Menyediakan pelatihan motivasi spiritual, pendampingan, e-book dan konsultasi pemberdayaan diri Islam, WA/CALL 087823659247

e-Book Munir Hsan Basri

e-Book Munir Hsan Basri

Berdoa buat orang lain

Kok berdoa buat orang lain ? Berdoa buat diri sendiri saja belum dikabulkan. Tapi begitu pesan yang kita terima bila berdoa bersama-sama. Memang tanpa kita sadari hal itu sudah dilakukan, berdoa buat orang tua dan yang mengamini doa ulama atau ustadz habis ceramah atau shalat jamaah. Nah ternyata terkabulnya doa kita seringkali ada kaitan dengan seberapa banyak kita berdoa buat orang lain, khususnya orang tua dan orang terdekat kita. Dan pola ini membuat semua orang mendoakan satu sama lain. Pernahkah kita mendapatkan sesuatu yang baru saja kita merasa berdoa atau belum pernah berdoa ? Ada beberapa hal yang terjadi pada saat kita terpuruk. Bisa jadi Allah swt mengabulkan keinginan kita atas doa orang tua atau orang tertentu yang berdoa  atas kebaikan yang pernah kita berikan. Dan disaat bersamaan kita pun berdoa kepada Allah swt. Secara matematis, bisa jadi saat itu kita dihisab bernilai sangat negatif (banyak berbuat keburukan/dosa) ... maka sangat sulit keinginan kita dikabulkan. Bisa jadi begitulah Allah swt dengan rahman dan rahiimNya memberikan kebaikan atas permintaan orang yang mendoakan kita. Ingatlah saat seperti itu kita merasa bahwa doa kitalah yang didengarkan dan dikabulkan Allah swt dan kondisi ini bisa membuat kita tersanjung dan merasa seperti orang shaleh saja, "doaku dikabulkan Allah swt, hebatkan aku ?" Memang kita baru saja berdoa dan dikabulkan sesuai dengan apa yang kita minta, tapi doa kita pun dikuatkan oleh doa orang lain. Untuk itu berdoa tidak hanya untuk diri sendiri, tapi berdoa pula untuk keluarga, masyarakat, tempag kita bekerja, negara dan lainnya.
Contoh nyata saat kita kesal atau kecewa atas pwrilaku orang lai  kepada kita, maka kitapun dapat meredam kekecewaan itu dengam berdoa kepada mereka untuk kebaikan. Seorang yang kesal setelah menjelaskan panjang lebar dan  konsumen tidak mau dengan alasan tidak punya uang. Maka sebagai salesmen hal ini bisa bikin kecewa dan untuk menutup kekecewaan itu dapat dilakukan dengan berdoa. Berdoa mampu mengajak kita ikhlas, "terima kasih pak, Insya Allah bapak besok dapat rezeki atau uang". Apa yang terjadi ? 90% orang mengamininya. Dan jika konsumen itu mendapatkan rezeki, dengan izin Allah swt. Yang diingat bisa jadi kita berdoa dulu kepadanya. Dan berdoa kepada orang lain juga bisa tidak perlu didengarkan oleh orangnya. Saat kita melihat orang yang kena musibah dan sangat disarankan untuk berdoa agar mereka itu mendapatkan kebaikan dan8 kelancaran.
Begitulah sebenarnya doa dan saling mendoakan itu adalah baik buat sesama. Doa buat orang lain bisa jadi tabungan kita untuk menguatkan izin Allah swt kepada kita dengan apa yang kita mintakan.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Apa iya karyawan itu mesti nurut ?

  Judul ini saya ambil dari pengalaman memimpin sebuah team. Ada karyawan yang nurut dan ada yang "memberontak". Apakah keduanya a...