Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Apa iya, yang penting kerja aja

 Selamat siang semuanya, Insya Allah dalam keadaan sehat.

Kali ini saya ingin menulis tentang kerja, apakah tak perlu semangat ata energi dalam bekerja ? Pada umumnya, semua orang bilang,"kerja aja, yang penting ada gaji". Emang ada waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu dalam kerja. Entah itu "makan yang sehat' agar bisa berenergi dalam bekerja" atau "rencana kerja yang mesti disusun dulu"  atau "mengendalikan diri agar kerja tanpa diganggu perasaan bete dan sejenisnya" atau yang lainnya. Daripada mempersiapkan semua itu, mending waktunya dibuat untuk kerja (atau yang lainnya). Tapi bagus juga kalau disiapkan. Saya pilih beberapa hal saja, yaitu tentang semangat kerja.

Apa pentingnya semangat dalam kerja ? Bayangin ya kalau kerja tanpa semangat ... sepertinya ada yang kurang, kerja sih kerja. Ada yang nggak nyaman dan sedikit "keterpaksaan" dalam kerja. Tapi ada beberapa orang merasa nyaman aja, karena memang sudah terbiasa. Sebuah rutinitas  yang  cenderung bosan dan mudah lelah. Kok bisa ? Bekerja tanpa semangat menguras energi lebih besar (terutama ketidaknyamanan) dibandingkan bekerja dengan semangat. Bekerja dengan semangat ... pasti juga menguras energi, tapi didalam semangat itu bisa menghadirkan energi lagi. Bekerja dengan semangat itu merasa memiliki energi tambahan dan tidak merasa kehabisan tenaga.

Mana yang dipilih bekerja tanpa semangat atau bekerja dengan semangat ? Mmeilih untuk bekerja tanpa semangat tidak perlu "materi", tinggal jalanin aja. Begitu juga dengan bekerja dengan semangat ... asal yakin dengan apa yang dikerjakan atau harapan dari apa yang dikerjakan. semangat hadir dan memberi energi yang tinggi. Disinilah perbedaannya, bekerja tanpa semanngat itu perlu energi yang mesti diadakan.  Logika memilih bekerja dengan semangat. Iya apa iya ? kalau saya bersemangat bekerja, apa nggak untung perusahaan ? Inilah yang mengoda mereka yang bersemangat dalam kerja. Kok bisa ? Bisalah. Karena bekerja dengan logika. Logika itu selalu ada hitung untung-ruginya. Maka dalam memutuskan untuk bersemangat pasti juga dengan logika. Apa untung dan ruginya ? Ada kepikiran juga semangatnya sedikit aja, apa bisa ? semangat tidak bisa ditakar-takar. Saya bersemangat, tapi apakah nanti perusahaan mau "membalasnya" ? Inilah godaan selanjut saat sudah mengambil keputusan untuk bersemangat. Begitulah pergulatan logika untuk memutuskannya.


Pekerjaan itu sering dipersepsikan dengan materi atau uang. Saya kerja di gaji sehingga apa yang dikerjakan selalu direferensikan dengan uang. kalau sudah begini, nggak pernah tuntas. Apa iya mau diterusin ? Stop. MUlailah melibatkan hati dalam mengambil keputusan. Hati itu cenderung tidak berlogika (untung atau rugi) , tapi mendasarinya kepada kemanfaatan. terutama kemanfaatan kepada diri sendiri. Misalkan ada orang mau sedekah, tidak terjadi kalau pakai logika, Sedekah itu urusan hati dan memberi kemanfaataan. Bersedekah adalah perbuatan hati karena soal kepercayaan, sehingga dilakukan untuk mendapatkan kemanfaatan. Bayangkan saat kita mengambil keputusan untuk bersemangat itu dengan hati. Adakah kemanfaatannya bagi diri sendiri ? Ada, memudahkan dan memperlancar apa yang kita lakukan. Ada energi dan rasa senang saat mengerjakannya. Semua ini berdampak kepada makna apa yang kita kerjakan. Soal kemanfaatan yang diperoleh perusahaan adalah dampak dari kemanfaatan yang kita rasakan. Jadi tidak bener juga semua persoalan yang berkaitan dengan kerja selalu menggunakan logika. Hati juga mesti dilibatkan, hati mencerdaskan logika.

Ada hati dan semangat dalam kerja. Mesti digunakan untuk mencerdaskan pikiran (logika) sehingga diperoleh ilmu dan cara-cara untuk memudahkan pekerjaan. Dan hati pula yang mampu mengendalikan ego, yang bisa merusak logika akal sehat. kerja keras itu bagus, sangat cerdas kalau kerja dengan ilmu, dan menjadi bermakna kalau kerja dengan hati. 

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Membangun training center dari nol

 Selamat siang semuanya, Semoga sehat selalu dan bisa beraktivitas yang menyenangkan. Saya ingin berbagi tentang pengalaman berada di dalam ...