Kangen berada dalam lingkungan pelayanan menuju perjalanan karir
Semangat pagi semuanya. Insya Allah kita diberi kemampuan untuk selalu meningkatkan diri semakin baik, semakin banyak karya dan semakin produktif. Aamiin
Melanjutkan kisah sebelumnya, ada kesamaan yang alami dalam memasuki perusahaan. Setiap 3 bulan pertama saya diberangkatkan keluar negeri. Pertama kalinya saya ke Bangkok sebagai perjalanan pertama ke luar negeri. Menjadi perwakilan Indonesia se asia tenggara. Kemudian ke Arkansas, Amerika di perusahaan kedua, untuk mendalami produk dan manajemen, dan di perusahaan terakhir saya ke Singapura, untuk menjajaki peluang merek Jerman bagi bisnis di Indonesia.
Saya mengambil garis lurus dari pengalaman saya berkarir, mulai staf engineer, manager service, sales & marketing manager, training manager, call center manager, customer care manager, GM customer service dan Direktur customer care merupakan bidang sangat berhubungan dengan pelayanan, pelayanan kepada karyawan dan kepada pelanggan. Tak terbayangkan dengan hanya modal engineer yang terbiasa teknis dan terlihat kaku mampu berpindah bidang pada pelayanan. Memang sih masih ada hubungannya, modal teknis memudahkan saya memahami produk yang disampaikan dengan bahasa marketing kepada pelanggan. Pelayanannya menjadi bermakna bagi pelanggan, benar dan tidak mengada-ada.
Jadi lupa saya meneruskan kisah perjalanan karirnya. Karena rasa rindu dengan service (teknis) dan ada tawaran bagus dari SANKEn saat itu. Saya pun berpindah setelah menjadi sales manager ke service manager lagi. Bedanya di SANKEN membangun team yang baru terbentuk 6 bulan. Dari perjalanan sebagai Service Manager, banyak hal yang didapat. Saya terlibat langsung dalam operasiional langsung ke pelanggan. Waktu itu saya bisa mengunjungi hingga 8 pelanggan perhari sampai jam 8 malam. Menjadi teknisi itu mesti sabar, karena mesti melakukan pengecekan dan sabar juga untuk mengtestnya. Adakalanya juga mengunjungi pelanggan yang lokasinya tidak terduga. Seperti mengunjungi pelanggan di pegunungan, ada juga di kota tapi pelosok dimana sangat jarang rumah disekitarnya. Kedekatan saya mengikuti teknisi menjadikan saya tahu keahlian mereka, dan saya pun tahu kebutuhan mereka. Dalam membangun service center, saya memberi kontribusi kepada kepelatihan teknis teknisi, customer service dalam melayani pelanggan, mempersiapkan part yang memudahkan teknisi dalam pemasangan. Saya mencatatkan sejarah juga dapat mencapai respon service dalam 1 x 24 jam mencapai 99%. Perbaikan produk mencapai 80% di rumah pelanggan. Pada saat itu saya pun merasakan kerja yang maksimal dimana karyawan masih sedikit tapi mengerjakan banyak hal dan wilayahnya luas. Satu service center di Jakarta menjangkau seJabodetabek. Tapi dengan kerja sama yang baik, semua pekerjaan service dapat dikerjakan dengan baik.
ang tak pernah dilupakan adalah sedang kerja terjadi kerusuhan Mei 1998. Saya dan team masuk kerja dan merasakan suasana mencekam. Seperti orang bingung, mau pulang banyak hadangan masa dan kalau berada di kantor terus juga tidak aman. Tak terbayangkan, Alhamdulillah semua karyawan pulang ke rumah dengan selamat. Saya saya lalui dalam mengembangkan service center sampai 5 tahun.
Tak angin tak ada hujan, seminggu sebelum 5 tahun saya menjabat service manager diberitahu diganti dengan manager baru. Dan saya ditugaskan menjadi manager training. Inilah titik nol perjalanan saya mengarungi berbabagi jabatan baru. Beruntunglah saat itu saya menanggapi positif atas keputusan pergantian manager service. Saya punya tekad waktu itu untuk membuktikan apapun yang dibebankan ke saya, dapat dikerjakan dengan baik.
Tak lama dengan jabatan training manager, sekitar 2 tahun ... saya sudah memberi kontribusi besar training bagi salesmen dan spg, dimana penjualan meningkat proporsional. Dan saya pun sudah mulai tune-in dengan departemen baru tersebut. Dengan modal bisa teknis produk, saya mengambangkan diri dan dibimbing oleh senior saya saat itu, saya mampu menjadi pembicara di Radio yang dijadikan media promo. Pekerjaan ini menjadi pekerjaan baru, yah seperti komunikasi ke pelanggan. Dan sudah pula saat itu berkomunikasi kepada wartawan dalam acara press release produk. Dan sejak itu saya terus dilibatkan dalam komunikasi pelanggan ini. Disinilah saya sangat tertarik dengan pekerjaan baru ini, dan saat itu saya semakin bersemangat untuk mengeduksi wartawan dan pelanggan tentang funsgi produk dan cara penggunaan yang bener. Sayapun meramu pekerjaan baru itu dengan training salesmanship, sehingga SPG mendapatkan pelatihan yang lengkap. Ini menjadi bekal yang baik bagi SPG dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan dan pelanggan menjadi diberdayakan dalam memilih produk.
Disinilah saya terus mengembangkan diri menjadi semakin baik, karena saya mesti terlibat di bidang marketing dan sales serta "public relation". Saya belajar dari satu program ke program berikutnya, belajar otodidak, dan belajar dari senior sehingga saya pun mampu mengerjakan pekerjaan dengan baik.
Bagaimana kisah selanjutnya ... saya lanjutkan di posting berikutnya.
No comments:
Post a Comment