Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Naik turun iman

Hampir 99,9% dari kita pernah mengalami naik dan turunya iman, lalu pernahkah terpikir oleh kita untuk menganalisa atau merenungkannya ? Bayangkan untuk urusan kesuksesan kita mampu menyediakan waktu untuk memonitor, mengukur dan mengevaluasi serta menemukan solusinya, tapi mengapa jika iman turun atau naik tak pernah dipikirkan dengan benar ? Inilah mesti menjadi cambuk buat kita agar melakukan yang sama untuk urusan dunia dan akhirat.
Tentu semua hal yang terkait dengan keimanan kita sampai hari ini mesti menjadi yang utama dan pertama untuk dipikirkan, mengapa ? Agar kita mampu menjalani kehidupan ini dengan iman yang selalu meningkat dan bisa juga sesekali turun. Motivasi Islam berikut ini bisa menjadi inspirasi bagi sqya dan anda untuk menguatkan motivasi diri yang bersifat spiritual agar menjelma motivasi spiritual yang kuat dan semakin baik.
Iman turun bisa karena memang lagi tidak beriman yang berarti unsur ketidakberimanan itu kuat dalam emenntukan tindakan kita. "Tidak beriman seseorang yang lagi dalam keadaan berzina", lalu apa yang kita bisa ambil hikmahnya.
Yang pertama adalah kita harus mengakui ada keadaan atau kondisi yang membuat kita melakukan yang buruk, yang Insya Allah dimata Allah sebenarnya kondisi itu tidak buruk hanya kita kurang beriman (cenderung kepada nafsu) sehingga membuat kita bertindak buruk. Tapi disisi lain kondisi itu bisa membuat kita semakin beriman karena kita sadar dan percaya bahwa tindakan buruk itu merusak diri kita sendiri.
Yang kedua adalah iman yang rendah itu sangat dipengaruhi oleh keyakinan kita kepada Allah karena bebrapa hal. Salah satunya adalah ilmu tentang petunjuk untuk beriman itu sendiri. Misalkan sudahkah kita tahu tentang sabar yang sebenarnya ? Sudahkah kita benar-benar sabar dalam tindakan ? Mari jadikan waktu hidup kita untuk membaca petunjuk Allah dalam Al Qur'an.
Ketiga adalah hendaklah kita selalu ikhlas untuk menghadapi apapun termasuk kondisi buruk dengan tindakan baik yang benar. Hasilnya ada yang baik dan banyak juga yang tidak sesuai dengan harapan dan janji Allah. Yang salah bukan hasilnya tapi kita belum sempurna melakukannya. Jadi banyak dari hasil yang baik itu membuat kita semakin pede atau percaya yang akhirnya membuat kita semakin kuat imannya. Sikapi hasil yang buruk untuk mampu membuat kita semakin mencari cara atau ilmu untuk semakin sempurna lagi dalam bertindak. Manusia mempunyai persepsi "seeing is believing atau bukti itu membuat kita percaya"
Insya Allah kita dimampukan untuk terus menyakini Allah dengan semakin banyak menghadapi apapun yang kita hadapi dengan ilmu yang benar sehingga membuat kita semakin baik dalam beriman dan beramal saleh. Aamiin

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...