Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Apapun resepnya pastilah Allah paling ajib resepnya

Motivasilah diri kita sendiri dan tidak sepenuhnya bergantng dari motivasi luar. Inilah motivasi diri yang kuat yang mampu mendorong kita beraktivitas. Referensi spiritual (motivasi spiritual) menjadi semakin kuat untuk menjadikan kita mendapatkan kesuksesan di dunia dan di akhirat. Maka jadikan motivasi agama (motivasi Islam) sebagai konsekuensi dari kita yang muslim.
Seolah-olah kesuksesan yang kita cari selama ini merupakan kunci kehidupan kita, maka mau tidak mau kita pun mencari resepnya. Kesuksesan itu bisa berupa memiliki kekayaan (berlebih), berupa jabatan tinggi (untuk dihargai), berupa materi yang sangat mewah (untuk dipertunjukkan kepada banyak orang), berupa apapun untuk membuat kita merasa senang dan tenang .... tapi dari banyak orang yang sudah sukses "senang"  dan "tenang" dapat diperoleh tapi dibarengi rasa tidak senang dan khawatir terhadap apa yang dimiliki bisa hilang.
Dan kita selalu merasa "lebih tahu" tentang resep sukses itu atau kita "lebih tahu" mana resep yang ajib TANPA ilmu yang memadai. Atau kita tidak pernah membuat hipotesanya. Si A yang sudah sukses dan berhasil dalam meraih kesuksesannya membuat kita "lebih tahu" bahwa resepnya oke dan cocok buat kita. Atau kita berkelana dari satu ke orang lainnya dengan ilmu yang berbeda (semua resep telah dibuktikan keberhasilannya) yang membuat kita bingung (saking lebih tahu). Resep A hebat, resep B cocok, resep C luar biasa tanpa banyak beraktivitas, resep D dan seterusnya.
Bukankah saat kita mencari resep itu menandakan bahwa kita ini memang tidak tahu, maka bertanyalah kepada yang paling tahu BUKAN bertanya yang tahunya sedikit sesuai ilmunya. Berangkat dari keadaan ini, maka kita mesti percaya kepada yang Maha Tahu dan yang menciptakan kita. Secara logika Pencipta itu tahu segalanya tentang kita dan tahu juga tentang cara penggunaan (petunjuk hidup). Kalau si A sukses tapi kita tidak pernah tahu ada cara yang buruk yang dilakukannya, terbukti bahwa kita tidak tahu banyak tentang si A. Pantaskah kita percaya dengan resepnya ??? Dan bahkan si A itu tidak tahu banyak tentang kita ?
Jika si A, si B, si C seperti hal di atas, maka saya berserah diri kepada yang Maha Tahu yaitu Allah swt. Dan ternyata Allah sudah menyiapkan resepNya untuk hidup di dunia dan di akhirat. Resep Allah telah tertulis dengan jelas dan efek (balasan) dari apa yang ditulisNya sedangkan resep manusia si A dan si B masih mencoba dan mencoba lalu berhasil yang kemudian ditulisnya dalam kitab keberhasilannya.
Insya Allah kita terus dibimbing oleh Allah dalam hidup ini dengan petunjukNya. Dan mampukan kita untuk mengamalkannya. Aamiin

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...