Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Mulailah dari saat ini

Seorang teman dan sahabat bertanya,"kok susah kali berubah itu, gemana caranya ?"Pertanyaan ini termasuk susah dijawab karena memang saya pun pernah mengalamiya. Ada banyak nasehat dan terkadang sudah memulai tapi setelah itu menjadi berhenti.
Bukan nasehat tapi tak salah pula untuk kita renungkan :
1. Perubahan itu BUKAN merubah orang lain atau lingkungan. Tapi yang berubah itu diri kita, lalu dengan kita berubah maka sekitar kita melihat lingkungan (yang didalamnya da kita) jadi berubah. Mana yang mudah merubah diri kita sendiri atau orang lain (lingkungan) ?
2. Merubah diri kita sendiri itu BUKAN untuk dinilai atau dihargai orang lain. Maka dari itu ubahlah diri kita yang menurut kita saja. Apa yang mau diubah maka ubahlah.
3. Merubah yang buruk susah sekali, lalu karena yang buruk itu sudah menjadi kebiasaan atau bahkan karakter. Misalkan merubah kebiasaan tidak merokok. Susah banget ! Lihat orang merokok pengen merokok lagi, melihat penjual perokok udah ada keinginan merokok dan apa saja yang berbau merokok membuat kita kembali merokok. Karena susah merubah yang buruk itu, maka berpikirlah melakukan yang baik saja dan jadikan kebiasaan itu kebiasaan baik yang baru. Bukankah setiap kita melakukan kebiasaan baik maka tidak waktu untuk melakukan yang buruk. "kebaikan itu menutupi keburukan".
4. Bagimana caranya untuk melakukan yang baik untuk konsisten ? Disinilah sebetulnya komitmen kita diuji atau kegigihan kita diuji apakah kita benar-benar ingin berubah ? Jika konsisten maka perubahan terjadi. Bayangkan jika Anda ditanya bisakah Anda berbuat baik 1 tahun ? Bisa tapi sulit. Bagaimana kalau diberi waktu 1 bulan ? atau 1 minggu ? atau 1 hari ? atau 1 jam ? Bisa lah, tapi diusahakan. Tapi pertanyaan itu saya ulang dengan waktu berbeda, bisakah Anda berbuat baik dalam 1 detik ? Insya Allah pasti bisa. Lalu saya tanya lagi, bisa nggak satu detik lagi ? Bisa. Hikmahnya hidup ini adalah detik ini, satu jam itu 60 kali satu detik dan seterusnya. Jadi pikiran dan perasaan kita dapat menjadi ringan untuk memulai sekarang atau saat ini dan lakukan lagi dan lagi.
5. Ada yang bilang, tujuan berubah yang mampu menggerakkan kita berubah dengan kerja dan kerja. Tapi banyak orang yang memiliki tujuan atau keinginan membuat orang itu tertekan dan demotivasi. Karena yang menjadi fokusnya adalah hasil yaitu tujuannya tercapai. Bagaimana kalau kita bersyukur aja dengan melihat apa yang kita miliki saat ini dan kerja (berbuat amal saleh) untuk hasil yang semakin baik. Hasil yang semakin baik itu menjadi harapan kita hanya kepada Allah dan berharap Allah meridhaiNya dan mengabulkannya. Keinginan dipacu oleh nafsu yang dibalut oleh syetan dan cenderung kepada keburukan tapi harapan dengan selalu bersyukur memberi dampak baik bagi kesehatan dan selalu dalam lindunganNya.
6. hati-hati saat kita melakukan perubahan atau kebaikan, karena ada yang bisa merusaknya yaitu diri kita sendiri. Kok bisa ? Seringkali apa yang sudah kita mulai .... jadi berhenti karena
a. kita merasa belum ada hasilnya. Beginilah kita selalu ingin hasil seketika dengan apa yang baru kita kerjakan. "saya sudah kerja luar biasa, kok gaji nggak naik juga ?" atau "saya sudah shalat tapi kok belum dikabulkan ?" Renungkan sesaat bahwa apa yang terus kita lakukan sudah membuat diri kita percaya bahwa apa yang kita kerjakan itu sesuatu yang baik dan menambah semangat dan berprasangka yang baik.
b. kita sering melihat orang lain, "orang tidak nggak ngapa-ngapain tapi banyak yang dia dapat". atau kita melihat orang lain dengan perbuatan buruknya tetap saja memberikan hasil yang memuaskan. Tapi saya tidak ?
c. Kita pun sering terpeleset saat sudah melakukan yang baik digoda syetan dengan kesombongan. "tuh saya kan lebih baik dari kamu, saya sudah ini dan itu sedangkan kamu ...." Allah tidak suka sama orang yang sombong. Orang sombong biasanya tak lagi melakukan yang baik tapi lebih banyak bercerita kesuksesannya dan suka memberi nasehat.
7. Jadikan apa yang kita lakukan hanya untuk Allah, ikhlas. Insya Allah kebaikan demi kebaikan terus kita lakukan.
Insya Allah kita selalu diberi petunjuk oleh Allah dan dimampukanNya untuk berani memulai kebaikan dan terus dibimbing untuk istiqamah.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...