Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Doa lebih kita sukai daripada beramal shaleh

Terpaksa atau tidak, berdoa adalah bagian yang sering kita lalukan dalam hidup ini. Dan yang lebih luar biasa lagi adalah saat kita merasa doa itu dikabulkan ... senang dan bersyukur banget. Sepertinya Allah swt itu mendekat kepada kita, mencintai dan menyayangi kita. Mengapa itu terjadi ? Karena kita membuka pintu hati untuk memohon Allah swt "masuk ke dalam hati kita", padahal Allah swt selalu ada disetiap langkah kita. Maka kita merasakan kebaikan (sesuai doa kita) yang bisa jadi belum tentu menjadi kebaikan di sisi Allah swt.
Mari kita bandingkan dengan ibadah atau amal shaleh, bisa jadi Allah swt lah yang membuka pintu hati kita dan masuk ke dalamnya karena Allah swt memang senang, cinta dan sayang kepada orang yang beribadah dan beramal shaleh. Kebahagiaan kita sangat luar biasa dengan kehadiran Allah swt itu tanpa kita memohon. Hal ini terjadi karena Allah swt MAHA TAHU keadaan dan apa keinginan kita yang tidak terucap, dan Allah tahu apa yang harus diberikan kepada kita yaitu kebaikan di sisi Allah swt yang pasti pula menjadi kebaikan buat kita.
"Hanya kepadaMU aku menyembah (beribadah dan beramal shaleh) dan hanya kepadaMU lah kami memohon (berdoa Jika ada kesulitan)" .. begitulah bunyi ayat 5 dari Al Fatihah. Apa maknanya ? Allah swt memberitahu petunjuk kepada kita bahwa dahulukan dan fokuslah serta cintailah IBADAH DAN AMAL SHALEH daripada memohon doa. Tapi fakta menunjukkan bahwa kita lebih sukai berdoa dengan ekspresi "sedih" agar doa kita dikabulkan. Memang hak mengabulkan doa kita itu Hanya milik Allah swt, tapi alangkah indahnya jika IBADAH DAN AMAL SHALEH yang sudah kita lakukan mampu menuntun kita memperoleh petunjuk dalam setiap langkah kehidupan kita dan doa lebih fokus kepada dzikir memuji Allah swt. Dan jika memang kita berat menjalani hidup ini maka doa itu lebih kepada memohon petunjuk agar bisa melewati kehidupan ini dengan kebaikan.
Jadi perbanyaklab ibadah dan amal shaleh agar Allah swt selalu bersama kita KARENA Allah cinta atas perilaku kita BUKAN sekedar memohon.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...