Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Praktekkan doa kita

Saat ilmu yang kita peroleh menjadi manfaat bila ilmu itu dipraktekkan dan diamalkan. Maka sama halnya dengan sebuah keyakinan (ada dalam pikiran) menjadi bernilai setelah kita mempraktekkan. Apakah doa seperti itu juga ? Mari kita dalami makna doa .... doa itu lisan yang kita ucapkan kepada Allah swt agar diizinkan keinginan dalam doa.
Lisan menjadi bener atau nyata bila kita praktekkan, maka doa itu menjadi nyata alias dikabulkan wajib dipraktekkan. Bagaimana caranya :
1. Doa itu berisi keinginan, maka doa mesti memotivasi kita untuk melaksanakan dan meraihnya. Jadi mulailah menterjemahkan doa kita dalam bentuk tindakan yang ingin kita praktekkan sebagai dorongan dari doa yang ingin dikabulkan. Misalkan doa mohon ampun, maka kita terdorong untuk melakukan perbaikan untuk tidak melakukan keaalajan yang sama.
2. Doa yang merupakan lisan untuk memohon izin, maka bisa juga kita memgerjakan tindakan yang disukai oleh sang Pemberi. Agar doa kita diizinkan, maka jadilah orang yang diridhai sama Allah swt. Beribadah dan beramal shaleh adalah tindakan yang disukai Allah swt.
3. Hanya berdoa dan berdoa terus. Karena doa itu adalah ibadah maka sempurnakan keikhlasan doa seperti halnya shalat dan yang lainnya. Dalam hal ini, memohonlah sesuai petunjuk yang benar.
Dari ketiga hal di atas, maka doa tidak sekedar doa yang hanya menunggu pengabulan dari Allah swt. Mari kita tanamkan doa sebagai ibadah dan mempraktekkannya dalam kehidupan ini. Insya Allah, Allah yang Maha Melihat apa yang kita kerjakan.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...