Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Hikmah

Saya kutip makna hikmah dari Pengertian dan Macam Makna Hikmah Menurut Islam (dutadakwah.co.id)Hikmah menurut bahasa Arab asal kata hikmah mempunyai beberapa arti (lafazh musytarak). Dalam Lisan al-Arab, Ibnu Manzhur menyebut hikmah itu al-qadha, artinya memutuskan. Sedang di al-Mu’jam al-Wasith, hikmah berasal dari kata hakama, bermakna melarang atau menghalangi (mana’a). Hukum itu dikatakan tegak jika menghalangi seseorang berbuat kezhaliman.

Selanjutnya, hikmah juga bermaksud adil dalam memutuskan sesuatu. Hikmah adalah mengetahui hakikat segala sesuatu apa adanya, dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya (Mu’jam Taj al-Arus).

Dalam Mafhum al-Hikmah fi al-Da’wah, Dr. Shaleh ibn Abdullah ibnu Humaid menjelaskan, kata al-hikmah berasal dari kata al-hakamah. Yaitu tali kekang binatang yang dengannya orang bisa mengendalikan hewannya sesuai dengan keinginannya. Diharapkan dengan hikmah, orang itu bisa terkendali dari akhlak-akhlak yang tidak terpuji.

Hikmah


Bagi saya sendiri memaknai hikmah adalah mengambil kebaikan dari sesuatu yang saya alami atau saya hadapi dan mendorong diri saya untuk mengamalkannya. Seringkali hikmah itu terjadi saat saya mengalami hal tidak baik yang membuat saya sadar ternyata saya seharusnya mengambil sisi baiknya. Sisi baik itu bisa saja terjadi pada diri saya, bukannya saya tahu pengetahuannya tapi diberikan petunjuk oleh Allah. Bisa juga saya jarang mendapatkan hikmah karena memang saya tidak pernah tahu ilmunya. 

Dari hal tersebut, agar saya mendapatkan hikmah dari apa yang saya lakukan ... 

1. Saya mesti rutin menjalani ibadah hati sehingga hati ini terasah untuk memahami banyak hal atau Allah memberikannya lewat perbuatan yang tidak baik.

2. Saya mesti merutinkan ilmu dan petunjuk dari Allah di dalam Al Qur'an. Dengan membaca dan memahami Al Qur'an , maka referensi kebaikan saya peroleh sehingga mampu memlihat hikmah tentang hal yang terkait aktivitas saya.

3. Saya mesti mengamalkan segera hikmah yang saya diperoleh agar saya benar-benar mendapatkan hikmahnya. Semakin sering mengamalkan hikmah, Insya Allah saya pun semakin mudah memahami banyak hal dalam sisi baiknya.

4. Tidak lupa saya pun berdoa agar diberikan hikmah dan ilmu serta kemampuan mengamalkan sisi baik setiap hari.

Mudah-mudahan saya pun semakin memahami sisi baik dari apa yang saya lakukan. Terusalah bersemangat menemukan hikmah kehidupan tanpa perlu khawatir/takut tidak benar. Jadikan setiap hari menjadi semakin baik. Aamiin

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...