Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Waktunya SAMA

Kesungguhan kita dalam beramal saleh terus diuji dengan berbagai godaan dari syetan. Terkadang godaan itu tidak terlihat dari syetan lagi karena sudah rutin sebagai sebuah kebutuhan. Awalnya kita ingin sedekah dengan nilai tertentu (yang lebih banyak), tapi karena godaan syetan jadilah sedekahnya hanya Rp 2.000 yang penting ikhlas. Apa yang terjadi selanjutnya, kita menjadi biasa bersedekah terus Rp 2.000 dan jika ditanya ikhlas nggak ? Yang penting ikhlas.
Perhatikan waktu yang kita habiskan untuk bersedekah Rp 2.000 dan bersedekah Rp 10.000 adalah sama dan sama-sama ikhlas. Jika pakai logika maka kita memilih Rp 1.000 dengan alasan ekonomis, dan jika pakai hati ... memilih Rp 10.000 karena belum tentu masih ada waktu lagi buat kita bersedekah.
Renungkan sesaat ... iya ya. Mengapa begitu ? Karena ibadah dan amal saleh itu mestinya menggunakan hati (atau menghidupkan hati). Banyak professor yang tahu Islam dan banyak pula yang hafal Al Qur'an serta banyak pula orang yang sudah shalat dan puasa... bisa jadi semua itu karena mereka hanya menggunakan logika saja dan tidak menghidupkan hatinya. Berita tentang orang Islam yang banyak korupsi, bunuh diri dan berbuat kejahatan bisa menunjukkan bahwa hatinya tidak hidup.
Bayangkan lagi waktunya sama, berbuat baik dan berbuat buruk. Berbuat baik dengan sedekah itu sama waktunya dengan berbuat buruk dengan merampok. Allah berfirman, tidak sama orang yang berbuat baik dengan orang yang berbuat buruk.
Demi masa semua orang merugi kecuali yang beriman dan beramal saleh. Mari kita bersyukur dengan mengisi waktu kita dengan banyak beriman dan beramal saleh.
Bagaimana dengan shalat kita yang mau cepat-cepat selesai karena ada tugas yang mau diselesaikan ? Benarkah kita shalat yang hanya 3 menit saja dan setelah shalat pun kita tidak langsung bekerja yang luar biasa. Apakah kita mau mengorbankan waktu yang 3 menit demi pekerjaan atau kita BERANI shalat lebih lama lagi 5 menit saja demi Allah ? 
jangan sampai kita menjadi biasa shalat "cepat selesai" dan BERANIkan diri untuk shalat yang tenang demi Allah.
Insya Allah kita selalu diberi kemampuan untuk berani beriman dan beramal saleh. Aamiin

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...