Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Dimana Allah ?

Pertanyaan di atas dapat direnungkan untuk mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan selama ini. Karena dulunya diajarin di sekolah terutama sekolah umum dan berlanjut ke kuliah atau lebih tinggi lagi, maka terbentuklah bahwa ilmu itu dipelajari dan dapat diraih dengan ketekunan. Dengan ilmu itu dan pengalaman kita dapat menuntun kita untuk meraih keinigjnan. Dimana Allah pada proses ini ? Seperti Allah hanya menjadi alat untuk memudahkan kita mendapatkan ilmu, kita belajar dan berdoa agar memperoleh ilmu. Setelah itu ilmu yang kita peroleh pun menjadi dasar kita bertindak atau berusaha untuk meraih apa yang kita inginkan. Dimana Allah ? Sekali lagi Allah ada menjadi pendorong dikabulkannya keinginan kita dalam doa. Berusaha dan berdoa.
Pengalaman dari sejak kecil itu sampai sekarang terus mengkristal menjadi karakter kita, bagi kita yang muslim. Bukankah Allah tempat kita bergantung, sumber ilmu dari Allah dan izin kelancaran berusaha pun datang dari Allah,"tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah". Bagaimana dengan Al Qur'an sebagai referensi mutlak dan menjadi referensi ilmu yang benar dalam kehidupan kita ? Kita hanya membaca dan memahaminya sebagai petunjuk dalam beragama. Sedangkan di zaman dahulu ilmuwan muslim mendapatkan ilmu dari Al Qur'an dan banyak ilmuwan Barat sudah membuktikan kebenaran AL Qur'an. Begitu kehidupan kita yang dominan oleh kehidupan dunia tanpa menempatkan Allah sebagai sumber segala hal.
Kita kerja mencari rezeki, kita pun berdoa untuk dimudahkan dalam meraih rezeki. Tapi mengapa kita tidak berpedoman kepada Al Qur'an dalam meraih rezekiNya ? Kita mencari cara-cara dari pengalaman seseorang yang sudah sukses. Ada persepsi yang terbangun,"emangnya shalat bisa menghasilkan uang ?" Persepsi ini membentuk pola pikir lanjutan untuk tetap shalat tapi harus ada cara-caranya. Dengan bekal mencari ilmu sampai kerja di atas selalu menuntun kita untuk belajar yang seolah bukan dari Al Qur'an sehingga kita lalai dari Allahnya.
Bukankah salah satu faktor kesuksesan yang kita raih itu adalah disiplin, pengetahuan disiplin dapat dibentuk dari shalat kita. Disiplin dalam bekerja dengan sepenuh hati yang diajarkan pula dalam shalat yang ikhlas. Bahkan di dalam Al Qur'an itu sudah banyak hal yang tidak terduga oleh kita setelah membacanya, kita mendapatkan petunjuk dan kebaikan yang diberikan Allah. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa ilmuwan yang masuk Islam karena mempelajari Al Qur'an.
Insya Allah kita diberi hidayah dalam memahami Al Qur'an untuk menuntun kita menjadi muslim yang benar. Teruslah membaca, memahami dan mempraktekkan/mengamalkan apa yang sudah kita baca dan berharap Allah selalu bersama kita dalam setiap langkah kehidupan kita. Kita mencari rezeki Allah berarti kita pun mesti percaya Allah yang memberikanNya lewat alam semesta dan makhlukNya, untuk itu kita pun mesti mengikuti aturannya. Disinilah kita menempatkan Allah selalu yang pertama dan utama.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...