Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Pilihanku hanya mengabdi

Jika kita merasa hari ini tidak nyaman dan tidak memberi hasil yang tidak memuàskan, maka kita berpikir dan merenung dengan apa yang sudah kita lakukan. Hal ini pun terjadi saat kita merasa khawatir dengan masa depan kita.
Muncullah ide untuk menemukan cara lain. Ide bisa apa saja dan menjadi sebuah pilihan jika memberi keuntungan bagi kita. Pilihan itu menjadi nyata jika kita melakukannya dan inilah yang kita sebut kesempatan. Saatnya kita memilih bertahan dengan kondisi sekarang atau mengambil pilihan yang terbuka kesempatan kita untuk meraihnya. Pilihan lewat kesempatan itu memunculkan harapan lebih baik. Tapi apakah hasilnya lebih baik ?
1. Dengan pilihan baru kita pun terdorong oleh semangat tinggi untuk tidak mengulangi kondisi saat ini. Maka seperti secercah harapan baru ada di depan mata dan selanjutnya jika berhasil maka kita katakan bahwa pilihan ini adalah benar.
2. Tapi banyak pula oramg dengan pilihan baru tidak memberi hasil apa-apa karena merasa terhambat oleh persoalan baru yang dihadapinya. Dan kenyataan ini disebutlah pilihan ini tidak benar atau salah.
3. Ada sebagian kecil orang masih bertahan dengan kondisi saat ini. Tapi mereka memperbarui semangat dan memunculkan cara kerja baru serta menantang target baru. Hambatan yang terjadi sudah dia ketahui dan bisa dikendalikan. Alhasil diapun meraih kesuksesan baru. Inilah yang disebutnya sebagai langkah bersyukur.
Dari ketiga opsi di atas sebenarnya yang kita sebut sebagai pilihan. Apakah 3 opsi itu pilihan ? Sebenarnya 3 "pilihan" itu berujung pada keinginan kita menjadi semakin baik, artinya apapun pilihannya yang mesti dilakukan adalah berusaha dengan cara baru dan memerlukan semangat baru yang luar biasa. Langkah inilah yang disebut pilihan karena kita tidak mau menyia-nyiakan apa yang kita kerjakan tanpa hasil (alias mengerjakan hal yang sama setiap hari tanpa ada perubahan). Jika kita perhatikan ternyata langkah sukses kita itu merupakan perintah Allah yang menyebutkan diciptakan manusia san jin untuk beribadah (mengabdi) kepadaku. Bukankah semangat baru dan cara baru adalah langkah perbaikan ... Allah membalas kebaikan untuk mereka yang beriman dan beramal shaleh yang selalu melakukan perubahan kepada yang baik. Orang yang mengerjakan dan meraih kesuksesan itu menuju Allah karena harapan dan doanya selalu mengiringi apa yang dikerjakannya.
Insya Allah kita bisa menjadi manusia yang didewasakan Allah dalam beriman dan beramal shaleh. Amin

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...