Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Apa yang terjadi saat emosi ?

 Semangat pagi rekan-rekan, Insya Allah diberikan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan hari ini dan diberkahi. Dalam tulisan saya sebelumnya yang berjudul "Belum Target", dimana terjadi komunikasi atasan dan bawahan yang cenderung "emosional". Ternyata yang terjadi adalah atasan menyerang dan kecewa dengan kinerja bawahan. Bawahan ada yang "yes sir" diam saja biar cepet urusannya atau Bawahan yang membela dirinya sudah bekerja dengan bener, kalau kurang oke bukan sayanya dan menyalahi diluar dirinya.

Saya belum menuju detail hal di atas, tapi ingin mengingatkan dampak bagi pelakunya. Apa yang terjadi dengan atasan yang terlihat "marah-marah" atas hasil target yang belum tercapai ? Yang pertama, suasana "marah-marah" itu tidak ada baik-baiknya. Tapi beberapa orang bilang,"kalau dimarahin itu bagus untuk memotivasi diri agar menjadi berubah dan semakin baik". Apa iya ? Apakah ada orang termotivasi karena dimarahin ? Yang ada motivasi tapi motivasinya terluka. Ada memori dalam pikiran yang tidak nyaman yang mendorong termotivasi. Bayangkan hasil yang baik diperoleh dari proses dan masukan yang baik. Bagi atasan menjadi sok merasa bener dan bawahan yang tidak bener. Kondisi ini pasti tidak ada komunikasi, syaratnya komunikasi itu adalah kesetaraan, bukan yang atasan merasa lebih tinggi dari bawahan yang menciptakan "perintah" atasan dan "menerima perintah" sebagai bawahan. Bukankah kedua orang ini mesti saling melengkapi atau sebagai team untuk meraih target bersama.

Sebenarnya atasan yang marah-marah/emosional itu sudah tidak zaman lagi saat ini. Tahukah nggak sih, atasan yang "emosional" itu telah menunjukkan kelemahannya dihadapan Bawahan. Kok bisa ? kalau atasan yang cerdas (kerja cerdas) pasti tahu cara mengelola sumber daya untuk meraih target. Sebagai Atasan yang memiliki Bawahan, mesti mampu mendelegasikan apa yang seharusnya dilakukan kepada Bawahan. Lalu Atasan memiliki kewajiban untuk mengukur secara periodik dan mengevaluasi untuk dilakukan perbaikan agar target tercapai. Apakah Atasan yakin dengan apa yang didelegasikan sebagai formula bener untuk capai target ? Apakah Atasan juga sudah melakukan pengukuran kinerja Bawahan agar menjamin target dapat diraih ? JIka kedua hal ini tidak dilakukan menunjukkan dirinya hanya bisa "emosional" sebagai Atasan dan tidak memiliki kemampuan apa-apa. Ketidakmampuan ini dilimpahkan kepada Bawahan yang kerja tidak bener.

Mungkin ada juga Atasan yang sudah tidak memiliki kemampuan dan memiliki jabatan hanya karena tahu saja atau ada juga pemahamannya, tapi belum pernah berkomunikasi dengan pelaksana (belum pernah praktek). Maka yang dilakukan Atasan seperti ini adalah hanya perintah saja, lalu emosional dan perintah lagi. Ada sih yang berhasil dengan caranya ini, tapi dampaknya sangat buruk, Atasan sangat tergantung kepada Bawahan. Biasanya Bawahan sering memberi banyak alasan dan meminta Atasan untuk memberi solusi yang cenderung merusak kebijakan yang sudah ada. Misalkan dalam sales, menurunkan harga dengan kasih discount, hadiah dan promo lainnya sehingga nilai produk menjadi rendah.

Lebih lanjut saya ingin menunjukkan keadaan emosional yang berulang dapat merusak kesehatan, yang berdampak kepada ketidakseimbang diri. Bikin tidak sehat dalam pola berpikir dan juga secara fisik. Kok bisa ya ? Mari tenangkan diri dan berani untuk jujur kepada diri sendiri. Lihat dan lihat dari mereka yang emosional (marah-marah). Mukanya merah, dan memiliki kekuatan pada tangan untuk "memukul/melempar/menunjuk" dan sebagainya dan tanganya juga kelihatan merah, kekuatan fisik terletak di seluruh indra untuk bereaksi. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Karena darah mengalir dengan cepat ke seluruh organ tubuh. Darah yang mengalir itu memberi energi yang besar. Sebenarnya bagus sih, tapi ternyata otak (pikiran) mendapat aliran daran dan oksigen yang sangat sedikit. Akibatnya adalah kemampuan berpikir akal sehatnya tidak ada. bener nggak ? Waktu orang sedang emosional, pasti tidak bisa berpikir akal sehat. Secara tubuh, pembuluh darah ke otak (pikiran) mengecil, sedangkan pembuluh darah ke Muka, tangan dan lainnya membesar. Bayangkan keadaan ini berlangsung lama dan terus-menerus yang dapat membantu terciptanya pembuluh darah tetap mengecil. Bisa menjadi pemicu stroke, darah untuk otak tidak tercukupi. Bagaimana dengan dimarahi ? Sama terjadi karena merasa tidak nyaman dan disalahkan yang membuat Bawahan ikutan membela diri (emosional), tidak terima atas perlakuan tersebut.

Orang yang emosional cenderung mudah lelah, dan akibatnya memilih makan untuk menutupi kekurangan energi yang telah dikeluarkan. Lalu dengan kondisi makan yang tidak terkontrol ini dapat berdampak kepada aliran darahnya ke otak (pikiran) sedikit dan malah pindah ke perut yang banyak darahnya.

Apakah orang yang sedang marah (emosional) bisa dinasehati saat itu ? Kecenderungannya kecil, karena orang yang emosional (marah-marah) tidak mampu berpikir dengan akal sehat. Yang ada malah semakin marah-marah. Jadi dari semua itu menunjukkan bahwa orang yang sedang emosional (marah-marah) banyak memberi dampak buruk, mulai dari tidak disenangi orang, tidak sehat dan menjadi pribadi yang tidak baik.

Dari penjelasan di atas, masih ada yang mau emosional ? Sebagai manusia biasa bisa saja terjadi, bersegeralah untuk berhenti dan menciptakan kebiasaan baru yang sehat dan cerdas. Saya mengulangi kembali tentang emosional ini ;

  1. Orang yang emosional, terutama marah-marah. Bisa saja dapat berpikir bahwa marah-marah itu diperlukan untuk merubah perilaku seseorang. Tetapi kebaikan ini tidak sebanding dengan ketidakbaikan yang didapat. Apakah ada orang mau dimarahi ? Sebenarnya yang sedang marah saja tidak mau marah.
  2. Emosional dan marah-marah alami sebagai manusia. Alangkah baiknya, jika kita menjadi orang yang tidak umumnya (marah/emosional). Menjadi manusia dengan perilaku baik dan disenangi orang banyak, inilah upaya untuk mengendalikan diri yang terbaik.
  3. Emosional atau marah, bukan menemukan solusi tapi cenderung berdampak tidak baik. Ada kesehatan yang terganggu, tidak disukai sikap dan perilakunya, mudah lelah, dan lainnya
  4. Emosional atau marah menunjukkan diri kita lemah, memiliki ketidakmampuan dalam kompetensi, tidak memiliki kemampuan juga dalam mengendalikan diri. Masak mau sih menunjukkan ketidakmampuan kita ?

Insya Allah tulisan ini dapat memberi inspirasi dan motivasi dalam memperdayakan diri menjadi semakin baik hari ini. Cek hari ini, apakah ada diri kita yang berperilaku emosional ? Orang yang mampu mengendalikan dirinyalah adalah orang hebat dan berkemampuan tinggi.

 

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...