Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Jika berdoa mesti lapor dong

Berdoa telah menjadi biasa dan yang tidak biasa itu adalah doanya selalu sama. Ada yang hal yang mesti kita perhatikan dalam berdoa agar lebih bermakna dan mendorong kita semakin baik dengan berdoa. Awalnya, Berdoa itu memohon sesuatu dan dalam perjalanannya bisa jadi kita mendapatkan secara bertahap atau mendapatkan sebagian atau penuh atau juga belum sama sekali. Rasanya tak pantas untuk berdoa yang kedua kalinya atau seterusnya dan kita tidak melaporkan kembali progres yang sudah kita dapatkan. Aplikasinya sepeeti berikut awal doa kita memohon keinginan kita dikabulkan dan saat berdoa lagi sepantasnya kita melaporkan kepada Allah swt kondisi yang kita alami apapun itu. Kemudian doa kedua berisi memohon kembali sesuai dengan apa yang belu kita peroleh. Dan seterusnya selalu berdoa yang disesuaikan dengan apa yang sudah kita peroleh dengan mengucapkan rasa syukur dan apa yang belum untuk dimohonkan kembali.
Hal di atas membuat kita bersikap dan bertindak positif :
1. berdoa selalu tidak sama sehingga meminimalkan doa yang sama yang membosankan.
2. Berdoa mengajak kita untuk berusaha dan melaporkan sehingga kita pun sering berucap terima kasih.
3. Doa kita selalu dinamis, berdoa dari satu keinginan ke keinginan lain, satu urusan selesai dan melanjutkan  ke urusan berikutnya.
4. Menciptakan komunikasi yang baik kepada Allah swt.
5. Berdoa hanya untuk satu keperluan saat ini bukan sesuatu yang masih jauh waktunya. Bukankah doa atau apa yang kita kerjakan hari menentukan apa yang terjadi di kemudian hari. Artinya boleh saja kita berdoa untuk tahun depan tapi yang lebih nyata adalah apa yang bisa kita lakukan hari ini menjadi penting (yang merupakan bagian dari perjalanan keinginan kita tahun depan). Kondisi ini mengajarkan kita untuk membuat rencana target jangka panjang dan program -program jangka pendek uang mesti dicapai.
Bagaimana dengan makna doa seperti di atas ? Insya Allah, semua itu mendorong kita untuk selalu berdoa, bertindak positif dan bersyukur.


No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...