Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Semangat dan Senang

Selamat siang dan selamat beraktivitas, semoga aktivitasnya semakin mudah

Apa yang terjadi saat saya bersemangat ? 99% saya merasa senang, perasaan nyaman untuk melakukan apapun. Misalkan saya semangat dengan pekerjaan saya, maka saya mengimajinasikan hal-hal yang ingin saya kerjakan, ya semacam skenario perjalanan menuju apa yang saya inginkan. Maksudnya saya ingin menikmati prosesnya. Biasanya saya tidak mudah memulai pekerjaan dan mesti memaksakan diri. Nah kalau saya bersemangat seolah saya memiliki energi yang besar, dan untuk memulai pekerjaan itu mudah. Inilah perasaan nyamannya. Energi yang besar itu ibarat saya memiliki dorongan yang besar dan saya terdorong untuk melakukan pekerjaan. Energi ini hadir setelah saya bersemangat.  Kalau udah begini, saya yakin semua orang menginginkan terjadi pada dirinya. "Bersemangat".


Mengapa saya bisa bersemangat ? Saat saya merasa yakin (tanpan ragu) atau saya sangat paham untuk mengerjakan sesuatu. Bukan sekedar yakin terhadap hasilnya, tapi yakin dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Disini saya memahami betul proses-proses yang saya jalani dan siap menghadapi apa yang terjadi. Ada masalah, ada hambatan dan ada juga ketidakmampuan yang bisa menyulitkan prosesnya. Apa iya begitu ? Saya pernah bersemangat untuk pergi berlibur. Saya yakin berlibur itu memberi kebaikan bagi saya. Ada semacam kekuatan (energi) untuk mewujudkannya. Saya membuat rencana perjalanan dan apa saja yang dilakukan di tempat libur.  Semangat ini memberi rasa senang. Bagaimana kalau tidak jadi berliburnya ? Saya kecewa. Inilah yang saya hindari, saya mau mengerjakan apapun demi terwujudnya liburan saya. Saya semangat - saya berenergi - saya senang - saya mengerjakan apapun. 

Apa dampak dari semangat dalam bekerja ? Perhatikan kata berikut ini, ada semangat - ada energi yang besar - ada rasa senang - mengerjakan dengan senang. Kata senang saat diterapkan dalam bekerja, bukan saja mengerjakannya dengan senang tapi memberi fokus dalam mengerjakannya. Senang dan fokus memberi dampak kepada kerja yang tidak mengenal waktu, bekerja terus sampai selesai. Mengapa tidak mengenal waktu ? Perasaan senang itu mengajak untuk berpikir positif menghadapi masalah, hambatan dan sejenisnya sehingga energi yang besar memberi dorongan untuk menyelesaikannya, kata orang,"Asyik banget kerjanya". Biasanya kalau ada masalah jadi bete dan kayaknya tidak mudah menemukan jawabannya, tapi dengan perasaan senang semua dianggap seperti tidak ada masalah, dihadapi dengan ringan. Memang kalau lagi senang, pikiran pun menjadi terbuka dan mudah mengakses pikiran alam bawah sadar sehingga sikap menjadi positif. Beda kan kalau tidak senang (alias bete), mau mikir aja tidak mudah. Perasaan senang membuat saya bisa berpikir dengan akal sehat dan membuat saya bisa bersikap positif. Akhirnya saya pun bertindak positif.

 Apa yang terjadi lagi saat saya senang ? Saya lagi ngebayangin lagi senangnya, lalu saat itu kesenangan saya itu tak tahan untuk dishare ke orang yang ditemui atau orang terdekat. Saat saya senang bekerja, maka saya banyak cerita tentang senangnya bekerja, caranya sampai apa yang saya rasakan. hal ini alamiah yang dialami semua orang, tapi ada beberapa orang tidak bercerita tapi hanya menunjukkan tubuh yang menyenangkan seperti senyum, ringan bergerak dan sebagainya. Dalam berbagi kesenangan kepada orang lain mesti disikapi dengan keadaan orangnya agar tidak mudah tersinggung. Waktu berbagi tadi ada keinginan untuk mengajak orang lain mengikuti apa yang sudah dirasakan kebaikannya. Semangat yang memberi rasa senang itu memberi banyak hal yang menyenangkan, bercerita kesenangan dan mengajak orang untuk bersemangat.

Insya Allah saya dan semua orang selalu menemukan semangatnya dan dapat menjalanii hidup dengan semakin baik. Terima kasih


No comments:

Post a Comment

Featured post

Membangun training center dari nol

 Selamat siang semuanya, Semoga sehat selalu dan bisa beraktivitas yang menyenangkan. Saya ingin berbagi tentang pengalaman berada di dalam ...