Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Semangat yang kuat

Semangat pagi semua dan Insya Allah selalu dalam lindungan Allah. Motivasi kali ini mengajak kita menemukan semangat yang kuat dan tidak bergantung kepada yang lemah. Mengapa mesti begitu ? karena kita pernah merasakan semangat itu naik dan kadang banyak turunnya.
Setiap ada semangat karena ada motivasi diri yang kuat dan melemah seiring waktu, padahal kita membutuhkan semangat itu untuk membakar (menambah energi) untuk bisa konsisten. Motivasi Islam menjadi dasar yang benar buat kita yang beragama Islam.
Semangat karena anak atau semangat karena pengen uang atau semangat untuk gengsi. emang bisa ? Tentu bisa dan setiap orang pasti berbeda kadarnya. Ada yang karena anak yang bikin semangat hidup dan selalu berjuang demi anak. Alhasil mereka yang demikian berani sakit dan stress demi anak. Lalu bagaimana dengan kita sendiri yang berjuang ? Kebaikan pasti ada dan tapi bisa jadi kita "menderita". Bagaimana jika anaknya yang sudah besar dan banyak menuntut atau membuat kita "berkerut" dengan perilakunya ? Hal ini bisa melemahkan semangat kita dan kecewa. Hal yang sama untuk semangat karena keduniaan, seperti harta, gengsi dan jabatan.
Ada semangat yang diberikan Allah dengan menyadarkan diri kita untuk beriman atau percaya kepada Allah. Perhatikan semangat mereka yang berjihad seperti tidak ada habisnya untuk berjuang sampai titik darah penghabisan. Ulama yang benar imannya terlihat sederhana dan terus bersemangat untuk berdakwah sampai usianya. dan perhatikan pula kesederhanaan orang yang beriman mempunyai semangat hidup tanpa lelah untuk mengabdi kepada Allah, mereka yang tinggal di desa atau mereka yang menyapu jalan atau mereka yang jadi sukarelawan ... semua selalu mempunyai energi luar biasa dalam setiap perbuatannya dan memaknai setiap perbuatannya.
Mau yang mana ? yang lebih baik atau masih memotivasi diri dengan halnya relatif yang tidak bisa punya menyemangati dirinya sendiri. Anak, uang dan sebagainya tidak mampu mengurus dirinya sendiri apalagi memberi semangat ... Maka percayalah kepada yang MAha Semangat dengan tujuan hidup kita hanya mengabdi kepada yang Memberi semangat, yaitu Allah.
Berani untuk mengevaluasi kesadaran kita agar menjadi percaya (beriman) kepada Allah dengan sebenarnya ? Hanya karena iman kita yang lemah dan kurang itulah yang membuat kita mempunyai semangat yang relatif. Allah selalu ada di setiap perbuatan kita dan dimana saja kita berada, maka pastilah mudah bagi kita untuk bersemangat, semangat yang kuat dan konsisten sampai usia kita
Insya Allah kita bisa menyadari hal ini dan dimudahkan Allah untuk mewujudkannya. Aamiin

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...