Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

KATANYA MAU DUIT

Seorang staf saya selalu mengeluh,"pak, kok gaji saya nggak naik-naik". Mendengar keluhan itu saya hanya mendengar panjangnya keluhan itu. Katanya,"kebutuhan saya tidak tercukupi dan kurang. Nggak cukup pak". Saya belajar dari staf saya ini untuk menjadi semakin baik, ada beberapa kata yang saya jadikan kata kuncinya.

1. Gaji nggak naik-naik

2. Kebutuhan tidak cukup

Saya mulai berbicara kepada staf saya," gaji kamu tidak naik. kalau mau naik salah satunya kerjaan meningkat atau capai target atau tambah kerjaan. bagaimana ?" dan staf saya bilang,"nggak begitu pak. sekarang aja udah banyak dan stress". Lalu menuliskan berikut ini

Gaji naik = kerjaan tambah = capai target (atau melebihi), pertanyaannya adalah apakah kamu melakukan semua itu ? Bukankah pekerjaan kamu setiap bulan sama, apa mungkin naik gaji ? Lalu staf saya bilang,"iya sih".

"mau tambah pendapatannya ?" tanya saya dan langsung saja staf saya jawab,"mau dong". Saya langsung bertanya, "apakah kamu beriman kepada Allah ?" Dia langsung jawab,"iya". "oke kalau begitu" kata saya.

Saya menjelaskan 

     Uang atau gaji itu adalah hasil dari kerja

     Jika ingin menambah uang berarti menambah kerja baik jumlah atau kualitasnya

     Jika kerja yang sama setiap bulan berarti uang pun sama

Tapi saya lanjutkan dengan Uang bisa bertambah dengan sedekah (mengeluarkan) untuk orang lain dengan ikhlas. Tapi staf saya bilang,"bagaimana mau sedekah, uang aja kurang". Disinilah saya dan staf saya diuji, apakah saya dan staf saya beriman ? Percaya dan yakin dengan petunjuk Allah. Allah membalas hingga 700 kali. Jadi intinya didalam kesulitan itu ada jalan keluar, sedekah dengan uang yang kurang BISA menambah uang lebih banyak.

Yang terpikirkan oleh saya dan banyak orang termasuk staf saya adalah uang cukup dengan menekan atau mengurangi kebutuhan. Tapi kita tidak mudah melakukannya, alias agak "menderita". lalu kita berpikir juga bahwa uang bisa cukup (bertambah) dengan menabung. Apakah berani kita menabung. Kedua hal ini dibutuhkan keberanian mengambil keputusan dan sama-sama mengalami keadaan yang tidak nyaman. Bagaimana dengan sedekah ? Sama halnya soal keberanian (percaya dan yakin). Tetapi sedekah pasti balasannya tapi mengurangi kebutuhan dan menabung menjadi kurang pasti.

Dari hikmah tulisan di atas, Petunjuk Allah itu adalah solusi bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat. Persoalannya adalah apakah kita percaya dan yakin ? Kita tidak pernah sedekah kalau tidak pernah memulai sekalipun pemahaman kita sangat baik. Untuk bersedekah pertama kali butuh keberanian, dan keberanian itu bisa dimulai dari yang kecil. Bersedekah dari yang ringan dan mudah ... pastikan dilakukan setiap hari.

Insya Allah tulisan motivasi ini bisa memberi kebaikan buat kita semua

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...