Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Pilih kata yang baik bagi diri

 Dalam beberapa hal memang tidak mudah untuk memilih kata yang baik bagi diri, apalagi dalam kondisi emosional. Lagi tidak nyaman, maka yang terucap adalah kata yang tidak mensupport saya menjadi lebih baik. Lagi malas, saya berkata,"Jangan ganggu saya dengan tensi suara tinggi". Kata "Ganggu" seolah membuat orang lain agak tidak nyaman, karena bisa jadi ada sesuatu yang baik mau disampaikan. Akibatnya saya selalu tidak dapat berpikir jernih (positif).

Mana yang lebih baik berkata :

"Saya sakit sudah 2 minggu ini" atau 

"Saya kurang sehat 2 minggu ini".

Kata "sakit" dan "sehat" memiliki dampak yang berbeda. Kata "sakit" mempengaruhi diri memang merasa sakit dan saya merasakan keadaan tidak nyaman. Sebaliknya menggunakan kata "kurang sehat" memberi semangat untuk sehat.

Bayangkan kalau saya terus mengatakan kata "sehat" daripada kata "sakit", maka dalam pikiran saya terus berakumulasi kata sehat dan dapat mendorong saya untuk selalu sehat. Untuk itu, saya melatih diri untuk menggantikan kata-kata berikut ini

1. Kata "akan" saya hilangkan dalam kalimat

2. Kata "besok" saya ganti dengan waktu dimaksud, misalkan hari Selasa, tgl sekian, bila perlu pukul sekian atau bisa mengatakan kata "hari berikutnya". Atau gantikan kata "nanti" dengan waktu yang dimaksud atau dihilangkan.

3. Kata "mungkin" memberi makna ya dan tidak. Sangat memberi motivasi jika saya menggunakan kata "Insya Allah" atau "bisa jadi". 

4. Selalu menggunakan kata "saya"  daripada kata "kita", "kami" dan sejenisnya. Hal ini untuk mengambil peran aktif dari saya sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain (melibatkan orang lain)

5. Kata yang bermakna negatif diganti dengan menambahkan kata "tidak" atau "kurang" pada lawan katanya. 

    a. Kata "sakit" diganti dengan "tidak sehat"

    b. Kata "malas" menjadi "tidak rajin"

    c. Kata "gagal" menjadi "belum sukses"

    d. dan lainnya

6. Bisa juga saya membuat kalimat positif, dimana didalam kalimatnya ada kata negatif. Kata negatif yang digunakan belum ada yang bisa menjelaskan dengan baik dan dikhawatirkan kalimat menjadi kurang dipahami.

Sebenarnya yang terpenting bagaimana saya membangun sikap dengan menggunakan kalimat yang baik dan membalas respond dengan kalimat yang baik pula terhadap apa yang saya alami. Perhatikan dalam kondisi cuaca yang panas, saya cenderung mengatakan "panas bener hari ini". Ini sudah tidak baik buat saya karena menyimpan memori yang kuat dalam pikiran (emosional saat itu merasakan bener panasnya). Alangkah baiknya saya mengatakan "Alhamdulillah cuaca hari ini bisa menyemangati saya". Selain dalam cuaca panas tersebut semua orang seperti buru-buru dalam berkendara. Maka respon saya mesti yang baik, yaitu tetap berkendara tanpa emosional.

Memilih kata yang baik bisa tercermin dari perilaku saya. Misalkan saya bisa membangunkan anak saya dengan suara bahkan dengan tekanan suara lebih tinggi. Ini bentuk "kekecewaan" karena anak susah dibangunkan. Alangkah baiknya saya membangunkan anak saya dengan menepuk pundak atau badannya agar bisa bangun. Banyak hal lain yang bisa saya bangun untuk membangun diri menjadi semakin baik, lewat kata baik dan perilaku baik.

Insya Allah, ini adalah amal saleh dari sebuah keyakinan (iman) saya kepada Allah sehingga saya mendapatkan kekuatan untuk istiqamah menjalaninya. Laa haula Wa Laa Quwwata illa billah. 

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...