Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

6.11.24

New Product Launching by Training Center

 Semangat pagi rekan-rekan, Insya Allah tidak hari tanpa kerja produktif menjadi kebiasaan yang terus dikembangkan menjadi nyata dan bermanfaat. Aamiin

Tulisan saya sebelumnya tentang pengalaman dunia training center dan trainer adalah Membangun training center dari nol, Mengembangkan training center, Menjadikan training center sebagai pusat informasi, Membangun training center sebagai pusat pelatihan, Meneruskan keberadaan training center, Membangun kemampuan trainer, dan Efek kemampuan trainer,  Membuat materi training itu mudah,  Training center untuk Manager dan Direksi, Training center menyelenggarakan Sekolah SPG, Membangun kemampuan Salesmen, Training center menciptakan manager sales, Training Center dibangun oleh pimpinan dan teamnya, dan New Product Launching by Training Center

Jumpa lagi dengan berbagi pengalaman yang dapat dijadikan inspirasi dan referensi dalam mengembangkan training center dan kemampuan trainer. Ini pengalaman yang tidak mudah, tidak ingin menjadi multitasking, tapi keadaan yang mendorong untuk bisa menguasai berbagai aspek dalam pekerjaan. Yang pasti semua ini terjadi usaha maksimal untuk mengembangkan diri semakin baik dan diizinkan Allah. Pengalaman ini adalah saya dan team training SLC yang tak terlupakan, yaitu melakukan New Product Launching dan team training menjadi team utama. Saya membayangkan acara yang tidak mudah dan memakan waktu dan tenaga, berhadapan dengan bos-bos dealer seluruh Indonesia, wartawan dan pimpinan perusahaan. Ada artis, ada para engineer Jepang dan banyak pihak yang terkait. Saya juga mempersiapkan press release untuk media dan menghadapi wartawan yang diperkirakan banyak pertanyaan yang tidak terduga.

Mulailah saya dan team membuat video (presentasi) tentang produksi produk dan aspek teknis lainnya. Saya melakukan interview kepada team pabrik tentang produksi dan hal teknis terkait. Bermodal HP yang cameranya bagus, pembuatan Video berlangsung lancar. Ada proses editing sendiri dan penambahan music, jadilah Video yang bisa dibanggakan. Ini peran pertama yang saya dan team lakukan untuk acara besar New Product Launching. Untuk Video ini, saya dan team juga menyediakan kit untuk presentasi di saat acara, dan ada beberapa hal yang perlu disiapkan terutama untuk kebutuhan Launching. 

Peran lain yang diamanahkan kepada saya dan team adalah mempersiapkan materi presentasi dengan mensinkronkannya dengan audio sistem. Tidak hanya ada presentasi saja, ada team dancer yang ikut menyemarakkan acara puncak Launching. Tak hanya itu saja, Saya menjadi MCnya. Kebayang deh "deg-degan"nya, yang tak terbayangkan begitu "sibuk" mengkoordinasikan dengan artis, dancer, operator sound sistem  dan tentu yang BOS yang pengarah acara dibalik layar. Dari pengalaman sebagai trainer sangat membantu saya untuk menjadi MC. Tidak hanya MC formal, tapi juga mesti entertaimen agar suasana acara menarik. MC juga memandu acara di panggung dan acara di luar panggung seperti tour guide ke bagian produksi, penjelasan produk yang disiapkan di ruangan show room, dan juga mengantarkan peserta untuk bermain dengan permainan yang sudah disiapkan. Alhamdulillahnya semua team saya berperan baik dalam acara tersebut. 

Acara Launching dilakukan beberapa kali untuk berbagai dealer yang dikelompokkan dalam wilayah atau jenis dealernya. Dari beberapa kali acara launching ini semakin menguatkan diri saya dan team bahwa acara besar itu bisa dikerjakan. Selepas acara launching di Jakarta, saya dan team berkeliling Indonesia untuk melakukan untuk seluruh dealer masing-masing Cabang yang tentu semua dealer kecil bisa merasakan acara launching di daerah. Ilmu yang menarik adalah bagaimana saya dan team meramu memarketing produk yang awalnya teknis dan bisa diterima (disampaikan) dengan bahasa pelanggan. Tidak mudah, kalau ngototnya orang teknis yang meminta hal teknisnya dijadikan referensi, sedangkan disisi pelanggan "tidak mau tahu" atau tidak ingin tahu masalah teknis dengan bahasa teknisnya. Saya dan team menciptakan bahasa gaul yang mudah dimengerti oleh pelanggan. Pengalaman ini menjadi nyata setelah saya melakukannya, dan semua itu menjadi referensi saya dan team untuk dideliveri bagi acara marketing dan training kepada team salesmen. 



Ada persiapan kecil yang mesti juga saya dan team perhatikan, diantaranya penampilan diri. Ada mesti melakukan beberapa kali latihan, pakaian yang menarik dengan warna "norak", serta suara yang bisa "menarik" bagi audien. Soal pakaian yang warna yang norak yang banyak orang kurang menyukainya, tapi bagi saya hal mesti menyenangkan bagi saya. Bagian yang mesti dilakukan yang juga membuat saya semakin pede. Yang namanya persiapan pastilah dirancang dengan "sempurna", tapi dalam acara yang sesungguhnya, ada saja "keseleo" lisan dan "kesalahan" sistem videp" yang tidak berfungsi dengan baik. Disinilah saya berlatih juga mengantisipasi acara tetap berjalan dengan plan-plan yang sudah disiapkan maupun spontan. Ada kejadian yang saya sport jantung, saya berangkat ke tempat acara tidak membawa sepatu dan tidak memungkinkan untuk balik mengambil sepatu. Akhirnya saya membeli sepatu baru dan cukup mendebarkan selama menunggu toko sepatunya buka. Dalam acara launching seperti ini, peran saya dan team selalu mendekat diri kepada dealer untuk "dirayu" untuk memasarkan produk. Disini saya dan team mampu mengeksplore semua kemampuan untuk mensukseskan acara dengan lancar dan juga mampu memikat dealer menjual produk.



Pengalaman launching Produk menjadi pengalaman yang ternilai, apa iya training center menjadi team utamanya ? Disinilah terasanya bahwa mengembangkan kemampuan tidak hanya di bidang yang ditugasi saja sebagai trainer, juga perlu mengembangkan diri dilain bidang. Semakin kaya kemampuan yang dimiliki semakin menguatkan nilai sebagai trainer dan training center. Ada pengetahuan humas dan public speaking yang memperlancar cara dan berkomunikasi dengan banyak orang (wartawan dan orang-orang sales yang tidak begitu suka dengan bahasa teknsi), marketing yang membuat saya mampu menciptakan (bahasa teknis menjadi bahasa pelanggan) pemasaran produk, ilmu salesnya yang nyata-nyata menjadi kemampuan utama sebagai trainer, ilmu yang terkait dengan presentasi yang berhubungan video, audio dan presentasi menarik dan hal-hal lainnya. Semua pengembangan kemampuan itu tidak instan jadi, tapi dilakukan secara kontinu yang semakin hari semakin meningkat. Yang pasti saya dan team memiliki keberanian untuk action dan memiliki sikap untuk terus memperbaiki diri.



Inilah kisah pengalaman bukan ingin menjadikan training center menjadi team product management atau team marketing atau EO. Tapi beruntunglah saya dan team mengambil peran tersebut, yang benar-benar menjadikan saya dan team memiliki kemampuan tersebut dan saya dan team siap untuk itu. Apakah semua orang bisa menjadi seperti itu ? Semua orang memiliki pilihan dan boleh menjadi seperti atau juga bisa tidak menjadi seperti itu. Kalau bahasa orang berduit, apapun bisa dibayar kepada profesional. Iya kalau ada uangnya, kadang uang ada tapi kadang acara tidak serasa milik (karena profesional itu tidak menjiwai produk dan perusahaannya). kadang ada teamnya tapi tidak ada kesempatannya, atau yang paling realistik adalah memberdayakan karyawan menjadi profesional dan biaya pun sangat minimalis. 

Munir Hasan Basri

Book Writer, Trainer, Motivator

 

No comments:

Post a Comment

Featured post

Trainer yang menginspirasi

Semangat pagi rekan-rekan, Insya Allah apapun yang dilakukan dapat mengantarkan kepada keikhlasan. Aamiin Tulisan saya sebelumnya tentang pe...