Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Pilihan itu tidak ada

"Kok judulnya nggak oke kayaknya". Lalu Anda bilang seharusnya "Pilihan itu ada dan bahkan banyak". Oke lah kalo begitu ... Mari sama-sama kita telusuri arti judul di atas.
Pilihan itu tidak ada, apa betul ? Nggak betul. Pertanyaannya apa saja pilihan itu ? Misalkan kita mempunyai tujuan ke Bandung, maka ada beberapa pilihan menuju Bandung yaitu jalan tol Purbaleunyi, Bogor - Puncak - Cianjur, Cikampek - Padalarang - Cimahi dan banyak lagi. Kalo ada pilihan yang banyak pasti hanya satu kan yang dijalani. Artinya apa ? Hanya ada satu pilihan. Terus Anda pun tanya,"apa arti pilihan yang lain?" Pilihan yang lain itu hanya ingin mengajak kita memilih yang kita sukai atau yang paling logis. Dan pilihan lain itu bisa menggoda dan membuat kita memainkan perasaan dan logis saling beradu untuk jadi pemenang. Sebenarnya pilihan kita itu memang satu, lalu kita mikir sebentar atau berkomunikasi dengan orang lain maka muncul pilihan lain dan semakin banyak. Pilihan itu ternyata cara yang beraneka ragam TAPI pilihan kepada TUJUAN hanya satu.
Ingat bahwa semakin banyak pilihan membuat kita "bingung" yang seringkali membuat kita tidak memilih dan sebaliknya satu pilihan tidak memberi kesempatan untuk mikir lagi tapi langsung action. Dan akhirnya memang hanya ada SATU TUJUAN dan SATU CARA yang kita laksanakan.
Seiring waktu, pilihan yang sudah kita jalani bisa diganti dengan pilihan yang semakin baik untuk mendekatkan kita menuju TUJUAN. Itulah proses dari satu pilihan ke satu pilihan berikutnya yang dipengaruhi oleh evaluasi atas apa yang sudah kita dapatkan dalam menuju TUJUAN.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...