Dari seorang engineer terus menuju puncak karir
Salam bahagian semuanya, In Sya Allah selalu dllimpahkan dan dilapangkan rezekiNya dari sisi Allah. Tak banyak orang meraihnya, tapi semua orang berusaha sampai sekarang dan nanti sampai usianya. Mari cerdaskan diri, karena rezeki itu diberikan Allah kepada manusia dan orang pilihan, maka hendaklah kita menjadi bagian dari orang pilihan itu. Semoga dirahmati Allah.
Judul di atas menjadi kisah dari perjalanan karir saya dalam bekerja. In Shaa Allah dapat dimabil hikmahnya, bukan yang terbaik tapi menerima yang terbaik dari Allah dalam bekerja. Dari mana sih saya memulainya ? Awalnya saya hijrah pindah dari Pulau Bangka ke Bandung untuk melanjutkan SMA di Bandung. Dimbing kakak yang lebih dulu memasuki universitas impian banyak orang, ITB. Saya mempersiapkan diri untuk masuk ITB. Banyak belajar dan berdoa dan doanya ibu ... akhirnya saya memasuki jurusan elektro ITB mulai 1984.
Setelah lulus ITB saya meneruskan dan memilih di ASTRA Motor sebagai Engineering. PT Federal Motor. Bangga sebagai lulusan ITB dan saya pun bangga bekerja di ASTRA, yang menjadi perusahaan idaman saat itu. Disini saya bekerja dengan team yang luar biasa baik bersama Alumni dan lulusan unirversitas lainnya. 6 bulan saya terus ditempa dengan kepelatihan berbagai ilmu. Terarah kepada bidang pelatihan bersama senior (saat sudah almarhum). Saya menimba ilmu kepelatihan di IKIP Jakarta, keahlian yang sangat berharga. Lalu saya mempraktekkan ilmu itu dalam membuat berbagai materi untuk opersional produksi motor Honda. Sebagai Engineering saya membuta proyek penghematan di pabrik motor Honda, dengan target menghemat biaya listrik sebesar 12 juta perbulan dan mendapat respon positif.
Setahun di ASTRA saya ditawarkan oleh saudara untuk bergabung dengan Electrolux dan Koba Tin saat itu. Kedua perusahaan ini cukup menjanjikan. Saya memilih menjadi asisten manager after sales Electrolux. Tadi saya tidak begitu mengenal Brand tersebut, tapi ternyata termasuk Brand ternama dengan kelas kasta tertinggi di bidang alat-alat rumah tangga. Saya hanya menjadi asisten manager selama 6 bulan lalu diangkat menjadi manager service. Saat itu sedang berlansung pemisahan brand menjadi dua, satu dengan Brand Electrolux dan satu lagi dengan Royal Lux yang berbisnis dengan direct sales (sales door to door). Saya bergabung bersama Electrolux. Mulai kanotr di Sunter, pindah ke Panglima Polim, ke Danau sunter dan terakhir di Hasyim Ashari. Saya bertahan 3, 5 tahunlah. Tiga bulan pertama saya sudah mesti perjalanan luar negeri saya sebagai perwakilan Indonesia untuk grup Asia. Sejak itu saya sering mengikuti pertemuan dan training di Bangkok sebagai pusat regional. Pengalaman manajemen saya tempa dengan belajar menjadi member AMA (American Management Assosiation) USA, dan menemba ilmu dengan CMI (Clening Management Institute USA. Dan berlangganan Majalah Harvard. Sebagai manager service dan part nasional, saya banyak melakukan pendidikan teknisi (training center), mencetak teknisi dengan penngalaman nol menjadi teknisi profesional yang melayani konsumen kelas atas (diantaranya orang asing yang sudah terbiasa menggunakan Electrloux). Pada Zaman itu 90-an, kalau pakai mesin cuci Electrolux dibilna gorang kaya deh.
Tidak hanya memberi kontribusi kepada service center, sayapun yang memehami teknis produk ikut memberikan training bagi salesmen, yang sifatnya teknis tapi berbahasa sales. Saat itu saya mencanang pelayanan service in 24 hour, dimana pelayanan diperoleh dalam waktu 24 jam setelah menerima keluhan. Areanya cukup luas saat itu seluruh Jabodetabek dengan 4 teknisi. Cukup tinggi pencapaiannya hampir 99 % dengan tingkat kepuasaan berkisar mencapai 97% - 99%. Hal ini dirasakan juga dengan meningkatnya penjualan produk.Setelah itu saya memberanikan diri berpindah perusahaan menjadi sales manager, dengan produk yang tidak jauh berbeda dengan Electrlolux tapi fokus kepada cleaning dimana saya memiliki bekal ilmunya. Bidang pemasarannya berbeda, karena di perusahaan ini (Rotaryana Prima) saya memasarkan produk dibidang industri, hotel dan supermarket dan mall serta pemerintah. Alhamdulillah setelah 3 bulan pun saya dikirim ke USA, Arkansas selama 2 mingguan untuk belajar management dan produk Amerika dengan brand Clarke. Di sini saya dibimbing oleh senior saya dan disekolahkan beberapa pelatihan sales dan marketing. Buah dari hasinya adalah saya bisa membuat 4 kali lipat penjualan. Salah satu produk yang saya tangani adalah Insec-ucutor, dari England (pembasmi lalat dan nyamuk) menjadi Indonseia sebagai negara penjualan tertinggi di seluruh dunia. Saya bisa raih dalam 9 bulan, sebelumnya tidak pernah masuk rangking. dan langsung melejit menjadi peringkat pertama, dan saya dikunjungi bos Englandnya. Di perusahaan ini saya bertahan 2 tahunan.
Dari perjalanan 3 perusahaan di atas, saya mendapatkan banyak pelajaran dan keberhasilan karir. Mulai dari karyawan sebagai engineer, sampai menjadi manager service dan manager sales. Keberhailan programnya dari proyek penghematan 12 juta/bulan di pabrik, pelayanan 24 jam dan kepuasaan pelayanan mencapai 99% serta menjadikan penjualan meningkat 4 kali lipat, dan satu diantaranya menjadi Indonesia nomer satu terbanyak salesnya). Sedangkan ilmu saya bertambah yang tadinya hanya sekedar teknis saja, waktunya managemen, customer service, training dan sales & marketing. Semua ini saya peroleh dengan memerdayakan diri belajar otodidak dan project di pekerjaan, pelatihan dan beberapa membership.
Kisah selanjutnya saya lanjutkan diberikutnya, yang menjadi perusahaan terakhir yang saya jalani dalam karir kerja.Sahabatmu
No comments:
Post a Comment