Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Apa yang ditinggalkan ...

Jika ditanya "apa yang ditinggalkan ..??, maka jawabannya adalah apa yang kita miliki. Seperti rumah, mobil dan materi lainnya. Ada juga kebanggan dari jabatan dan sebagainya. Yang jadi pertanyaan adalah buat apa kita meninggalkan sesuatu ? Sebenarnya kita tidak ingin meninggalkan sesuatu itu, tapi pengen memilikinya ..... Karena kematian maka tertinggallah semua yang kita miliki.
Tanyalah kepada seseorang, buat apa dia bekerja atau beraktivitas ? Yang utama adalah untuk bisa memiliki dan menikmatinya. Jika berkeluarga, maka pastilah untuk dimiliki dan dinikmati bersama keluarga. Ada sih yang sudah mempersiapkan materi yang diperoleh untuk keluarga agar mudah dalam hidupnya.
Jika kita merasa mempersiapkan apa yang kita miliki untuk keluarga, maka muncul pertanyaan apakah yakin benar-benar jadi kebaikan ? Seringkali apa yang ditinggalkan memunculkan perselisihan dan bahkan disalahgunakan sehingga mendatangkan keburukan.
Masa depan bukan milik kita tapi milik Allah, apa yang kita tinggalkan berupa materi tak luput dari kekuasaan Allah. Maka dari itu yang baik yang kita tinggalkan adalah ilmu dan amal yang bisa jadi teladan untuk diteruskan kepada keluarga. Dan hasilnya sangat membantu keluarga dalam menghadapi kehidupan di masa depannya.
Seperti halnya Nabi Muhammad saw, warisannya hanya Al Qur'an dan Hadist. Terpikir nggak sih oleh kita tentang hal itu ? Bisa jadi soal itu sudah kita miliki bahkan Al Qur'an dan Hadist yang edisi terbaik. Mari kita siapkan hal itu, tapi jauh lebih penting adalah ajari keluarga mencintai keduanya, bekali ilmu untuk memahaminya dan diberi ilmu untuk mengamalkannya. Dengan bekal itu, maka apa yang kita tinggalkan semakin kaya dan berkah.
Masih kepikir mengumpulkan harta yang banyak buat keluarga sampai-sampai kita stress dan sakit diujung usia ? 

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...