Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Dimulai dari nol ya

Kata NOL atau 0 memiliki arti tidak ada nilainya. Nilai nol menjadi referensi yang sering digunakan untuk memulai sesuatu. Pengisian bahan bakar Pertamina menjadi heboh dimana pegawainya mengucapkan "dimulai dari no ya pak".  Hal ini untuk menyakinkan orang lain dan diri sendiri bahwa memang mau bergerak menuju angka yang diinginkan

Angka nol juga sebagai langkah awal untuk bergerak. Yang menarik adalah sangat mudah bagi semua untuk memulai bergerak menuju tujuannya. Tapi ada beberapa orang tidak mudah juga untuk bergerak. Yang diragukan banyak orang adalah apa yang dilakukan setelah langkah pertama dari nol . Ada semacam kekhawatiran dan ketakutan atas hasil dari langkah pertama. Bisa jadi tidak sesuai yang diharapkan. Disinilah mesti ada sikap berani untuk memulai. Sikap berani itu dapat digambarkan untuk bergerak saja tanpa banyak mikir, ini bukan bagian dari tanggung jawab saya. Saya hanya bergerak dari nol. Kalau Gus Dur bilang,"begitu aja kok repot".

Nol menjadi bernilai saat dimulai dengan melangkah. Tak penting nilainya tapi bergerak itu sudah nilai bagi semua orang. Bagaimana kalau tidak bergerak ? kan masih di posisi nol terus. Adakalanya orang tidak menilai memulai itu sangat berarti untuk langkah selanjutnya. Langkah awal itu menjadikan langkah selanjutnya. Melangkah dari nol telah memberi jendela tentang langkah selanjutnya. memang bagus jika tahu langkah-langkah selanjutnya, tapi hindari hal itu agar tidak mengkhawatirkan. Fokus saja untuk bergerak itu sudah sangat bagus.


Buat apa angka nol itu ? Langkah nol bisa djadikan posisi awal saya berada. Artinya menjadi penting sebagai ukuran untuk melangkah. Memahami keberadaan saya saat ini dan sayapunn tahu mau kemana saya melangkah. yang jadi masalah adalah banyak orang tidak tahu dimana dia berada. Misalkan saya berada ditengah adang pasir. Apakah saya tahu saya berada ? Lihat kemanapun, terlihat hanya padang pasir. Tidak ada yang bisa dilihat, yang terlihat hanya fatamorgana. Saat itu saya bergerak menujuu fatamorgana dan ternyata langkah saya menjadi tak berarti, tidak melangkah kemana pun. saat saya sampai di fatamorgana, saya tidak mendapatkan apa-apa dan bergerak lagi munuju fatamorgana berikutnya. Dalam hidup saya dan Anda pernah bergerak menuju apa yang saya inginkan, tapi tidak mendapatkan apa-apa, lalu saya bergerak lagi menuju keinginan berikutnya dan hasilnya tidak membuat saya lebih baik. Keinginan adalah fatamorgana saya, hendaknya saya mesti mengetahui dimana saya berada dan apa yang mesti saya tentukan nilai yang ingin saya capai. Berada di nol sangat penting dan disyukuri, beberapa orang tidak tahu hal ini. Dengan menyadari dimana saya berada, langkah selanjutnya dalah bergerak dari nol, mensyukuri dengan memanfaatkan nol untuk bergerak.

Mengapa mesti ada NOL ? Atau saya mesti tahu keberadaan saya. Ini bisa menjadi motivasi dan menentukan arah menuju tujuan. Teruslah menghitung atau melangkah, karena saya sudah membuat perbedaan. Tidak untuk dibandingkan, tapi lihat kedalam diri saya sendiri. Berterima kasih dan memberi reward pada diri sesaat sudah melangkah. Dimana 0 itu ? dimana dalam kondisi apapun bahkan bisa saja saya mengatakan bo itu adalah langkah pertama dan seterusnya. Dimanapun bisa menjadi NOL. Bergeraklah dan Action, itulah yang menjadi tanggung jawab saya.



Insya Allah, saya dapat selalu menyadari bahwa memang semua keadaan bisa dijadikan nol (awal melangkah) dan tahu mau kemana saya pergi. Da tak kalah pentingnya jangan pernah melihat keinginan tanpa menyadari dimana saya berada. Lalu saya pasti melangkah dari satu keinginan kepada keinginan lainnya. Apa yang saya dapatkan ? Tidak ada dan terus melangkah dan hadirlah kelelahan. 



terima kasih 


No comments:

Post a Comment

Featured post

Membangun training center dari nol

 Selamat siang semuanya, Semoga sehat selalu dan bisa beraktivitas yang menyenangkan. Saya ingin berbagi tentang pengalaman berada di dalam ...