bagi semua orang. Itulah Allah, adalah sumber yang sama. 

Kebiasaan itu baik, tapi teruslah untuk berpikir untuk mendapatkan yang update sehingga kita bisa menikmati apa yang kita lakukan dengan menyenangkan. Kebiasaan hanya mentrigger kita untuk memulai dan di saat itu kita mulai berpikir sesuai ilmu yang kita miliki. Disinilah peran ilmu yang bisa merubah kebiasaan sebelumnya menjadi kebiasaan yang semakin baik. Tanpa ilmu semua itu tak mudah untuk dilewati. Maka dari itu belajar tentang ilmu baru (yang baik) adalah proses yang tak pernah berhenti. Inilah alasannya mencari ilmu sampai mati, karena memang kita membutuhkan kehidupan yang semakin baik.

Inilah sisi lain dari siapa saya ? Saya tidak pernah berhenti untuk menyempurnakan ilmu tentang siapa saya. Bisa jadi ilmu hari ini bukanlah yang terbaik untuk mengatakan siapa saya, tapi sangat mungkin ilmu di hari berikutnya. Ilmu itu bisa dari banyak orang dengan latar belakang yang berbeda, mari sikapi semua itu menjadi kewajiban kita untuk bersama meraih yang semakin baik.

Insya Allah saya dapat mengambil hikmat dari tulisan saya ini dan bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang membaca. Tidak lain saya ingin memberdayakan diri saya sendiri untuk hidup semakin bermakna. Inilah motivasi islam yang selau saya pegang dan menjadi motivasi diri yang baik untuk diamalkan. 

Sahabatmu
Munir Hasan Basri

 

Rabu, Juli 23, 2025

Latar belakang Training kesadaran kepada Allah

 Salam bahagia selalu dan Insya Allah kita diberikan Allah hati yang tenang agar dapat kerja yang menyenangkan. 
Hari ini saya berbagi tentang training yang bawakan untuk umum, perusahaan dan siapa saja yang ingin meningkatkan produktivitas diri. Tidak produktivitas yang ditingkatkan tapi selalu ada dorongan yang tidak terpaksa untuk melakukannya. Intinya adalah bagaimana seorang muslim menselaraskan iman dan kerja. 
Emangnya kenapa training ini dilakukan ? Saya melihat dan saya sendiri pernah mengalaminya, dulu. Apa yang saya lihat ? Saya melihat diri saya sendiri, iman untuk menjadi hamba yang taqwa itu tidak sejalan dengan apa yang kerjakan di kantor. Bahkan ada yang tidak pas, dimana salat saya dilaksanakan untuk memperlancarkan kerjanya dengan hasil terbaik. Menurut saya, salat saya ini tidak murni ikhlasnya. Bukankah salat itu ibadah yang dijalankan dengan memurnikan hati yang ikhlas kepada Allah. Kalau ada masalah, maka salatnya kenceng. Nggak salah tapi kurang oke aja. "Ada udang dibalik batu". Dalam Al Qur'an disindir "kalau ada masalah lalu mengadu dan berdoa kepada Allah, setelah masalahnya selesai ... salat dan doanya kembali seperti biasa".Bagaimana dengan Anda ? Miriplah. 
                          
Lebih lanjut membaca fakta keluhan banyak orang, mempertanyakan atau bisa dikatakan "keluhan". Apa itu ? Mengapa saya yang sudah ibadah, salatnya lengkap dari wajib dan  sunnahnya dan sudah juga berdoa serta beramal, tapi kok belum mencapai apa yang saya inginkan (sukses) ? Saya sebenarnya tidak untuk menjawab alasannya. Tapi bila direnungkan bisa jadi Allah menguji kita atau lebih kenanya karena memang iman kita masih belum kuat sehingga hadir keraguan di hati yang menyebabkan kita belum maksimal ibadah dan kerjanya. 

Atas dasar hal di atas, saya berinisiatif belajar kembali agama dan ilmu pekerjaan saya. Apa yang terjadi saat saya hanya mengandalkan agama yang kuat tapi tidak berilmu juga dalam pekerjaan, maka hasil dari pekerjaan saya bisa membuat lemah iman. Misalkan gaji yang tidak meningkat, padahal menurut kita sudah hebat kerjanya (kerja sesuai permintaan). Tak ada yang lebih kerja sesuai deadline dan sesuai apa yang diminta. Apa yang terjadi ? Ibadah dan doa saya yang diharapkan memberi percepatan kerja yang maksimal tidak terjadi (belum dikabulkan). karena iman saya tidak kuat juga, iman itu pun melemah. Hanya sekedar iman. Untuk mengatasi hal ini saya pun mesti hebat dalam ilmu pekerjaan, sekalipun tidak diminta. Memberi yang terbaik dan dinamis setiap saat (berubah) sehingga apa yang saya kerjakan melebihi harapan dari atasan saya. Apa akibatnya ? Saya dipercaya dan Allah izinkan dengan ibadah dan doa saya menjadi nyata dengan perbaikan pendapatan. Saat seperti inilah saya menyelaraskan iman dan kerja dalam satu garis lurus. BUkankah iman itu perlu pembuktian ? Pembuktiannya adalah lewat ibadah, doa dan kerja yang berkualitas. 
Ternyata saya menemukan sendiri petunjuk dari Allah, rasanya tidak mungkin jika saya sudah beriman tapi kok amalannya tidak hebat. Ada yang kurang pas. Maka Iman itu percaya, kemudian Islam itu yakin dan semakin sempurna dengan ihsan. Ihsan inilah yang mendasari kesadaran yang saya maksud. Selama ini saya fokus pada iman dan islam. Bayangkan saat saya sadar kepada Allah, apa yang terjadi ? Saya merasa dilihat dan diawasi Allah dan para malaikatnya. Dengan iman yang ada, saya jadi menjaga sikap dan perilaku saya. oh ya, Ihsan seperti ini masih kelas dua, yang lebih tinggi lagi adalah kita seolah melihat Allah. Penerapan ihsan yang bener menyebabkan saya pasti ingin berbuat yang baik (amal saleh). Saya pasti takut melakukan ketidaktaatan kepada Allah, dimana sekecil apapun dibalas Allah. Ada perkataan saya terkendali melakukan hal baik (amal saleh), semakin banyak saya berbuat baik ... saya pun merasakan dampak hasil positifnya. Apa yang terjadi ? hasil yang saya peroleh dari berbuat baik itu semakin menguatkan iman saya. 
Dapat saya simpulkan bahwa saat saya bekerja yang bener (efektif dan efisien) dan juga meningkatkan nilai ibadah yang saya lakukan. Semua ini karena saya merasa ada Allah, di awasi Allah dan dilihat. Hasilnya saya mendapatkan kebaikan dari perbuatan baik itu dan menguatkan keimanan saya. Selanjutnya ? Saya semakin kuat beribadahnya. Dengan kata lain, semakin kuat saya mengejar dunia nafkah saya, maka semakin besar pula saya meningkatkan ibadah saya (iman saya). Dari pengalaman inilah saya ingin berbagi kepada siapapun tentang penerapan kesadaran kepada Allah ini dalam dunia kerja atau kehidupan kita. Output yang dihasilkan adalah semakin produktif dalam bekerja atau beraktivitas.
Dengan pengalaman saya sebagai trainer profesional, maka saya buatkan pelatihan kesadaran kepada Allah. Awalnya saya memberi judul kesadaran spiritual, tapi akhirnya saya menggantinya dengan kesadaran kepada Allah karena khawatir terjadi kesalahpahaman. Kata spiritual sudah menjadi bahasa umum dan kurang islami. Pelatihan ini sudah saya lakukan sejak 2006 sampai sekarang. Alhamdulillahirabbil alamin, pelatihan yang saya sampaikan memberikan dampak hampir di atas 90% kepada peserta.  
Insya Allah apa yang share dalam tulisan ini menjadi inspirasi, motivasi diri untuk menjadi semakin baik. Inilah cara saya memberdayakan diri saya untuk meningkat iman dan kerja saya. Orang bilang ini motivasi islam. 

sahabatmu
Munir Hasan Basri

Selasa, Juli 22, 2025

Apa iya waktu itu bisa diatur ?

 Salam bahagia selalu, Insya Allah selalu ada waktu untuk mengembangkan diri menjadi semakin baik hari ini.

Hari ini saya menulis tentang manajemen usaha dan waktu. Manajemen usaha dan waktu adalah dua hal yang berbeda, tapi saling berkaitan. Untuk itu saya membuat judulnya adalah apa iya waktu bisa di atur ? Mestinya waktu itu tidak bisa diatur, sudah berjalan sebagaimana mestinya. Kita mikir aja, waktu berjalan. Kalau kata manajemen waktu itu adalah memanage atau mengelola waktu dengan bener agar produktif. Sebenarnya mengelola waktu itu sebenarnya adalah manajemen kemampuan diri, mengelola kemampuan diri untuk bisa mengerjakan sesuatu dengan efektif dan efisien. Efektif berarti kemampuan dan apa yang kita kerjakan adalah paling tepat caranya, dan efisien menghasilkan waktu yang tepat. Oke dong, kalau ingin mengelola waktu mesti berfokus pada mengelola kemampuan diri. Dan soal waktunya adalah kita bisa menempatkan kemampuan kita pada waktu yang tepat, direncanakan dan diterapkan dengan benar.



Disisi lain ada manajemen usaha ??? Hal ini terkait juga dengan mengelola kemampuan yang menghasilkan kerja yang produktif. Artinya manajemen usaha adalah mengelola kerja-kerja yang produktif tadi agar menghasilkan usaha yang menguntungkan. Jadi hal ini, manajemen usaha dan waktu, dapat dikelola dengan baik dengan memfokus diri kita kepada mengelola kemampuan diri untuk menghasilkan kerja produktif. Agar kita bisa mengembangkan kemampuan diri untuk kerja produktif, maka perlulah kita mendalami dasarnya. Apa itu ? Siapa kita ? Dengan memaham siapa kita, maka kita potensi dan apa yang bisa kita lakukan. Sebagai contoh, siapa kita ? kita adalah orang yang baik. Maka kita tahu potensi sebagai orang baik sehingga kita tahulah cara menjadi orang baik. Orang baik itu pasti produktif, maka ini bisa jadi modal dan kemampuan untuk membangun usaha yang berkembang. Bahkan orang baik itu bisa melihat fasilitas yang ada menjadi sebuah alat yang bisa dimaksimalkan dalam mengerjakan sesuatu. Jadi saya disini, membahas manajemen usaha dan waktu yang berfokus kepada salah satu faktor pentingnya adalah mengelola diri, yang berujung kepada fokus siapa kita ?

Kalau ditanya siapa saya (kita) ? Banyak orang menjawab namanya, atau identitas dirinya seperti pernah sekolah atau kuliah dimana, tinggal dimana, orang tua siapa, atau kerja dimana dan sebagai apa. Banyak lagi jawaban sejenisnya. Bener nggak sih jawabannya ? Bener aja. Tapi kita perlu merenungkan bahwa identitas siapa saya itu merupakan identitas yang ada diluar diri. Identitas dari luar itu sangat relatif dan bukanlah diri kita sendiri. Kalau ditanya terbalik, apakah pekerjaan saat ini adalah saya (kita) ? Pasti bukanlah saya (kita), saya adalah saya. identitas luar itu sangat relatif karena bisa berubah yang tergantung pada diri kita. Bayangkan kalau identitas itu hilang atau berkurang, seperti saya adalah pemilik rumah mewah di komplek itu. Dengan tidak memliiki rumah lagi, maka saya (kita) pun menjadi "hilang" identitas. Lalu siapa saya ? Saya berikan contoh lagi, saat kita memiliki mobil dan mobil itu mengalami kecelakaan dan kitanya sih sehat. Apa respon kita terhadap kecelakaan itu ? Pasti kesel, marah dan mengeluh, kita tidak punya mobil lagi. Tapi kitanya tidak apa-apa, sehat bugar. Kok bisa kita marah ? Hal ini karena kita sudah merasa memiliki mobil itu dengan kuat yang membuat kita selama ini merasa nyaman. Rusak mobil itu mengganggu kenyaman kita, maka kita marah (emosional). Sekarang, apakah marah itu saya (kita) ? Pasti kita mengatakan tidak, tapi kita ingin disebut siapa saya adalah saya orang baik.  Lalu kita bertanya, kok bisa saya adalah orang baik ?? Bayangkan kalau saya orang baik terus, maka saya pasti kerja yang baik, bisa mengelola diri agar bisa kerja yang efektif dan efisien (produktif). Bisa usaha nggak ? Pasti dong, bisa mengelola waktu nggak ? pasti bisa. Berikut ini bagaimana kita menjawab saya adalah orang baik ?

Setelah meniadakan indentitas diri yang bukan diri kita, maka tersisa adalah saya adalah orang baik. Sebenarnya saya orang baik inilah yang membuat kita dapat memiliki identitas di luar diri kita, seperti  uang banyak, rumah, mobil dan sebagainya. Mari kita mulai dengan memahami referensi yang benar tentang diri kita, yaitu dengan Al Qur'an.

Ayat pertama ini Allah berfirman bahwa Allah mau menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi. Lalu ada feedback dari malaikat yang meragukannya, bukannya menjadi khalifah tapi malah membuat kerusakan dan pertumpahan darah. Lalu Allah menjawab bahwa "Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". Bisa jadi inilah kekuatan dari manusia dari makhluk lainnya.

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. [2] Al-Baqarah : 30)

Ayat selanjutnya Allah berfirman, tentang asal usul manusia. Dulu mati (tidak ada), lalu diciptakan (dihidupkan), dimatikan dan dihidupkan kembali. Apa yang kita pahami dari ayat ini adalah rasa bersyukur atas rahman Allah ini. Allahlah yang menciptakan kita BUKAN kita menciptakan diri kita sendiri.

Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan? (Al Baqarah, 2 : 28)

Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatu pun ataukah mereka yang menciptakan (diri mereka sendiri)?

(Ath Thuur, 52 : 35)


lalu Allah menjelaskan lebih detail tentang penciptaan manusia. Sebelum penciptaan manusia, Allah mengambil perjanjian dengan ruh Allah yang ditiupkan ke dalam manusia. Bahwa jangan lupa bahwa kita mengenal siapa pencipta kita, yaitu Allah. 

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka  dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berkata):” Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab:” Betul , kami menjadi saksi “ (Kami lakukan yang demikian itu) agar dihari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami orang orang yang lengah terhadap ini.
(QS, Al A’raaf, 7 : 172)

Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami(nya). (QS Al Mu’min, 40 : 67)

kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. (As Sajdah, 32 : 9)

Berawal dari tidak ada (mati), dari setetes mani dan sel telur menjadi quark, atom, molekul biokimia, sel, jaringan tubuh, organ tubuh, organisme manusia ... lalu Allah tiupkan ruhnya, jadilah manusia.

Dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan :
1. Kita atau saya sebagai manusia ini tidak ada apa-apa dihadapan Allah, tidak pantas kita sebagai manusia mengaku sebagai sombong dengan kehebatan, kepemilikan dan kekuasaan kita. Misalkan kita yang memiliki jabatan presiden atau orang kaya triulunan uangnya, bandingkan Allah yang memiliki tak terhingga nilanya. Maka berapapun angka kalau dibagi atau dibandingkan dengan tak terhingga maka hasilnya NOL. Manusia itu tidak ada, hanya ada ruh ciptaan Allah yang ditiupkan tubuh kita. 
2. Siapa kita ... hamba Allah yang jadikan khalifah di bumi. 
3. Tentunya Allah telah memberi amanah kepada kita agar kita mengabdi kepadaNya. Amanah itu sesuai dengan pilihan apa yang kita pilih dalam hidup ini. Dan yang pasti Allah meminta pertanggungjawabkannya.

Sadarkah dengan hal di atas ? Jika saat kita menyadari semua hal di atas, maka siapa kita ? Saya adalah hamba Allah yang memiliki amanah di bumi dengan mengabdi kepada Allah dengan jalan hidup yang kita pilih, sebagai apapun kita.
Apa yang terjadi saat kita SADAR KEPADA ALLAH tentang siapa saya ? Yang pasti kita mengabdi kepada Allah dengan bekerja sesuai jalan hidup kita. Misalkan menjadi seorang isteri dari pasangannya. Maka tanggung jawab isterinya dipersembahkan kepada Allah. Boleh nggak kalau tidak bertanggung jawab ? Boleh saja, tapi tidak dirahmati Allah ... neraka tempatnya. Sebaliknya saat sadar kepada Allah dan benar-benar menjadi isteri bagi pasangannya, maka Allah balas dengan pahala di dunia dan di akhirat ... Surga. Inilah mengapa kita bisa berbuat baik ? Seperti yang dijelaskan tentang siapa saya ? Kita dibekali Allah dengan iman, lalu petunjuk Al Qur'an, dan alam ini ditundukkan untuk manusia.  Apakah kita tidak berbuat baik terus ? Pastinya kita berbuat baik dan itu adalah jalan ketaqwaan. Jalan taqwa itu adalah level tertinggi manusia yang terus menjaga perbuatan baiknya. Selama kita sadar tentang siapa saya ? 

Allah menyebut orang yang menjaga selalu dalam kebaikan itu adalah orang yang selalu mendapatkan petunjukNya dan Allah sebut sebagai orang yang beruntung, muflihun, yang mana mereka tidak merasa khawatir dan tidak bersedih hati, Orang yang bahagia dan sukses.

Kita yang sadar kepada Allah, siapa saya ? Maka selalu menjaga bersikap dan berperilaku yang baik, kerja yang bener. Kalau kita sebagai karyawan, maka kita menunjukkan karyawan terbaik di hadapan Allah. Kalau kita sebagai pengusaha. maka kita pasti mengelola dengan bener usaha kita (terbaik) dihadapan Allah. Ibadah dan kerja yang produktif inilah yang mengantarkan kita mampu mengelola diri dengan bener. 

Insya Allah dengan sadar kepada Allah tentang siapa saya ? Maka kita menjadi khalifah (wakil Allah) yang sangat bertanggung jawab kepada PenciptaNya dengan menunjukkan kerja yang berkemampuan tinggi (terbaik). Proses ini adalah upaya memberdayakan diri dengan motivasi islami. Langkah motivasi diri yang baik untuk diterapkan.

Senin, Juli 21, 2025

Jangan buru-buru minta tolong ?

Salam bahagia selalu, Insya Allah kita selalu bisa menikmati kebahagiaan hari ini.

Hari ini ada yang mengganjal saya dalam kehidupan sehari-hari, perhatikan hal berikut :


Saat sakit, kita buru-buru ingin cepet sembuh. Apa yang dilakukan ? Istighfar dan mohon maaf kepada Allah, lalu kita bersegera untuk berobat ke dokter. Dengan membaca Bismillah kita minum obat dan berharap kepada Allah bisa sembuh (berdoa). Semua itu dilakukan segera setelah sakit ... itulah reaksi cepat kita lakukan dan terus sampai kita sembuh.


Bagaimana kalau kita mengalami kesulitan ? Hampir mirip, banyak beribadah dan berdoa. Bekerja lagi dan lagi, dimana kerja kita masih sama. Kita mudah percaya bahwa ibadah dan doa itu lebih cepat menjadi solusi atas kesulitan. Apakah kita mau banyak belajar dan memahami kesulitan kita ? Belajar ilmu yang dapat mengantarkan kita kepada kemudahan.

Kesulitan itu bisa kita mengalami kekurangan pendapatan, dimana kebutuhan lebih besar dari apa yang kita dapatkan. Hal ini berdampak kepada sakit karena tidak cukup uang untuk membeli makanan. Kesulitan itu ditunjukkan pula oleh stress pekerjaan karena memang tidak cukup ilmu menyelesaikannya atau tidak bisa memenuhi waktu kerja yang semakin cepat. 

Kata kunci solusinya adalah banyak ibadah dan berdoa kepada Allah, segera dan terus dilakukan. Sikap dan perilaku ini terus dilakukan sampai masalah kita selesai. Tidak ada yang salah ...

Renungkan ayat berikut ini 

Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong) mereka, kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatannya). (QS. [15] Al-Hijr : 3)

Bisa jadi ayat ini adalah kisah kita dimana apa yang kita lakukan adalah mengejar dunia, yang memudahkan kita lalai kepada Allah dan Allah membiarkannya. Lalu sakit, stress, kekurangan yang kita alami sekarang adalah akibatnya. 
Selanjutnya Allah mengingatkan kita memang ada kehidupan dunia ini, tapi ada tempat kembali yang baik yang mesti kita persiapkan. Bukan sekedar kesenangan dunia, tapi jadikan apa yang kita inginkan berbuah ibadah dan bekal kehidupan kita di akhirat nanti (kehidupan yang sebenarnya).

Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik. (QS. [3] Ali 'Imran : 14)

Berikut ini kutipan lagu Assalamu 'alaikum nya Oppick 
Assalamu 'alaikum ya akhti.. ya ukhti..
Salam-salam hai saudaraku
Smoga Allah merahmatimu
Salam-salam wahai semua
Smoga hidup jadi bahagia
Bila hati terasa sedih
Bila jiwa terasa hampa
Mungkin kita sudahlah lupa
Berzikir tenangkan jiwa
Assalamu 'alaikum ya akhi.. ya ukhti..
Assalamu 'alaikum ya akhti.. ya ukhti..
Bila langkah sempit dunia
Rejeki dicari alangkah susah
Mungkin kita sudahlah lupa
Sedekah lapangkan harta
Dalam hidup semua bekerja
Kadang salah bahkan berdosa
Jangan-janganlah putus asa
Ampunan Allah selalu terbuka
Assalamu 'alaikum ya akhi.. ya ukhti..
Assalamu 'alaikum ya akhti.. ya ukhti..
Assalamu 'alaikum ya akhti.. ya ukhti..
Assalamu 'alaikum ya akhti.. ya ukhti..
Salam-salam hai saudaraku
Smoga Allah merahmatimu
Salam-salam wahai semua
Smoga hidup jadi bahagia
Dalam hidup tiada sempurna
Kadang khilaf kadang terlupa
Jangan-janganlah putus asa
Ampunan Allah selalu terbuka
Assalamu 'alaikum ya akhti.. ya ukhti..
Assalamu 'alaikum ya akhti.. ya ukhti..
Assalamu 'alaikum ya akhti.. ya ukhti..
Assalamu 'alaikum ya akhti.. ya ukhti..
Bila hati terasa sedih
Bila jiwa terasa hampa
Mungkin kita sudahlah lupa
Berzikir tenangkan jiwa
Dalam hidup semua bekerja
Kadang salah bahkan berdosa
Jangan-janganlah putus asa
Ampunan Allah selalu terbuka
Assalamu 'alaikum ya akhti.. ya ukhti..

lirik lagu ini adalah kita yang menjalani kehidupan ini. Ada yang lalai dengan petunjuk Allah, kehidupan dunia yang melalaikan. Bisa jadi hafal liriknya tapi hanya membaca (menyanyikan) nya saja, tetapi tidak memahami dengan hati. "Kalau juwa ini hampa, mungkin kita lupa berzikir", "Semua bekerja, kadang salah dan berdosa, tapi jangan putus asa untuk kembali kepada Allah dengan ampunannya", dan "rezeki susah dicari, mengapa kita tidak sedekah yang lapang rezeki". Atau sakitnya kita itu karena makan berlebih dan tidak menyehatkan.
Apa iya begitu ? Mestinya iya. Allah tidak pernah salah menentukan kehendaknya dan Allah tidak pernah menzalimi hambanya.

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami. (QS. [21] Al-Anbiya' : 35)
kehidupan ini adalah ujian dari Allah, hanya kita yang hanya menganggap kalau keburukan itu sebagai ujian atau azab, padahal keburukan itu adalah cobaan seperti halnya kebaikan. Kalau kebaikan kita anggap nikmat dari Allah, yang sering membuat kita lalai bersyukur. Akhirnya kita menerima balasannya. Bagaimana dengan keburukan ? Seperti dijelaskan di atas, kita terburu-buru bukan Sabar. Hadist berikut ini memberi hikmah yang besar bagi kita, keburukan yang kita terima hari ini adalah kebaikan agar kita semakin dekat kepada Allah.

"Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan padanya, maka Allah akan menimpakan musibah kepadanya."
Shahih al-Bukhari Hadits No. 5645
Diriwayatkan dari Abu Hurairah

Yang pertama adalah dihapusnya dosa.  Kalaulah kita sakit, apa iya langsung disembuhkan Allah segera ? Tentu untuk menghapus dosa itu perlu dirasakan sebagai akibat dosa kita. Bisa jadi sakitnya kita sekarang lebih ringan dari azab di akhirat nanti. Kalau langsung sembuh, apa iya kita menerima "azab" dari penghapusan dosa. Maka sikap yang bener itu adalah sabar.
 
“Tidaklah seorang Muslim ditimpa kepayahan, penyakit, kegelisahan, kesedihan, gangguan, dan kesusahan, bahkan duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapus dosa-dosanya dengan sebab itu.” 
(HR. Bukhari No. 5641 dan Muslim – Muttafaq ‘Alaih)  

“Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya. Barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar. Dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang lebih baik dan lebih luas daripada kesabaran.” (HR. Bukhari No. 1469)

Demikianlah Allah berfirman bahwa manusia itu menerima apa yang telah kita lakukan sebelumnya. Ini memberi peringatan kita untuk merenung bahwa mengevaluasi apa yang kita alami dengan ilmu yang bener.

dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, (QS. [53] An-Najm : 39)

Allah mengingatkan kita bahwa kehendak dan takdirnya itu adalah atas izinNYa.

“Tidak ada sesuatu pun yang terjadi kecuali dengan izin Allah.”
(QS. At-Taghabun: 11)

Jangan terburu-buru atas apa yang terjadi pada diri kita. Karena hanya Allahlah saja yang bisa melepaskan semua itu dan hanya kepadaNya pula kita bertawakkal :

Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana. (QS. [35] Fatir : 2)

Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada yang dapat mengalahkanmu, tetapi jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapa yang dapat menolongmu setelah itu? Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal. (QS. [3] Ali 'Imran : 160)

Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, tidak ada yang dapat menghilangkannya selain Dia. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. (QS. [6] Al-An'am : 17)

Oleh sebab itu, daripada terburu-buru meminta kita sembuh (kalau sakit) dan malah meminta kesembuhan itu dari obat (dokter), maka yang terbaik adalah Sabar, hati yang tenang dengan prasangka baik kepada Allah,
1. Berpikir dan memahami dengan hati
2. Ikhlas menerima apa yang terjadi
3. Memahami persoalan dan korelasinya dengan ilmu
4. Menemukan ilmu agar persoalan yang dihadapi dapat dilewati dengan perbuatan baik

Al-Baqarah ayat 155
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ
Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,
Al-Baqarah ayat 156
اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).

hadis tentang belajar ilmu ternyata mengantarkan kita kepada tindakan-tindakan positif (jalan ke surga),

"Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.": (HR. Muslim) 

Hadis ini berikut ini semakin mengajak kita mencari ilmu sesuai dengan apa yang kita hadapi. Kalau sakit, maka sepantasnya kita belajar tentang penyakit dan pola hidup sehat. Kalau stress, maka kita mesti mendalami kemahiran kita tentang ilmu bikin stress, dan seterusnya. Dan yang pasti mendahulukan kembali kepada Allah dengan memohon doa. 
"Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu.": (HR. Ahmad) 

 
Apapun yang terjadi itu adalah azab Allah, atau Ujian
Bukanlah tanda keburukan, melainkan tanda bahwa Allah menghendaki kebaikan baginya, Menghapus dosa-dosanya, Meninggikan derajatnya, Menguatkan iman

Inilah ayat yang membuat kita tidak bersikap sabar. Tidak sabar dengan tergesa-gesa yang telah menjadi sifat manusia, maka Allah tidak cinta dan tidak menemani orang yang tidak sabar. 
Fussilat ayat 49

لَا يَسْـَٔمُ الْاِنْسَانُ مِنْ دُعَاۤءِ الْخَيْرِۖ وَاِنْ مَّسَّهُ الشَّرُّ فَيَـُٔوْسٌ قَنُوْطٌ

Manusia tidak jemu memohon kebaikan, dan jika ditimpa malapetaka, mereka berputus asa dan hilang harapannya.

Al-Isra' ayat 11

وَيَدْعُ الْاِنْسَانُ بِالشَّرِّ دُعَاۤءَهٗ بِالْخَيْرِۗ وَكَانَ الْاِنْسَانُ عَجُوْلًا

Dan Manusia (seringkali) berdoa untuk kejahatan sebagaimana (biasanya) dia berdoa untuk kebaikan. Dan memang manusia bersifat tergesa-gesa.

Sekali lagi, "penderitaan" atau "kesenangan" adalah ujian Allah, maka bersabarlah. Bersabar bukan hanya diam dan menerima apa adanya, tapi bersikap ikhlas, semua kembali kepada Allah, dengan ikhlas membuat kita bisa berprasangka baik kepada Allah. Ini adalah ujian yang membawa kita untuk introspeksi dengan belajar ilmunya dan akhirnya kita memperbaiki keadaan menjadi lebih baik. 

Bandingkan ... misalkan saat sakit. Sikap dan tindakan kita yang terburu-buru menyebabkan kita tidak bisa berpikir sehat. Lalu ke dokter atau dan minum obat . Beberapa hari kemudian belum sembuh, terus kita seperti bertanya,"sudah ke dokter dan minum kok belum sembuh ?" Inilah hasil sikap terburu-buru. Ke dokter lagi ? Ya dan minum lagi. Kalau kita percaya kepada Allah, hanya Allahlah yang menyembuhkan sakit kita. Dengan sabar yang membuat hati tenang dan memahami apa yang terjadi, ikhlas, kembali kepada Allah, berilmu dan berobat bila perlu. 

Catatan bahwa ketika orang sakit, menurut para pakar adalah keadaan dimana tubuh kita sedang menyembuhkan diri (kemampuan menyembuhkan dari diri sendiri). Kemampuan menyembuhkan diri sangat positif didukung jiwa yang tenang, prasangka baik kepada Allah dan didukung ilmu yang bener.

Minggu, Juli 20, 2025

7 Langkah menuju salat semakin baik

Salam sejahtera dan bahagia selalu. Insya Allah hati ini selalu hadir dalam kebaikan. 

7 Langkah menuju salat yang lebih baik adalah upaya menemukan cara untuk menghadirkan hati dalam salat. Bersyukur saat kita mendapatkan hidayah dalam salat yang benar-benar bisa menghadirkan hati, kalau pun tidak kita bersungguh-sungguh untuk mewujudkannya. Selalu hadirkan doa, apapun kualitas salat kita menjadi penting dalam mengukur kesungguhan kita. Kadang bagus, ya bisa juga kurang oke, dan juga kondisi yang tidak mendukung untuk lebih baik, tapi jangan lupa untuk terus berusaha menjadi semakin baik.



Beberapa hal yang perlu kita lakukan dengan semakin baik dalam menciptakan salat dengan hadirnya hati.  Berdasarkan Al-Qur’an, hadits, serta penjelasan para ulama:

1. Selalu menghadirkan hati sejak wudhu sampai selesai salat (termasuk zikir setelah salat dan berdoa).
Menghadirkan bisa dijabarkan seperti kita merasakan apa yang sedang kita baca atau gerakkan pada tubuh. Seolah-olah kita berhadapan dengan Allah, yang juga Maha melihat sehingga kita memulai salat dengan penuh kesungguhan (karena Allah melihat). Level yang lebih tinggi lagi adalah kita seolah melihat Allah.
Ihsan (الإحسان) berasal dari kata ‘ahsana’ yang artinya berbuat baik atau membuat sesuatu menjadi sempurna.
Namun dalam konteks agama, maknanya sangat dalam.
📖 Hadis Jibril yang Terkenal:
“Beritahukan kepadaku tentang ihsan.”
Nabi Muhammad ﷺ menjawab:
“Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak bisa melihat-Nya, maka ketahuilah bahwa Dia melihatmu.”
(HR. Muslim)
Salat bukan sekadar menggugurkan kewajiban, tapi dilakukan seolah kita sedang berdiri di hadapan Allah.

2. Menjaga Wudhu dengan Sempurna
Salat yang diawali dengan wudhu yang penuh kesadaran lebih terasa kehadiran Allah.
🔹 Nabi ﷺ bersabda:
“Tidaklah seorang hamba berwudhu, lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian salat dua rakaat dengan menghadirkan hati dan wajahnya, kecuali pasti masuk surga.”
(HR. Muslim)
Dalam wudhu tidak hanya membersihkan fisik, tapi "membayangkan" air yang mengalir membasahi tubuh dan dosa-dosa terlepas dari tubuh kita. Selalu niatkan berwudhu dan berdoa agar wudhu menjadi sempurna. Sempurnakan wudhu dengan salat syukrul wudhu.

3. Memahami Bacaan Salat
Menghayati Bacaan, Bukan Sekadar Menghafalnya
Salat yang dihayati seperti membaca surat cinta — bukan sekadar dibaca cepat untuk selesai.
🔹 Ibnu Qayyim rahimahullah menulis:
“Salat yang tidak diresapi akan hilang rohnya, tinggal gerakan tanpa ruh.”
Banyak orang kehilangan rasa dalam salat karena tidak tahu apa yang dibaca.
🔹 Cobalah pelajari makna bacaan seperti:
Takbir: Allah Maha Besar, lebih besar dari segala urusan.
Al-Fatihah: Doa permohonan hidayah.
Ruku’ dan Sujud: Tunduk sepenuh hati.
📌 Memahami makna akan membuat hati lebih hidup dalam setiap gerakan.
Pahami bacaan salat yang diiringi oleh tadabbur tentang bacaan salatnya.
Menghadirkan Kesadaran Bahwa Sedang Berdiri di Hadapan Allah
Salat bukan rutinitas gerakan, tapi perjumpaan hamba dengan Rabb-nya.
Rasulullah ﷺ bersabda:
"Jika salah seorang dari kalian berdiri dalam salat, maka sesungguhnya dia sedang bermunajat kepada Rabbnya."
(HR. Bukhari & Muslim)
Khususnya membaca Al Fatihah, dalam hadist qudsi dijelaskan surah Al Fatihah itu seperti bercakap-cakap dengan Allah. Surah yang sangat indah dan penuh makna dalam salat, menunjukkan bagaimana Allah langsung merespon bacaan Al-Fatihah seorang hamba saat ia membacanya dalam salat:
Hadis Qudsi tentang Al-Fatihah dalam Salat
Rasulullah ﷺ bersabda:
"Allah Ta’ala berfirman:
'Aku membagi salat (yakni Al-Fatihah) antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua bagian, dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta.'
Jika hamba membaca:
“Alhamdulillahi Rabbil 'aalamin”
Allah berfirman: “Hamba-Ku telah memuji-Ku.”
“Ar-Rahmanir Rahim”
Allah berfirman: “Hamba-Ku telah menyanjung-Ku.”
“Maaliki Yawmid-Din”
Allah berfirman: “Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku.”
“Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in”
Allah berfirman: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta.”
“Ihdinas-siraatal mustaqim…” (hingga akhir)
Allah berfirman: “Ini untuk hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta.” (HR. Muslim, no. 395)
Pendapat para ulama mengatakan bahwa setelah membaca “Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in”, dibolehkan berdoa dalam bahasa Arab atas apa yang kita inginkan. Menurut kisahnya, Nabi Zakaria dalam salatnya memohon keturunan dan Allah langsung jawab (kabulkan). 

Makna Luar Biasa:
Setiap ayat Al-Fatihah dijawab langsung oleh Allah.
Ketika kita membaca Al-Fatihah dengan khusyuk dan sadar, kita sedang berdialog langsung dengan Allah.
Ini menunjukkan betapa intim dan sakralnya salat, bukan hanya rutinitas ibadah.
Renungan:
Kalau kita benar-benar menyadari bahwa setiap bacaan kita dijawab oleh Allah, mungkinkah kita masih tergesa dan lalai dalam salat ?

4. Menghindari Hal yang Mengganggu Fokus
Periksa tempat salat: jangan terlalu ramai, hindari kebisingan atau gadget yang menyala. Temukan tempat salat yang menenangkan seperti menggunakan parfum salat (tanpa alkohol) pada pakaian atau pada sajadah.
🔹 Ali bin Abi Thalib berkata:
“Termasuk kesempurnaan khusyuk adalah tidak menoleh ke mana-mana.”

5. berusaha untuk Salat di Awal Waktu
Salat di awal waktu membuat hati lebih tenang dan tidak terburu-buru.
🔹 Allah berfirman:
"Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."
(QS. An-Nisa: 103)

6. Menyadari Bahwa Salat Bisa Jadi yang Terakhir
Cobalah hadirkan perasaan: "Bagaimana jika ini salat terakhirku?"
🔹 Nabi ﷺ bersabda:
“Jika engkau berdiri untuk salat, salatlah seperti orang yang mengucapkan salam perpisahan.”
(HR. Ibn Majah)
Salat Terakhirmu, Hari Terakhirmu
Apa Artinya? Kalimat ini mengajarkan kita untuk salat seakan-akan kita tak akan pernah salat lagi setelah ini.
Tak akan ada: Sujud lagi, Takbir lagi, Waktu untuk taubat lagi
Lalu bagaimana kita akan memperlakukan salat itu?
Apakah masih terburu-buru? Masih memikirkan dunia? Masih dengan bacaan yang tak dipahami?
Renungan: Seandainya Ini Salat Terakhirmu…
Apakah kamu akan mempercepat bacaanmu?
Apakah kamu akan menggerakkan tubuh tanpa menghadirkan hati?
Atau kamu akan menangis dalam rukuk dan sujud, memohon agar Allah mengampuni dosa-dosamu?
Mengapa Kita Lupa? Karena kita hidup seolah masih punya banyak waktu.
Padahal: 
Orang sehat bisa meninggal mendadak
Orang muda tak dijamin hidup lebih lama dari orang tua
Kematian datang tanpa peringatan resmi
Cara Menghidupkan Perasaan "Salat Terakhir":
Niat yang jujur di awal salat:
“Ya Allah, aku salat ini seolah inilah rakaat terakhirku di dunia.”
Hadirkan rasa takut dan harap:
Takut akan dosa-dosa yang belum diampuni, dan harap agar salat ini diterima.
Perlambat gerakan, rasakan setiap bacaan:
Seperti salam perpisahan terakhir yang tak ingin tergesa.
Jika kita menjadikan setiap salat seperti salat terakhir, maka:
Hati akan lebih hidup
Dosa terasa lebih berat
Dunia jadi lebih ringan
Karena salat terakhir tak pernah ada repetisinya.

7. Tuma’ninah (الطمأنينة) adalah salah satu syarat sah dalam salat yang sering dilupakan, padahal ia adalah jiwa dari kekhusyukan dan inti dari bertemu Allah dengan tenang. Apa Itu Tuma’ninah? Tuma’ninah secara bahasa berarti: tenang, tidak terburu-buru, berhenti sejenak dengan mantap.
Tuman'ninah dalam salat:Tuma’ninah adalah berhentinya anggota tubuh pada tiap gerakan salat dengan tenang, tidak tergesa, dan tidak seperti orang yang sedang dikejar-kejar.
1. Hadis tentang “Orang yang buruk salatnya”
Rasulullah ﷺ melihat seseorang salat dengan cepat sekali.
Lalu beliau bersabda: "Kembalilah dan salatlah, karena kamu belum salat."
Orang itu mengulang hingga 3 kali, tetap Rasulullah ﷺ mengatakan: "Kamu belum salat." Akhirnya Rasulullah ﷺ mengajarkan:
“Jika engkau rukuk, maka rukuklah dengan tuma’ninah. Jika engkau sujud, sujudlah dengan tuma’ninah...”
(HR. Bukhari & Muslim)
Hadis ini menunjukkan bahwa tuma’ninah adalah syarat sah salat.
Tuma’ninah dalam Setiap Rukun salat :
Saat rukuk: Jangan langsung bangun, beri jeda hingga punggung tenang dan membaca "Subhana Rabbiyal ‘Adzim…” dengan tuma’ninah.
Saat i’tidal: Jangan langsung turun ke sujud. Berdiri tegak dulu, ucapkan “Rabbana lakal hamd” dengan sadar.
Saat sujud dan duduk antara dua sujud: Ambil waktu, rasakan ketundukan, jangan buru-buru bangun.
Keindahan Tuma’ninah membuat salat terasa lebih nikmat.
Memberi ruang untuk berdoa dan merenung dalam salat.
Membantu menghadirkan hati dan kesadaran bahwa kita sedang ‘menghadap Allah’.
Sebaliknya, Tidak Bertuma’ninah menjadi Salat jadi seperti rutinitas fisik belaka. Hati tetap gelisah meski sudah salat. Dalam hadis, orang yang salat tanpa tuma’ninah dianggap "belum salat" oleh Nabi ﷺ.
Latih diri salat pelan di rumah, tanpa target waktu.
Fokus pada makna bacaan, bukan kecepatan.
Sadari bahwa Allah sedang melihatmu dalam tiap gerakan.

Demikianlah 7 upaya untuk salat semakin baik. Banyak ? berat ? Itu semua karena kita yang belum menerapkan ke-7 hal di atas. Pertama lakukan, kemudian lakukan lagi sehingga menjadi ringan.  

Insya Allah kita memahami beberapa hal di atas dan apapun yang terkait. Tidak lain dengan latihan agar mampu memberdayakan diri menjadi semakin baik salatnya. Inilah motivasi Islam yang mesti kita cara untuk lebih baik. Teruslah motivasi diri 

Sahabatmu
Munir Hasan Basri

Featured post

Udah bisa bangun paginya

Alhamdulillahirabbilalamin masih diberi kesempatan hari ini, dibangunkan dan diberi pikiran fresh untuk memperbaiki keadaan sendiri. Hari se...