Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Penampilan diri yang semu

Penampilan yang menjadi penting dalam organisasi, bisnis dan masyarakat. Apa yang kita tampilkan ? Tampilan yang biasa yang diperbarui sehingga terlihat menarik dan menjadi sorotan banyak orang. Banyak atribut yang kita pasangkan pada diri kita seperti jabatan, pekerjaan yang "terlihat sangat sibuk", pakaian yang bagus, pulpen yang bermerek, kendaraan yang bagus dan ternama serta banyak hal lain.
Benarkah ? 90% benar. Perhatikanlah diri kita, saat kembali ke rumah kita tidak menunjukkan perilaku yang sama saat berada di luar. Demi apa ? demi gengsi dan harga diri untuk dilihat dan dihargai orang lain. Padahal harga diri adalah nilai dari diri kita yang diukur dari seberapa banyak yang sudah kita lakukan untuk kebaikan orang banyak (bukan sebagai bentuk pencitraan).
Sebenarnya harga diri itu bukan diberikan orang lain terhadap kita, tapi penilaian diri kita sendiri. kitalah yang tahu apa yang sebenarnya sudah kita lakukan.
Apakah harga diri kita itu dinilai dari pulpen bermerek yang digunakan untuk menorehkan tanda tangan ? Apakah harga diri itu dinilai dari merek baju yang kita gunakan ? dan seterusnya Tentunya tidak jika kita berkata jujur. 
Harga diri kita sepadan dengan apa yang kita kerjakan atau sama dengan amal saleh kita. Renungkan apakah kita bekerja untuk menampilkan pencitraan diri ? atau apakah kita bekerja karena Allah ?
Bagaimana kerja karena Allah ?? yang pasti dimulai dari niat bahwa hidupku (matiku) untuk Allah, maka selanjutnya kita bekerja sesuai petunjuk Allah. Awali pekerjaan dengan Bismillahi rabbil alamin dan ada kesabaran dalam bekerja untuk mengikuti proses yang ada, istiqamah dalam bekerja untuk menemukan solusi, jujur dalam mengungkapkan fakta, bersyukur dengan memanfaatkan nikmat (potensi yang ada) untuk mendapatkan hasil yang bernilai tambah, berdoa agar diberi kemampuan dan petunjuk, berkata yang baik dan banyak amal saleh lainnya.
Harga diri kita ditinggikan Allah atas apa yang kita kerjakan menjadi dirahmatiNya. Insya Allah kita diberi petunjuk dengan sering membaca Al Qur'an dan dimampukan untuk mengamalkannya. Aamiin

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...