Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Bosan

Kata bosan seringkali kita alami dan menghinggapi semua kalangan. Bosan ya bosan, mengerjakan sesuatu yang sama berulang-ulang setiap hari. Misalnya seseorang yang tiap hari makan tempe setiap pagi, maka suatu hati dia bilang,"tempenya nggak enak dan bikin bosan". Solusi yang mudah adalah merubah objeknya yaitu mengganti tempe dengan yang lain.
Yang menjadi persoalan adalah jika dengan tempe itu adalah makan yang mampu dia beli. Maka bisa jadi tidak bosan. Terpaksa ... Iya. Dari sisi lain ada orang mengatakan nggak bosan makan tempe karena saya senang sih. Atau ada juga yang bilang biar bikin tidak bosan masak tempenya yang berbeda-beda, kadang goreng tepung, kadang goreng biasa, bacem dll.
Dari contoh di atas, maka bosan bukan melulu objeknya yang salah, lalu kita ganti dengan objek lain. Yang sama terjadi dengan karyawan yang bosan kerja, bukan berarti kerja yang harus diganti atau perusahaannya yang harus diganti. Tapi kemampuan meramu pekerjaan menjadi semakin bernilai memberi tantangan yang bikin seseorang jadi tidak bosan. Kemampuan meramu adalah soal keinginan untuk belajar dan latihan.
Sebenarnya orang yang bosan itu lagi tidak sadar dengan kondisi saat itu, bayangkan dan renungkan bahwa tempe yang kita makan pun tidak pernah sama setiap hari. Tempe diproduksi dengan kedele yang berbeda, dibuat di hari yang berbeda, orang yang membuat berbeda perasaannya setiap hari, suasana makannya pun berbeda baik hari dan tanggal tidak sama dan seterusnya.  Perbedaan itu tidak pernah kita sadari dan selalu memandang sama untuk satu hal.
Pengen tidak bosan dengan cara mudah dan murah adalah menyadari kondisi dan suasana saat itu yang mampu melihat sesuatu selalu berbeda. Tidak perlu mengganti objeknya, belajarlah untuk melihat dan memaknai suasana yang bikin kita berbeda setiap saat.
Inilah motivasi yang baik dan sederhana untuk memotivasi diri untuk menjadi semakin baik hari ini. Mari berlatih hari ini.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...